Oleh: Mawar | Januari 2, 2010

MANFAAT DOA, SEDEKAH, DAN BACAAN AL-QUR’AN BAGI ORANG MATI

MANFAAT DOA, SEDEKAH, DAN BACAAN AL-QUR’AN BAGI ORANG MATI

Diantara yang mendatangkan manfaat bagi mayit didalam kuburnya ialah doa, istighfar dan sedekah atas namanya.Ada berbagai riwayat dan atsar yang memberi petunjuk tentang hal ini, disamping beberapa mimpi yang benar dari orang-orang sholeh dan orang-orang yang berbuat kebaikan.

Diriwayatkan bahwasannya Sa’ad bin Ubadah r.a berkata kepada Rasulullah Saw : sesungguhnya ibuku telah meninggal dunia secara tiba-tiba. Sekiranya ia masih sempat berbicara niscaya ia akan bersedekah.Dapatkah aku bersedekah untuknya?” belia menjawab : “Ya! Maka Sa’ad pun menggali sebuah sumur dan menyedekahkannya atas nama ibunya.(H.R. Bukhari, Muslim, Nasai, Abu Daud dan Ahmad).

Berkata seorang laki-laki kepada Rasulullah SAW : Ya Rasulullah ! Ibu bapakku telah meninggal dunia, adakah suatu bakti yang dapat aku lakukan untuk mereka?” Jawab beliau :”Empat hal yang dapat kau lakukan: berdoa dan beristighfar bagi keduanya, melaksanakan pesan-pesan mereka, berbuat baik kepada kawan-kawan mereka dan menghubungkan tali silaturahmi yang tidak bersambung kecuali dengan perantaraan keduanya.”

Diriwayatkan juga bahwa beliau pernah bersabda :”Kalau tidak karena adanya orang yang hidup, maka binasalah orang yang telah mati.”(Yakni mereka selamat disebabkan adanya doa dan istighfar orang-orang hidup bagi mereka).

Bersabda Rasululloh SAW :

“Umatku adalah umat yang dirahmati, Mereka masuk ke dalam kubur dengan dosa-dosa setinggi gunung dan keluar dari sana dalam keadaan terampuni segala dosanya , yaitu dengan adanya istighfar, sedekah dan bacaan Al-Qur’an yang dilakukan orang-orang yang hidup untuk mereka.Para malaikat membawa semua itu dalam pingggan-pinggan besar terbuat dari cahaya yang ditutup dengan kain sutera sambil berkata kepada mereka yang menerimanya:’Inilah hadiah yang dikirimkan si fulan untukmu.’Maka si penerima itu akan merasa senang dan gembira.”

Diberitakan kepada kami, bahwa ada seseorang yang memimpikan seorang kenalannya yang telah mati, lalu ditanyakannya tentang keadaannya . Maka jawab yang mati itu:”Aku telah disambut oleh malaikat dengan api yang menyala untuk membakar mukaku .Pada saat itu ada seorang (yang masih hidup) mengucapkan :”Semoga Allah merahmati si Fulan,’ maka api itu pun padam.”

Di antara hadiah yang mendatangkan berkat dan manfaat besar bagi orang yang telah mati ialah membaca al-Qur’an al-Karim dan menghadiahkan pahalanya kepada mereka. Amalan ini telah dipraktekkan oleh kaum muslimin sepanjang masa dan diseluruh negeri. Mayoritas ulama dan orang-orang sholeh dari para salaf dan khalaf) berpegang pada pendapat yang membenarkan amalan ini.Banyak hadits berkenaan dengan hal ini, meskipun semuanya adalah hadits dhaif (lemah), sebagaimana yang dikatakan oleh al-imam al-hafizh as-Suyuthi rahimahullah.Akan tetapi hadits-hadits Dhaif boleh dijadikan pegangan dalam amal-amal kebajikan .Dan semua yang disebutkan diatas termasuk amal-amal kebajikan (Fadhaailul a’maal)

Diantara ayat-ayat al_Qur’an yang memberi manfaat besar kepada orang mati(meskipun pada hakikatnya semua surat al_Qur’an itu baik-baik dan penuh berkat adalah membaca surat al-Ikhlas sebanyak sebelas kali

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: