Oleh: sururudin | Maret 29, 2009

STRATEGI PELAKSANAAN PENYULUHAN AGAMA ISLAM

STRATEGI PELAKSANAAN

PENYULUHAN AGAMA ISLAM

BAB I

PENDAHULUAN

A.Latar Belakang

Kehidupan beragama merupakan hak asasi setiap manusia. Bahkan hidup beragama adalah hak asasi yang paling asasi. Mayoritas penduduk Indonesia memeluk agama Islam, jumlahnya diatas 90 % dari seluruih penduduk nusantara ini. Namun kita semua tahu dan sadar, dari 90 % tersebut yang benar-benar memahami, menghayati dan mengamalkan syariat Islam mengkin tidak lebih dari separonya.

Pemahaman masyarakat terhadap nilai –nilai dan ajaranIslam masih perlu ditingkatkan. Dan ini menjadi tanggungjawab serta kewajiban bersama bagi setiap muslim, ulama dan tokoh agama, serta pemerintah.

Allah berfirman dalam QS An Nahl 125:

Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.

 

Pemerintah, dalam hal ini Departemen Agama menjadi salah satu tombak dan penyuluh agama adalah ujung tombak yang berperan penting dalam upaya membimbing masyarakat memahami ajaran agama, dan mengamalkannya secara berkualitas.

Keberhasilan seorang Penyuluh Agama Islam dalam melaksanakan tugasnya di masyarakat dipengaruhi oleh beberapa komponen diantaranya komponen strategi dakwah yang dipilih dan dirumuskan.

Kita tahu kemajemukan masyarakat Indonesia yang terdiri dari berbagai suku, ras, tradisi, bahasa, serta status sosial ekonomi yang berbeda-beda. Menghadapi kondisi ini seorang penyuluh harus menyusun strategi yang tepat dalam pelaksanaan tugas kepenyuluhannya demi tercapainya tujuan tugas itu.

Untuk menunjang pelaksanaan tugas tersebut Penyuluh Agama, Pemerintah telah mengeluarkan Keppres Nomor 87 Tahun 1999 tentewnga Rumpun Jabatan Fungsional PegawaiNegeri Sipil yang antara lain menetapkan bahwa Penyuluh Agama adalah Jabatan Fungsional PegawaiNegeri yang termasuk dalam rumpun keagamaan.

Sedangkan Strategi pelaksanaan penyuluhan mencakup semua langkah yang tepat dalam melaksanakan tugas penyuluhan, menentukan sasaran penyuluhan, menggunakan mentode penyyuluhan yang tepat sesuai dengan keadaan dan kondisi sasaran.

 

  1. Rumusan Masalah

-Apa yang dimaksud dengan strategi penyuluhan dan mengapa strategi diperlukan dalam pelaksanaan penyuluhan?

-Strategi apa yang dibutuhkan dalam pelaksanaan Penyuluhan AgamaIslam di W

 

  1. Tujuan Penulisan

Makalah ini disusun agar Penyuluh Agama Islam khususnya yang berada di lingkup Kabupaten W memahami kondisi riil lapangan serta bisa merumuskan strategi yang efektif , efisien dan tepat guna dalam aktifitas kepenyuluhan.

 

  1. Manfaat Penulisan

Denganpembahasan makalah ini, penyusun menjadi tahu proses kondisi serta strategi dakwah di Kab. W. Selanjutnya kami berharap makalah ini akan bermanfaat bagi siapa saja yang terlibat dalam proses kepenyulahn di Kabupaten W. Dan dari situ diharapkan pemahaman masyarakat akan ajaran Islam yang merupakan hasil dari kegiatan kepenyuluhan menjadi meningkat kualitas dan kuantitasnya.

 

 

 

 

 

BAB II

LANDASAN TEORI

 

A.Pengertian Strategi Pelaksanaan Penyuluhan Agama Islam

Strategi merupakan langkah-langkah sistematis yang ditempuh dalam melaksanakan kegiatan, guna mendapatkan hasilmaksimal yang diharapkan. Ada pula yang menerjemahkan strategi sebagai cara, teknik, taktik untuk mencapai tujuan tertentu.

Litbang Departemen Agama merumuskan pengertian strategi sebagai uraian yang dapat digunakan oleh organisasi untuk mencapai objektivitas formal dan sasarannya. Sedangkan menurut Wahyu Sumidjo strategi adalah pola respon organisasi terhadap lingkungan.

Penyuluhan adalah serangkaian kegiatan yang berupa pemberian informasi dan bimbingan dalam bidang agama dan pembangunan melalui bahasa agama yang mudah dipahami dan mudah dicerna oleh masyarakat.

Dengan demikian strategi pelaksanaan penyuluhan agama Islam adalah langkah-langkah sistematis yang ditempuh dalam melaksanakan pembinaan, bimbingan dan penyampaian informasi akan nilai-nilai ajaran agama dan pembangunan kepada masyarakat luas, sehingga pemahaman masyarakat akan nilai-nilai ajaran agama Islam semakin baik.

 

B.PeranStrategi Pelaksanaan Penyuluhan Agama Islam

Keberhasilan dalam sebuah kegiatan akan banyak ditentukan oleh langkah-langkah sistematis yang digunakan dalam melaksanakan tersebut. Tidak terkecuali dalam pelaksanaaan Penyuluhan AgamaIslam.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dalam usaha memberikan pemahaman dan penghayatan kepada masayrakat akan nilai-nilai ajaran agama Islam, mutlak dibutuhkan strategi yang tepat guna, sebagaimana dulu pernah diterapkan oleh Rosulullah dalam perjuangan dakwah Islamiyah.

Seorang Penyuluh AgamaIslam dalam pelaksanaan Penyuluhan AgamaIslam dapat menempuh langkah-langkah sebagai berikut :

1.Identifikasi potensi wilayah meliputi ;

-Penyusunan instrumen pengumpulan data wilayah atau kelompok sasaran.

-Menganilisis Data

2.Merumuskan monografi potensi wilayah atau kelompok sasaran.

Menyusun Rencana Kerja (rutin mingguan, bulanan dan tahunan serta insidental).

3. Menyusun Term Of Reference

4. Pelaksanaan Program Kerja

5. Evaluasi Program Kerja

 

BAB III

PEMBAHASAN MATERI

 

A. Gambaran Umum Kabupaten Dan Peta Keagamaan Kabupaten

Kabupaten A berbatasan dengan B di sebelah utara, sebelah C, sebelah selatan D, dan sebelah barat Kota F

Kabupaten yang terkenal dengan pabrik gula ini, terdiri dari 24 Kecamatan, 424 desa ini termasuk daerah agraris dengan penduduk bermata pencaharian bertani sebesar 60%. Sedangkan bidang perdagangan kurang lebih sebesar 20 %,swasta dan wirausaha 10 % dan lainnya kurang lebih 10 %.

Secara umum kondisi sosial politik tidak berbeda dengan daerah lain, dimana banyak partai dan golongan tumbuh subur di daerah ini.

Data keagamaan di Kabupaten yakni Pemeluk Kristen 15 % dan pemeluk Hindu 5 %. Pemeluk agama Islam sebesar 80 % dengan petugas Penyuluh AgamaIslam Fungsional sebanyak 17 orang dan Penyuluh AgamaIslam Non PNS sebanyak 450 orang. Sedangkan Organisasi Keagamaan yang eksis di Kabupaten diantaranya ; Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama, Majelis Tafsir Al Qur’an, LDII.

 

B. Strategi Pelaksanaan Penyuluhan di Kabupaten

Sejauh ini strategi Penyuluhan AgamaIslam yang sudah dilaksanakan di Kabupaten  meliputi :

  1. Identifikasi potensi wilayah melalui pendataan kelompok sasaran baik instansi atau lembaga pemerintahan maupun masyarakat.
  2. Perluasan cakupan kelompok binaan melalui program pembentukan majlis taklim di berbagai masjid dan musholla. Pembinaan rohani Islam di kalangan birokrasi pemerintahan.
  3. Peningkatan kompetensi penyuluh melalui pertemuan rutin Pokjaluh (Kelompok Kerja Penyuluh) dan partisipasi dalam berbagai orientasi, workshop dan Diklat yang diadakan oleh Kanwil Depag.
  4. Penguatan Kelembagaan melalui pemberdayaan BAZDA, LP2A, LPTQ .
  5. Peningkatan mutu materi Penyuluhan AgamaIslam melalui diskusi rutin yang diselenggarakan oleh Pokjaluh.
  6. Perluasan jaringan lintas sektoral diantaranya dengan radio, ormas Islam serta

lembaga –instansi di lingkungan Kabupaten
BAB IV

ANALISA DATA

A.Keberhasilan Dan Kelemahan Strategi Pelaksanaan Penyuluhan AgamaIslam Di Kabupaten

B.Secara umum pemahaman nilai-nilai keagamaan masyarakat Kabupaten sudah cukup memadai. Namun ada pula beberapa daerah yang bisa dikategorikan masyarakatnya masih abangan

Identifikasi potensi wilayah yang komprehensif merupakan satu sisi kekuatan strategi Penyuluhan AgamaIslam yang sudah dilakukan di Kabupaten. Hasil identifikasi ini merupakan modal bagi penentuan strategi berikutnya yakni penyusuanan rencana kerja baik tahunan atau lima tahunan.

Selain itu penyusunan program kerja yang runtut bisa memberikan arah yang pasti dalam menentukan materi, teknik, atau metode penyuluhan serta jadwal, waktu dan peserta yang dijadikan sasaran penyuluhan. Disamping itu eksistensi Pokjaluh di daerah juga mengambil peran penting dalam proses pelaksanaan penyuluhan Agama Islam. Ini menjadi salah satu bukti keberhasilan kerja lintas sektoral dalam bidang kepenyuluhan yang layak dijadikan contoh untuk daerah lain.

Dengan menetapkan strategi tersebut Penyuluhan AgamaIslam di Kabupaten banyak memberikan warna yang berbeda dalam usaha membantu masyarakat memahami dan menghayati nilai-nilai ajaran Islam. Meskipun belum mencapai terget yang maksimal.

Adapun sisi lemah penerapan strategi pelaksanaan Penyuluhan AgamaIslam di Kabupaten Klaten diantaranya keterbatasan personil penyuluh Agama Islam, luasnya wilayah yang harus dijangkau, minimnya sarana pendukung.

 

C.Peluang Dan Tantangan Strategi Pelaksanaan Penyuluhan AgamaIslam Di Kabupaten

D.Beberapa peluang yang bisa dimanfaatkan dalam proses Penyuluhan AgamaIslam diantaranya solidaritas masyarakat yang cukup tinggi serta dukungan tokoh agama dan lembaga keagamaan. Peluang lain adalah keterbukaan pemerintah daerah membantu kegiatan keagamaan.

Sementara itu, yang merupakan tantangan berat dalam proses Penyuluhan AgamaIslam pengaruh negatif akses informasi dan globalisasi di kalangan generasimuda.

BAB V

PENUTUP

 

A.Rencana Tindak Lanjut

Setelah diuraikan pada beberapa bab sebelumnya, akhirnya dapat dipahami disusun rencana tindak lanjut sebagai berikut :

  1. Strategi Pelaksanaan Penyuluhan Agama Islam akan dikosultasikan kepada Kasi Penamas yang difasilitasi oelh Pokjaluh dalam rapat pembinaan Kasi Pembinaan.
  2. Berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk melaksanakan strategi tersebut sehingga dapat dirumuskan dalak berbagai program dan kegiatan.
  3. Pelaksanaan strategi tersebut akan terus dimonitor dan dievaluasi sehingga dapat dipantau kelebihan dan kekurangannya untuk diusahakan perbaikan pasa masa yang akan datang.

 

B.Harapan

Kiranya strategi penyuluhan Agama Islam di Kabupaten dapat dipahami dan dapat berdaya guna bagi kemajuan dakwah di daerah tersebut. Dibuktikan dengan kesungguhan dan kerjasama semua pihak dan sudilah kiranya memberikan masukan bagi perbaikan masa yang akan datang.

 

C.Rekomendasi

1. Masyarakat

Hendaknya Masyarakat dapat mendukung strategi tersebut dengan bekerjasama dengan penyuluh.

2. Departemen Agama

Hendaknya Departemen Agama dalam hal ini seksi Penamas dapat lebih meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan Penyuluh melalui berbagai kegiatan dalam program pemberdayaan penyuluh

3. Pemda Kab.

  • ·Hendaknya Pemda Kab. dapat melindungi warga muslim dari sasaran penyiaran agama lain sehingga aqidah warga dapat diselamatkan.
  • ·Hendaknya Pemda dapat meningkatkan dukungan dalam peningkatan usaha dakwah di kalangan birokrasi.

 

D a f t a r P u s t a k a

1)Al Qur’an Dan Terjemahannya, Depag RI,

 

2)Kebijakan dan Strategi Penyuluhan Agama, Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai, Depag, Jakarta, 2000.

 

3)Teknik Penyusnan Rencana Strategis Penyuluhan AgamaIslam, Depag RI, Balitbang dan Diklat Pusdiklat Tenaga Teknis Keagamaan, Jakarta,2007.

 

4)Strategi Management In Action, Hussein Umar, PT Gramedia Utama, Jakarta, 2001.

 

5)Dakwah bil lisan, bil hal dan dakwah bil qolam, Depag RI Balitbang dan Diklat Pusdiklat Tenaga Teknis Keagamaan, Jakarta,2007.

 

6)Kamus Besar Bahasa Indonesia, Drs Suharso dan Dra. Ana Retnaningsih, CV Vidia Karya, Semarang, 2005.

 

7)Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Penyuluh Agama dan Angka Kreditnya, Depag RI, Biro Kepegawaian Sekretariat Jendral, Jakarta, 2003.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

About these ads

Responses

  1. makasih ustad atas paparanya. kami hargai pemikirannya

  2. Bagus sekali Ustadz materi-materinya, buat lagi donk pemikiran-pemikiran agama Islam yg aktual dan enak dibaca. Kami salut perjuangan antum dakwah lewat internet. Smoga Sukses. Salam dari Kami warga Kota Tegal

  3. Terimakasih atas artikelnya, menambah referensi Penyuluh. by. rofikaltimalinau

  4. syukron,makalah masih tetap aptudit,mohon izin saya ngopi artikelnya

  5. OK…..tks inputnya, Insya Allah bermanfaat……
    (jakwire hatta-tegal)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: