Oleh: Mawar | Agustus 27, 2010

SYARAT PENDAFTARAN NIKAH DI KUA

SYARAT PENDAFTARAN NIKAH DI KUA

  1. Syarat Biasa (perawan-jejaka yang memenuhi syarat umur)
  • Bagi calon laki-laki yang berasal dari luar kecamatan maka syarat-syarat ini dari Desa tempat tinggalnya

    Membawa N1, N2, N4

Untuk masing-masing calon mempelai.

  • N3 1 lembar, bagi calon perempuan untuk ditandatangani 2 calon mempelai.
  • Apabila calon mempelai laki-laki dari luar daerah, membawa surat rekomendasi dari KUA tempat tinggalnya.
  • N7 ditandatangani wali atau calon manten terlebih dahulu
  • Pemeriksaan kesehatan & Imunisasi / TT di Puskesmas
  • Pas Photo 2×3 @ 5 lembar.
  • Foto kopi KTP bagi calon laki-laki maupun perempuan (bagi jejaka atau perawan, status perkawinan harus tertulis BELUM KAWIN, sedang duda cerai atau janda cerai harus tertulis CERAI, bagi janda mati atau duda mati harus tertulis DUDA MATI, sedang bagi Muallaf Harus ganti KTP dan agama harus tertulis ISLAM
  • Foto kopi KK bagi calon laki-laki maupun perempuan
  • Pendaftaran + Pemeriksaan  paling lambat 10 hari kerja sebelum pelaksanaan. (yang diperiksa 2 calon mempelai, wali nikah dengan diantar oleh P3N / kaum Rois).
  • Membayar Kas Negara Rp. 30.000,- (SSBP) di BRI /BPD / Bank Yg ditunjuk.
  • Pembayaran Kas Negara dibayarkan harus sesuai dengan bulan pelaksanaan
  • MEMBERIKAN NOMOR HP YANG BISA DIHUBUNGI PADA PETUGAS PENERIMA PENDAFTARAN, AGAR KEKURANGAN SYARAT DAN DENAH LOKASI YANG BELUM JELAS BISA MUDAH DIKOMUNIKASIKAN.

2. Syarat Luar Biasa.

  • Surat Keterangan Wali bagi yang walinya bukan ayah kandung
  • N6 bagi janda/duda mati.
  • Akte Cerai asli bagi calon laki-laki maupun perempuan yang talak / cerai. Bagi janda cerai menunggu masa iddah.
  • N5 bagi laki-laki atau perempuan yang belum berumur 21 tahun.
  • Izin Pengadilan Agama, bagi perempuan yang belum berumur 16 tahun dan laki-laki yang belum berumur 19 tahun.
  • Akte kelahiran bagi calon laki-laki maupun perempuan yang kelahiran 1980 keatas.
  • Dispensasi Camat (membawa surat dispensasi dari desa) Apabila pendaftaran + pemeriksaan tidak sampai 10 hari kerja.
  • Bagi Muallaf, harus melampirkan foto kopi sertifikat Masuk Islam.
  1. Numpang Nikah.
  • Harus membawa syarat-syarat di atas baik calon laki-laki maupun perempuan dan diperiksa di KUA kecamatan setempat dulu.
  • Membawa Surat Numpang Nikah.

SYARAT YANG TELAH LENGKAP BISA DILAKSANAKAN AKAD NIKAH

AGAR  P3N / KAUM ROIS IKUT MENELITI KELENGKAPAN PERSYARATAN SEBELUM DIBAWA KE KUA

About these ads

Responses

  1. Kalau tidak ada surat cerai, bagaimana ?

    • Asslamu alaikum
      Pak … saya mau bertanya… saya mau menikah dengan seorang duda..tapi surat cerainya belum ada, bagaimana cara ngurus surat cerai tersebut jika calon saya itu ber KTP provinsi lain dengan mantan istrinya..?

      • wassalamu’alaikumsalam
        sdr.Thahirah syafrufin@ya silakan ke pengadilan agama sesuai ktp terakhir calon suami anda

    • mohon bimbingannya…!!!

      saya dan clon sama” bekerja malaysia.tpi clon istri saya tak bisa pulang krna tk dapat cuti.apa yg harus kmi lakukan sekiranya kmi ingin menikah di sini (malaysia)….???????

      terima kasih….!!!!!

      • sdr Indra@ Sdr bisa meminta bantuan keluarga yang di Indonesia agar menguruskan segala persyaratannya yang ada di kua alamat ktp anda demikian juga dengan calon istri, termasuk surat taukil wali dari wali calon istri sdr melalui kua alamat calon istri sdr ( bila wali juga tidak bisa datang ke Malaysia) semua persyaratan dikirim ke malaysia dan bisa mengurus semuanya di Kedutaan Besar Republik Indonesia
        Kedutaan Besar Republik Indonesia Kuala Lumpur (Embassy of the Republic of Indonesia Kuala Lumpur)
        No. 233 Jalan Tun Razak, WP KL 50400, Tel: +603-2116-4016/4017, Fax: +603-2141-7908

  2. kalo tidak ada surat cerai bagaimana ? Dan bisa apa tidak bikin duplikat akte cerai

  3. Akte Cerai asli bagi calon laki-laki maupun perempuan yang talak / cerai.

    akte cerai diterbitkan oleh PA (Pengadilan agama) jika hilang ya cari surat kehilangan ke polisi terus dibawa ke PA untuk minta diterbitkan kembali atau minta dibikinkan duplikat

    • klo di ktp berstatus bujang tpi pernah menikah secara sah bagaimana. ????

      • sdr Fadel@ ya silakan ganti KTP ke kelurahan, kecamatan,jadi duda cerai (jika telah bercerai) atau duda mati(istri sebelumnya telah meninggal)kalau bukan duda pastinya poligami dong, ya silakan sidang poligami dulu di Pengadilan agama setempat, agar dapat ijin poligami.

  4. ini berlaku di seluruh indonesia kah?
    kalau calon suami dari luar daerah (luar provinsi) harus pakai surat pindah atau cukup dengan surat numpang nikah???

  5. tidak perlu surat pindah, cukup surat numpang nikah .di seluruh Indonesia hampir sama karena semua acuannya dari uu perkawinan dan kompilasi hukum islam.Perbedaan biasanya masalah teknis didesa / kelurahan/ pihak kecamatan , seperti surat keterangan, sumpah jejaka/perawan/ belum kawin masing2 daerah punya aturan masing2

    • Ass. Pak,saya (24th) juga mau tanya,,calon suami saya WNA(Bangladesh). kami berniat untuk melakukan nikah di Jakarta,.apa sajakah yang harus saya persiapkan mengingat ayah saya telah wafat ,n apakah saya bisa mencari wali / perwakilan wali dari KUA di Jakarta setempat untuk menjadi wali saya secara tertulis. (karena wali tidak bisa menghadiri akad nikah).
      ‘N1, N2, N4 ‘ apakah bisa kami dapatkan di KUA kecamatan di Jakarta..? soalnya semua dokumen calon suami harus diurus dulu dikantor kedutaan negaranya di Jakarta.
      dan kami berniat setelah pernikahan sah secara agama dan hukum , dia membwa saya ke negaranya asalnya, soalnya dia mempunyai waktu yang pendek di Indonesia karena alasan pekerjaan dan keuangan.

      dan terakhir haruskah Surat Numpang Nikah dibuat dari daerah saya(Sumatra)?
      terima ksih bnyak, mohon bantuanny

      • assalamualikum mba uchi,gimana urusannta dah kelarkah?,tolong sharing donk pengalamanya,mksh

  6. abah saya mau tanya saya dulu kawin lewat kua dan ternyata surat kawin saya palsu dan sekarang istri saya udah pisah sama saya lama sekali sedangkan anak saya akthenya ada nama istri saya , mohon petunjuk saya sekarang mau nikah lagi gimana cara urusnya abah ? surat cerai tentunya tdk ada dan kalau mau cerai juga gimana wong surat kawinya palsu , kalau urus surat kawin dulu mantan istri saya juga tdk tau dia dimana lagi mohon hub saya di 08983887237

    • setiap peristiwa pernikahan yang resmi (menurut aturan agama dan negara) pasti dicatatkan di KUA dan ada dua pasang kutipan akta nikah yang diberikan kepada pasangan pengantin, satu untuk suami dan satu untuk istri. Adapun akta nikah tetap ada di KUA. Jika kutipan akta nikah rusak ataupun hilang bisa dimintakan duplikatnya.
      Adapun pernikahan yang tidak dicatatkan ke KUA, otomatis tidak ada arsipnya dan berarti pernikahannya belum resmi (menurut aturan agama dan negara), sehingga statusnya belum menikah, sehingga jika mau menikah lagi tidak ada urusan administrasi yang menghalanginya.
      Beda jika anda ingin meresmikan pernikahan yang belum resmi itu, bisa isbat nikah (penetapan pernikahan) di Pengadilan agama dan atas perintah pengadilan agama nantinya KUA mencatatkan pernikahan sesuai pernikahan itu dilaksanakan.

      • mau tanya lanjutanx rudy ni.. mas saya jga pnya hal yg sama persis sama rudy.. yg saya tanyakan bila ktp sya tertulis kawin bagaimana sedangkan saya belum pernah kawin / nikah tercatat di catatan sipil.. jalan yang harus saya tempu bagaimana??? mohon solusix..

      • bagaimana klo seumpama ktp sy tertulis kawin sdngkan sya msh blm pernah tercatatat telah menikah di catatan sipil.. jujur sy sdh prnah menikah siri dngn slh satu orng.. tp km tdk menikah resmi sampai kami bercerai.. bagaimana bila saya ingin menikah lagi.. apa harus saya membuat isbat talak bersama mantan istri saya…? ato di kartu keluarga di tulis belum menikah…? mohon solusix mas, maaf orng awam

  7. N1,N2,N4 itu apa ya??

  8. N1 blangko surat keterangan untuk nikah, N2 blangko surat keterangan asal usul, N4 Blangko surat keterangan tentang orang tua

  9. mas.. untuk pembayaran sekarang tidak lagi dibayarkan calon manten langsung ke bank, namun dititipkan kepada bendahara pembantu penerimaan dan selanjutnya nanti di setor ke rekening bendahara penerimaan di kemenag… yang paling penting jangan menampung uang lebih dari 5 (lima) hari kerja..

  10. Terimakasih masukannya, tambahan informasi buat saya.

  11. jawaban untuk saudara jefry
    Penulisan status kawin atau belum kawin di KTP seharusnya melihat bukti pencatatan nikahnya yaitu kutipan akta nikah.
    Jika belum tercatat di kua atau catatan sipil pernikahannya berarti dianggap belum nikah, jika pernikahan sirinya ingin diresmikan ya isbat nikah, jika tidak dan mau nikah berarti tidak ada halangan administrasinya, KTP harus diperbaharui

  12. Begini mas, saya mau menikahi janda yang sudah punya anak. Namun kendalanya, ia tidak punya surat cerai. Ia menikah dgn orang WNI di Malaysia, dan pernikahan mereka tercatat di sipil Malaysia (dokumen pendukung, diurus sang suami secara ilegal dengan bantuan temannya di Malaysia), mereka bercerai hanya secara agama, karena u/ mengurus perceraian tersebut sangatlah ribet, karena surat nikah yang lama aja tidak dokumennya ilegal.
    Yang ingin saya tanyakan, bagaimana saya mengurus pernikahan saya di KUA sementara surat cerai tidak ada. Apakah bisa tanpa sucat cerai tersebut?

    • Jika pernikahannya resmi pasti ada dokumen resmi berupa akta nikah dan bila akan bercerai juga harus melalui proses yang resmi dan peroleh dokumen yang resmi yaitu akta cerai.Dan setiap janda dari pernikahan resmi yang hendak menikah mesti saja harus menyerahkan akta cerainya ke KUA untuk diakhiri masa berlakunya karena akan segera menikah secara resmi dan dapat akta nikah yang baru,Jadi harus ada akta cerai.
      Persoalan surat menyurat/dokumen dalam urusan pernikahan (KUA) atau perceraian ( Pengadilan ) diluar negeri dapat dilakukan melalui perwakilan /kedutaan masing-masing Negara .
      Namun jika pernikahannya tidak resmi, otomatis tidak perlu cerai secara resmi, jadi kalau mau menikah di KUA tidak perlu menunjukkan dokumen resminya karena memang tidak memilikinya.

  13. bagaimana apabila pernikahan tidak disetujui oleh orang tua pihak perempuan? apakah dengan menggunakan wali hakim, pernikahan tersebut sah di mata hukum dan agama?

    • Mr. Krisna
      Sesuai dengan pasal 14 Kompilasi hukum islam, wali nikah termasuk salah satu rukun nikah. Jadi tanpa wali sebuah pernikahan dinilai tidak sah, ini senada juga dengan hadis nabi yang berbunyi : لا نكاح الا بولي
      artinya tidak sah suatu pernikahan jika tanpa wali.
      Adapun posisi wali hakim :dijelaskan dalam kompilasi hukum islam pasal 23

      (1) Wali hakim baru dapat bertindak sebagai wali nikah apabila wali nasab tidak ada atau tidak mungkin menghadirkannya atau tidak diketahui tempat tinggalnya atau ghaib atau adlal atau enggan

      (2) Dalam hal wali adlal atau enggan maka wali hakim baru dapat bertindak sebagai wali nikah setelah ada putusan Pengadilan agama tentang wali tersebut.

      Terkait pertanyaan saudara maka satu-satunya lembaga yang mempunyai kewenangan menyatakan sah /tidaknya tentang pernikahan adalah pengadilan agama.

  14. bapak, saya ingin menanyakan, dokumen2 apa saja yang diperlukan n instansi mana saja yg harus saya datangi ( contoh: KUA, imigrasi, kepolisian dll) untuk situasi yg saya alami…
    saya Wanita WNI tinggal di jakarta yang berniat menikah dgn pria Malaysia yang tinggal juga di malaysia, Pria ini masih menikah dgn istri’y yg juga tinggal di malaysia. dari orang tua pria (hanya ibu yg masih ada sudah menyetujui) dan surat ijin dari istri akan di urus nanti.
    kami ingin mendaftarkan pernikahan ini nanti’y di kedua negara.. mana yg lebih baik kami lakukan menikah dulu di Indonesia lalu di register di Malaysia atau sebaliknya.. n dokumen apa saya yg harus kami siapkan.
    kami sangat membutuhkan penjelasan dari bapak, atas bantuannya saya ucapkan terima kasih

  15. Dalam undang-undang perkawinan pasal 56 disebutkan :
    Ayat (1) Suami yang hendak beristri lebih dari satu orang harus mendapat izin dari pengadilan agama.
    Jika proses ini telah dilakukan oleh calon suami, anda berdua dapat mendaftar ke KUA kecamatan dimana anda tinggal dengan melengkapi syarat2 nya.Bagi anda otomatis surat-surat dari RT, RW, kelurahan, kecamatan setempat, bagi calon suami juga demikian surat-surat nikah dari Negara asal(termasuk surat ijin pengadilan agama, surat-surat dari KUA asal ) yang dalam pengurusannya melibatkan kantor perwakilan bagi warga negara asing.
    Untuk pelaksanaan nikah bisa dilaksanakan melihat kesiapan para pelaku mulai dari mempelai laki2 dan mempelai perempuan , 2 saksi, Wali dan pegawai pencatat nikah bisa dimusyawarahkan.

  16. Calon istri beragama nasrani, rencana mau muallaf.rencana kita mau Nikah di KUA, apa harus muallaf dlu dan ganti ktp atau di muallafkan di KUA sedangkan ktp (status agama) belakangan,,, mohon di balas

  17. Harus masuk agama islam (mualaf) dahulu dan ganti KTP baru NIkah di KUA karena pasangan seagama merupakan syarat sah pernikahan.

    Ikrar masuk Islam bebas, bisa di Masjid, lembaga dakwah,ataupun melalui penyuluh agama Islam yang ada di KUA, terus menandatangani Pernyataan masuk Islam bermeterai dilengkapi tandatangan Pembimbingnya dan para saksinya terus dibawa ke kelurahan dan kecamatan untuk ganti identitas agama di KTP, jika sudah baru daftar nikah di KUA

  18. Pak.. akte cerai yang digunakan untuk membuat surat numpanng / bawa nikah harus asli..

    • Akte cerai harus asli, tidak boleh foto copi

  19. Bagi Muallaf, harus melampirkan foto kopi sertifikat Masuk Islam. Klo KTP udah dirubah apa masih harus melampirkan kopi sertifikat’nya?. Untuk wali hakim, apa bisa dari pihak KUA, keluarga semua non muslim?

    • Fotokopi sertifikat masuk islam baiknya dilampirkan sekalian pengumuman kepihak yang berkompeten

      Kalau sudah tidak ada wali yang sah, otomatis wali hakim

  20. Askum..
    Saya ingin menanyakan perihal wali nikah, apa bila ayah dari calon wanita tdk setuju.. Apakah bs dwalikan oleh abang dari calom mempelai wanita? Apakah harus ada surat kuasa atau surat wali dari izin sang ayah.. Apa kah tanpa itu akan bs brlangsung dan dianggap sah prnikahany?

    • Sesuai dengan pasal 14 Kompilasi hukum Islam, wali nikah termasuk salah satu rukun nikah.maka tanpa wali pernikahan menjadi tidak sah. Adapun apabila ayah dari calon wanita tidak setuju atau enggan, maka ada prosedur tersendiri yaitu meminta putusan pengadilan agama, adapun abang dari calon mempelai wanita tidak bisa menjadi wali karena masih ada wali nasab yang lebih berhak yaitu ayah kandung.

  21. pak saya akan menikah,tp ap yang harus saya lakukan/sya orang jawatengah sedangkan calon suami saya orang asli tangeran.dan dia meminta saya pindah kewarganegaraannya ke tangeran dengan numpang ditempat kk kakak kandung saya yang telah menetap ditangeran.dan melangsungkan pernikahan ditangeran.apa kah itu bisa dan bagaimana saya mengurus surat suratnya saya takut rumit.karna saya janda pak.mohon bantuanya.

  22. Saudari Tri Yuliana,
    anda harus selesaikan masalah anda satu persatu

    Pertama : Masalah pernikahan anda dulu
    Kedua : Baru Kartu keluarga berikutnya

    Pertama Masalah pernikahan

    Pelaksanaan nikah di tempat calon suami bisa dilakukan dengan minta surat rekomendasi numpang nikah di KUA, syarat-syaratnya sama dengan ketika mau mendaftar nikah : anda urus surat2 nya mulai dari RT, RW, Dusun, Desa/kelurahan dan juga kecamatan baru di bawa ke KUA, dan juga berkas persyaratan nikah milik calon suami dan di KUA nanti akan diberikan surat rekomendasi numpang nikah di tempat suami.
    Bedanya dengan perawan, jika janda cerai maka harus disertakan akta cerai, jika janda mati, maka harus disertakan surat kematian suami/ surat keterangan kematian suami.

    Kedua; masalah kartu keluarga,

    Jika anda sudah menikah baru urus kepindahan anda ke tempat suami, masuk kartu keluarga suami. Urusan beres dah.

  23. assalamualaikum pak,saya mau nanya.
    saya dan suami saya sudah diakad nikah di kampung saya,,
    nah sekarang mau ngurus surat nikahnya gimana ya?
    apa bisa langsung urus surat nikahnya atau gimana?
    soalnya kan kalau akad dua kali itu udah haram kan?
    trus syarat2 ngurusnya gimana ya?
    mohon jawabannya..
    trimakasih,,,
    wassalamualaikum

  24. Saudari Sizilia terkait pernikahan anda dikampung yang tidak dihadapan dan dibawah pengawasan pegawai pencatat nikah, maka tidak mempunyai kekuatan hukum sama sekali, jika berkehendak mengulang kembali pernikahan anda di KUA agar sah secara hokum , anda bisa mengurus segala persyaratan nikah diatas dan ini langkah yang halal, tidah haram, namun jika tidak, anda bisa minta isbat nikah ke Pengadilan Agama setempat. Ini sesuai Keputusan menteri Agama RI nomor 154 tahun 1991 tentang pelaksanaan instruksi Presiden RI nomor 1 tahun 1991 tanggal 10 juni 1991
    BAB II Dasar-dasar perkawinan
    pasal 7
    ayat (1) Perkawinan hanya dapat dibuktikan dengan Akta nikah yang dibuat oleh pegawai pencatat nikah
    ayat (2) Dalam hal perkawinan tidak dapat dibuktikan dengan akta nikah, dapat diajukan itsbat nikahnya ke Pengadilan Agama

  25. pak…, awl december saya mw menikah, tp semua keluarga calon istri saya gak setuju karena hrus masuk islam…., jd gmn saya nikah, calon saya jg org dr luar provinsi saya…< mohon ptunjuk ny y….

    • Jelas dong, Mas.Kalau keluarga keberatan jika salah satu anggota pindah agama, walaupun ada juga yang malah menyuruh anaknya pindah agama agar nikah dengan pilihannya. Dan KUA hanya berwenang mencatat pernikahan pasangan yang sama-sama beragama islam, jika wali beda agama semua, solusinya dengan wali Hakim.

  26. Ass. Pak, mau nanya kalau menikah dgn janda, wanita asalnya katolik, sblm menikah dgn saudara saya, dia masuk islam dulu, tetapi surat keterangan cerai yg resmi tidak ada, apakah sah scr agama? juga scr negara?. Cerainya seorang wanita (dgn suami terdahulu yg juga non islam) tetapi dalam lingkup hukum agama non islam atau versi cerai dia ketika masih non islam, dianggap sah juga secara islam?. dan dalam kasus ini apakah wali hakim itu diperbolehkan/ada dasar dalilnya dari Al-Qur’an atau hadist? atau hanya UU buatan manusia di Indo saja yg membolehkan?Hal tsb terkait wali nikah wajib beragama Islam? Syukron katsir..
    wassalamual’aikum wr.wb.

    • Sdr Rusni , Jika pernikahan tersebut telah memenuhi rukun dan syaratnya (menurut agama)maka dipastikan sah secara agama, adapun secara Negara harus melengkapi syarat-syarat administrative yang ada termasuk akta cerai dari Pengadilan negeri jika non muslim yang pernikahannya tercatat di catatan sipil.Adapun wali hakim disini jika memang sudah tidak ada lagi wali nasab yang sah, maka wali hakim satu-satunya solusi, ia merupakan pegawai pemerintah yang diberi mandate untuk itu.
      Seorang wanita tidaklah boleh menikahkan dirinya sendiri atau menikah tanpa seizin dari walinya. Adapun apabila seorang wanita tidak punya wali, atau memiliki wali tetapi tidak berhak untuk menikahkannya karena berbeda agama, dan atau semua walinya menolak untuk menikahkannya dengan laki-laki yang baik agama dan akhlaknya, maka hakim boleh menikahkannya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda (yang artinya),
      “Siapa pun dari kalangan wanita yang menikah tanpa izin dari walinya maka pernikahannya batil, pernikahannya batil, pernikahannya batil. Apabila ia telah “masuk” (berjima’ -ed) kepadanya, maka wanita tersebut berhak mendapatkan mahar, sebagai ganti dari sesuatu yang ia halalkan dari farjinya. Apabila para wali berselisih (tidak mau menikahkan), maka sulthan (hakim) adalah wali bagi orang yang tidak memiliki wali.” (HR. Abu Daud: 2083, Ibnu Majah: 1879, Tirmidzi: 1102)

      • Terima Kasih banyak Pak, terkait wali jelas, tetapi terkait status wanita/jandanya dari sisi agama belum jelas. Secara negara/administrative status janda wanita tersebut tidak sah/tidak boleh dinikahi jika surat cerai tdk ada/tdk resmi. tetapi apakah secara agama Islam status jandanya sudah sah?jika hanya berbekal surat pernyataan biasa/bermaterai saja dari si wanita? dan apakah cerainya sah scr Islam karena cerainya tidak mengikuti cerai secara Islam, misal agama lain tidak ada talak? mohon dengan sangat pencerahan dan bantuannya. Terima Kasih banyak pak.

  27. Sdr Rusni
    Dalam surah al-Baqarah 221, dijelaskan larangan seorang wanita muslim menikah dengan non muslim.Dengan alasan tersebut otomatis seorang wanita yang telah masuk Islam dan suami masih non muslim tidak bisa melanjutkan pernikahannya, kecuali kalau kemudian sang suami masuk Islam maka bisa diperbaharui pernikahannya atau suami istri itu keduanya masuk islam bersama-sama maka pernikahannya tetap sah tidak perlu diperbaharui.

    • Terima Kasih banyak pak..
      Kasus yg menimpa saudara saya adalah :
      Suami/calon suami = muslim, calon istri janda non muslim, dan telah masuk Islam. Apakah status jandanya sah secara Islam? karena menikah dan cerainya wanita tersebut tidak dibawah/berdasarkan aturan Islam?

      terima kasih pak

      • Sdr Rusni
        Pernikahan dan perceraian ada prosedur yang harus diikuti dan itulah pentingnya Hukum negara bagi kehidupan beragama, jika seorang istri non muslim masuk islam dan sang suami tetap pada agama awal tidak mau masuk islam, dan akhirnya sang istri memilih lelaki lain yang seagama untuk jadi suami, maka sang istri perlu menuntut fasakh (pembatalan perkawinan) kepada suami awal melalui pengadilan.Dan setelah dikabulkan oleh pengadilan barulah ia menyandang status janda, dan baru boleh menikah dengan calon suami muslim sehabis masa iddahnya .Jadi tidak otomatis janda tanpa melalui prosedur yang benar, adapun terkait sah atau tidaknya perkawinan secara agama, pengadilan agama yang punya wewenang untuk menyatakan sah atau tidaknya

  28. Ass, saya mau tanya..
    saya mau menikah di kua, tetapi semua keluarga dari pihak (perempuan) tidak merestui dengan alasan materi, apakah saya bs meminta tolong kepada wali hakim untuk menikahkan kami?? dan apakah kami tetap bs melangsungkan pernikahan di KUA walau tanpa wali?? karena kami pikir, kami sudah sama-sama siap, yakin dan saling mencintai untuk itu kami memutuskan untuk menikah agar menghindari hal2 yang tdk diinginkan..

    terima kasih pak..

    • sdr Anto, Pegawai KUA akan memeriksa berkas-berkas pernikahan yang anda ajukan, dan jika tahu bahwa keluarga mempelai perempuan tidak setuju, termasuk wali nikah yang sah dari pihak mempelai perempuan yang tidak bersedia menjadi wali, maka pihak KUA akan menolak pendaftaran pernikahan yang sdr ajukan, dengan memberikan surat pemberitahuan (N8) dan surat penolakan (N9)kepada sdr yang isinya menerangkan alasan penolakan, jika sdr tetap akan melanjutkan pernikahan, anda akan disarankan agar mengajukan permohonon ke Pengadilan agama setempat.Hal ini sesuai intruksi Presiden RI Nomor 1 tahun 1991 buku I hukum perkawinan
      pasal 23
      ayat (1) Wali hakim baru dapat bertindak sebagai wali nikah apabila wali nasab tidak ada atau tidak mungkin menghadirkannnya atau tidak diketahui tempat tinggalnya atau gaib atau adlal atau enggan
      ayat (2) Dalam hal wali adlal atau enggan maka wali hakim baru dapat bertindak sebagai wali nikah setelah ada putusan Pengadilan Agama tentang wali tersebut.
      Jadi jika Pengadilan agama memutuskan agar Pegawai pencatat nikah menjadi wali hakim dan mencatat pernikahan sdr, maka pegawai KUA khususnya pegawai pencatat nikah harus melaksanakan putusan tersebut

  29. saya punya saudari yg baru saja melewati 100 hari dari talak 1 suami..apakah ini sdh resmi,tp bagaimana klo suami tdk mau mengurus surat perceraian sedangkan saudari sy ingin mencoba menjalani hidup yg baru..dengan lelaki yg di cintainya..mohon penjelasanx..

    • Saudara Faisal ramli, jika suami tidak mau lakukan proses cerai resmi, saudari anda bisa gugat cerai di Pengadilan Agama,

  30. Assalamualikum.
    Clon istri saya janda. Ttapi pd wkt nikah msh berumur 16th (pada th 2004) msh blom pny ktp. Dan bercerai pd umur 18th (pada th 2006). InsyaAllah akan menikah sm saya bulan depan. Ttapi mslhnya calon istri saya tidak pny ktp asal, sampai sekarng. (Asal kabupaten subang kec. Pusakanegara) dan pd wkt cerai, calon istri saya memiliki surat cerai dr KUA setempat, namun sdh hilang. Saya akan menikah di subng. Dan syarat2 numpang nikah dr asal saya sdh terpenuhi. Bagaimana cara agar surat cerai calon saya bisa di terbitkan lg? Sedangkan calon saya blom mengurus ktp smp skrg.
    Terima kasih atas jawabnnya.
    Wassalamualaikum. Wr. Wb

    • Saudara Ario Yunan
      Umur calon istri anda sekarang sudah 18 TH segera saja cari KTP di tempat asal
      Akte cerai diterbitkan oleh pengadilan agama dimana dulu melakukan proses Cerai, maka jika hilang anda bisa minta duplikatnya dari Pengadilan Agama yang menerbitkannya, mesti saja harus ada surat kehilangan dari kepolisian setempat dan pengantar dari desa.

  31. pak saya akan menikah bulan januari ini tapi posisi saya sagat rumit /di gantung .suamai pertama sudah pisah 10 tahun semenjak dia berpindah agama islam menjadi kristen ,masalahnya sekarang sy akan menikah dan sy tak tau harus bagai mana ?degan status sy ini karena ktp n k k saya singel belum berkawin dan sy pun tak ada surat nikah ,semua di bawa mantan suami yg keberadan nya sy tak tau.

    • Sdri Panda
      surat nikah yang hilang bersama suami yang pergi, anda bisa minta duplikatnya di KUA tempat anda menikah dulu, jika anda hendak menikah lagi, anda bisa gugat cerai ke Pengadilan agama, dan setelah dapat akta cerai bisa segera mendaftar ke KUA dan melangsungkan pernikahan anda

  32. Gue cuman mau nikah ama nikita willy seorang

  33. Pak,saya mau nanya,calon istri saya kan janda,,akta cerai udah ada,tapi kartu keluarganya yg jadi masalah,dulu kan calon istri saya udah dihapus dari KK orang tuanya,tapi dengan suaminya yg dulu dia tidak memiliki kartu keluarga,ini solusinya bagaimana pak?apakah membuat KK dulu ikut ortunya lagi,atau bagaimana pak?apakah bisa nikah tanpa kartu keluarga pak?sebelumnya terimakasih atas tanggapannya..

    • saudara Dwi, lebih jelasnya anda bisa langsung ke kelurahan, kecamatan ataupun dukcapil yang terkait istri anda, saya kira ada kebijakan untuk masalah kartu keluarga tersebut termasuk juga di KUA.trims

      • assalamualaikum.saya ingn bertnya saya akan melakukan pernikahan d usiac19 th apakah bsa?????

      • Sdr Roy andriansah, pernikahan anda bisa dilaksanakan di usia 19 namun setelah anda memperoleh surat dispensasi dari pengadilan agama

      • pak saya akan menikah dengan seorang duda.tapi calon saya baru cerai secara agama,secara hukum belum.sementara surat nikah hilang!dan apa saja persyaratan untuk gugat cerai,seandainya akte kelahiran anaknya tidak pernah dibuat?maaf apakah syarat2 untuk nikah di kUA yg disebutkan di atas semua di dapat dari RT/RW atau dari mana?mohon bantuannya pak

      • mbak Novianta rani, syarat untuk gugat cerai ataupun talak cerai, ada surat nikah atau kutipan akta nikah, dan apabila surat nikah hilang, bisa mengajukan permohonan duplikat surat nikah di kua tempat dulu menikah. Syarat-syarat nikah diurus di RT/RW dusun dan kelurahan atau melalui P3N desa setempat.Untuk mengurus akta kelahiran di ducapil kabupaten

  34. Pak saya mau tanya kalau seorang janda menikah lagi, apakah nanti di buku nikah status “janda tertulis disana”. apakah bisa minta ditulis perawan saja?????

    • Mis Anita wardhani, selama ini belum pernah yang kaya gitu.KUA akan menyanggupi jika itu perintah putusan pengadilan aja.

  35. aslmlkm,pak sy mau tanya tetangga saya perempuan umur 17 thn tggl dgn ibunya beragama kristen, pisah dgn ayahnya ttpi ayah dan saudara2 kandungnya dkmpung agama islam. skrg dia punya pacar islam dan sdng hamil mau menikah dan msk agama islam. masalahnya dia tdk memiliki ktp/ijazah untuk menjadi seorang mualaf. bagaimana caranya pak? trm ksh

    • Saudari Siti, untuk masuk agama islam bisa langsung ikrar masuk islam melalui ustadz/ustadzah pada lembaga dakwah atau penyuluh agama islam yang ada di Kua, lalu tandatangani pernyataan bermeterai yg isinya masuk islam atas kesadaran sendiri dengan tulus ikhlas tanpa paksaan dan semata mata karena Alloh, bukan karena mau menikah dengan orang islam, yg ditandatangani ustadz pembimbing dan para saksi yang hadir.Dan dengan surat pernyataan tersebut untuk proses bikin ktp baru (umurnya kan udah I7 tahun)di kelurahan dan kecamatan atau melalui Rt/Rw/Dusun dulu.Dan baru setelah itu proses pendaftaran nikah lengkap dengan syarat syarat nya.

      • maaf pak sururudin sy sdh menikah siri dg seorang wanita yg hanya cerai dg surat tulisan tangan suaminy diatas materai rp.6000.yg ingin sy tanyakan sahkah jandany didlm agama jg dimata hukum?dan bgmn tata cara seorang wanita meminta gugatan cerai yg sah dimata hukum negara kpd suami.apa biaya perkara ditanggung penggugat atau penggugat bs meminta pd pengadilan agar tergugat yg mengurus segala biaya?mhn pnjlsnny krn sy ingin segera mencatat pernikahan sy dicatatan sipil scr sah

  36. Ass. Pak,saya (24th) juga mau tanya,,calon suami saya WNA(Bangladesh). kami berniat untuk melakukan nikah di Jakarta,.apa sajakah yang harus saya persiapkan mengingat ayah saya telah wafat ,n apakah saya bisa mencari wali / perwakilan wali dari KUA di Jakarta setempat untuk menjadi wali saya secara tertulis. (karena wali tidak bisa menghadiri akad nikah).
    ‘N1, N2, N4 ‘ apakah bisa kami dapatkan di KUA kecamatan di Jakarta..? soalnya semua dokumen calon suami harus diurus dulu dikantor kedutaan negaranya di Jakarta.
    dan kami berniat setelah pernikahan sah secara agama dan hukum , dia membwa saya ke negaranya asalnya, soalnya dia mempunyai waktu yang pendek di Indonesia karena alasan pekerjaan dan keuangan.

    dan terakhir haruskah Surat Numpang Nikah dibuat dari daerah saya(Sumatra)?
    terima ksih bnyak, mohon bantuanny

    • saudara uchi, jika masih ada wali sah, maka tidak perlu wali hakim atau wali dari KUA.Syarat-syarat pernikahan harus diurus di wilayah KUA sesuai KTP anda.

  37. Ass…….

    Pak saya mau nikah, saya dari sby dan calon juga dari sby cuman beda kecamatan….. Surat2 yg perlu diurus utk pihak laki2 apa saja?

    Terima kasih

    • sdr.Mohammad Aris,yang harus diurus antara laki-laki dan perempuan sama saja, yaitu syarat2 pendaftaran nikah tersebut diatas.

  38. mohon bantuan nya pak.
    pacar sy s’org wanita yg sudah berpisah dgn suami nya +/- 3 thn lalu, mrk sudah bersepakat pisah/cerai dengan membuat surat pernyataan bermaterai dan ada saksi nya, mrk tdk dpt mengurus perceraian formal di PA, karena masalah ke uangan, apakah saya dapat menikahi pacar saya tersebut,? karna dia tidak memiliki surat cerai dari pengadilan?. tolong ksh sy jwban di email : vhitoru@yahoo.com trimakasih byk.

    • Saudara VHITOru
      Untuk nikah lagi,harus ada akta cerai,tidak bisa tidak

  39. pak saya seorang janda,yg mw menikah lagi,tp tidak punya kk krn orgtua sy sudah menigal,kk sy ikut mantan swmi dan skr udh cerai. bgmna low mw menikah lagi tnp kk? ap lampirkan kk dgn mantan swmi? ktp sy jg msh sttus menikah dan alamat rmh mntan swmi. bgmn sy mgrus surat” akan menikah lagi?? ap sy hrus gnti ktp dulu dgn status janda?

    • Mbak Rienie Datang aja ke kelurahan sesuai KTP, bikin aja KK baru.

  40. gimana caranya kalo ngurus surat masuk islam

    • sdr Septian fajar@ ya ikrar masuk islam didepan tokoh agama dan masyarakat dan dibuat surat pernyataan ikrar masuk islam bermeterai yang ditandatangani orang tersebut berikut pembimbingnya dan para saksi lalu proses KTP di kelurahan, kecamatan dan surat pemberitahuan kepada pihak2 terkait maka Beres.

  41. pak, saya mau bertanya. calon suami saya tinggal beda kecamatan dengan saya, sudah mendapat n1,n2 dan n4 dari kua kecamatannya tertanggal 3 bulan sebelum rencana akad. tapi kua kecamatan saya mengatakan kalau surat ijin numpang nikah hanya berlaku 2 bulan, apakah benar ada peraturan tsb? karena kebetulan saya tinggal di luar kota jadi repot bolak-balik menanyakan k kua, sedang waktu akad semakin mendekati. terimakasih

  42. bagaimana jika surat cerai tidak ada bagi wanita?

    • Saudara Herlan, Jika akta Cerai tidak ada atau statusnya masih istri orang, KUA akan menolak menikahkan dengan orang lain, hingga jelas statusnya sebagai janda cerai

  43. Asslmkum… Pak sy tata dari semarang. Calon suami saya sdh prnh menikah&bercerai 3 thn lalu. Dia dulu menikah resmi diBandung&akta cerai br saja diambil bulan lalu di PA Bandung. Tp yg bikin sy bingung, kok bisa stlh cerai ibunya membuatkan KTP didaerah asal (semarang) dengan status perjaka/blm menikah. Bbrp bln lg kita berencana utk menikah disemarang. Yg sy tanyakan, dlm mengurus surat2 nikah dKUA, apakah nanti suami bikin KTP br lg dgn status nikah/tetap pd KTP lama dgn status blm nkh? Mohon jawaban bapak. Terimakasih…

    • saudari Tata@ KTP harus sesuai dengan identitas seharusnya dong, kalau udah pernah menikah lalu bercerai statusnya ya DUDA CERAI, harus diganti tuh KTP, bahaya lho kalau diterusin bisa kena pasal pemalsuan identitas Ntar. Dan ke KUA, akta cerai asli harus diserahkan.

      • Asslmkum… sy Tata mau tny lg.
        Dulu calon suami nyerahin smua urusan nikah ke pihak perempuannya(si mantan tinggal di Bandung)&calon suami sy taunya asal jadi. Stlh nkh calon suami mnt ibunya utk memperpnjng KTP&mnt surat pindah sekalian krn utk membuat KTP&KK baru diBandung. trnyata KTPnya itu stlh diperpanjang statusnya msh perjaka. Sy tny ke calon suami&ibunya apakah dulu nikahnya resmi, mrk bersumpah nikahnya ada petugas KUA yg menikahkan mrk&akta cerainya jg ada. Tp mrk nggak tau gmn dulu si mantan ngurus surat2 wkt mau nikah. Calon suami&keluarganya taunya dh jd&tinggal nikah aja. Mnrt saya dulu si mantan ngurus surat2 nikahnya “nembak”/lewat calo, jd wkt buat KTP disemarang statusnya msh perjaka. Menurut bapak gmn? Mohon solusi dr bapak. Terimakasih…

      • saudari Tata, kalau dulu nikah resmi, pasti ada dokumen resmi, dan biasanya KTP juga segera diganti menyesuaikan akta nikahnya, mungkin dulu lupa mengganti identitasnya aja ketika proses KTP di kelurahan dan kecamatan, itu nggak jadi masalah. Dan setelah cerai, maka akta nikahnya otomatis diminta pengadilan untuk diganti dengan akta cerai. Kalau kurang yakin dengan akta nikah, anda bisa menanyakan ke KUA , tempat dimana dulu menikah, karena disana tersimpan lengkap arsip arsip pernikahan

        ________________________________

  44. Mau tanya keputusan pengadilan agama per tgl 25 April 2012 .tp sdh 2 Minggu akte cerai blm keluar.apakah tgl tertera dlm akta tsb sesuai tgl keputusan 25-4-2012?dan masa iddah terhitung dari tgl keputusan atau tanggal akte cerai keluar? Thanx

    • Saudari Rarasu@ masa iddah terhitung sejak jatuhnya tgl keputusan Pengadilan sebagaimana diatur dalam PP RI tentang pelaksanaan UU nOMOR 1 TAHUN 1974 Tentang perkawinan BAB VII Pasal 39 ayat 3

      • Berarti terhitung dari keputusan sidang akhir pada tgl 25 April tsb ya Pak? Bukan berdasarkan tgl keluarnya akte cerai? Thank Pak…

      • Sdri Rarasu@Bunyi undang-undangnya memang terhitung dari keputusan sidang namun demikian harus dihitung dari tgl keluarnya akta cerai karena tgl keluarnya merupakan bukti bahwa telah mempunyai kekuatan hukum tetap sedang sebelumnya belum punya kekuatan hukum tetap

  45. assalamualaikum maaf nama saya daryati,.saya mau tanya nih bapak sururudin,bisakah syarat2 nikah diartikan ke bahasa inggris,karena calon suami saya kurang faham,

  46. dan calon suami saya warga bangladesh.srebenarnya kami udah menikah siri,dan ingin meresmikan di indonesia pada bulan oktober mendatang,atas informasinya saya ucapkan terima kasih banyak

  47. pak.. brp hari sblum mnikah baiknya mendaftar di kua? mksh

    • Sdri Ningsih
      15 hari, jika kurang dari 10 hari hitungan jam kerja maka harus ajukan dispensasi ke kantor kelurahan dan kecamatan

  48. Sdri Daryati… sangat bisa, jika dilakukan oleh ahlinya :D

    • fafa,mksh yah buat infonya,heheh,ternyata,harus pakai translet

    • pak sy ali,mw tny.
      srt dispensasi tu dbuat dr pihak cewek aj ato cowok jg?mksh sblmny

      • sdri Yetty@ dari pihak perempuan aja, karena nikahnya di kua pihak perempuan, dispensasi disebabkan pendaftaran di kua kurang dari 10 hari

  49. Siang pak..saya mau nanya saya mau nikah bulan depan,tapi saya non muslim sedangkan calon saya muslim…apa yang harus saya urus yah pak,dalam jangka waktu singkat ini dan klo jadi mualaf saya harus datang ke siapa?trus kalo ganti KTPnya gimana…soalnya kan mau ada pergantian KTP baru

    • saudara Sandino
      Jika anda mau masuk islam, ke KUA bisa, biasanya disana ada penyuluh agama Islam, namun masuk islam anda harus betul-betul karena kesadaran sendiri, dan islam jadi pilihan anda, bukan sekedar karena mau menikah, biasanya kalau sekedar mau menikah aja, pembimbing agama islam akan enggan membimbing anda.
      jika anda telah masuk islam maka anda akan membuat pernyataan bermeterai yang akan anda tandatangani diikuti para pembimbing dan para saksi, dan surat pernyataan tersebut anda bawa ke kelurahan atau balai desa untuk proses ganti identitas agama, dan jika anda kemudian akan menikah maka bisa mengurus syarat-syarat pendaftaran yang berkas-berkasnya telah ada di kelurahan biasanya dipandu oleh pembantu pegawai pencatat nikah (P3N) yang ada di tiap-tiap desa.

      • Sudah keputusan sendiri pak,tapi kalo boleh tau biaya masuk islam berapa pak…dan butuh waktu berapa hari ya biasanya?

      • Saudara sandino, biasanya nggak dipungut biaya, dan sehari saja cukup

      • Ok Pak…terima kasih,semoga masukannya bermanfaat…

  50. assalamualaikum.wrwb. Yth Pak Sururudin….saya janda sudah 7thn ada akte cerai yg insyaalloh akan melangsungkan pernikahan dengan duda yang juga memiliki akte cerai…kami berdua domisili di lampung dan ingin melangsungkan pernikahan di tempat orang tua sy di jawa tengah, Kami memiliki KK dan KTP sekarang sesuai status kami ….selain N1, N2, N4 serta akte cerai apakah kami berdua juga hrs mmbawa surat numpang nikah krena dalam KK ortu nama saya sudah dikluarkan…trimakasih atas jawabanya..wassalam

    • Wa’alaikum salam Wr wb, Ibu Sumarsih,
      jika KTP maupun KK anda, beda kecamatan apalagi beda kabupaten maupun beda propinsi maka harus ada surat numpang nikah/rekomendasi dari KUA Setempat.Termasuk juga jika calon suami anda juga beda kecamatan dengan anda, maka calon suami anda harus membawa surat numpang/rekomendasi nikah dari KUA kecamatannya calon suami (sesuai KTP) baru ke kua calon istri, dan jika nikahnya ditempat orangtua istri, dan sudah beda kecamatan (sesuai KTP) maka dari KUA kecamatan calon istri bikin surat numpang nikah/rekomendasi ke kua kecamatan orang tua.

      • trimakasih infonya pak…

  51. pak saya mau tanya
    calon suami saya adalah tni pdhl dy non muslim,tetapi nkh kantor dgn agama dy,tp dy ingn msk islam dan nkh scra islam d kua apa bisa pak pdhl nkh kantor dgn agama dy.makash

    • Sdri Dewi.handayani, KUA diperuntukkan khusus pernikahan orang islam, adapun jika TNI maka harus ada ijin dari atasan.Selama agamanya masih non muslim, maka KUA tidak berwenang untuk mengawasi pernikahannya.

  52. Assalamualikum…
    Pak ..kalo dari pihak laki2 blum memberi ijin,bolehkah pernikahan tetap dilanjutkan?
    bisakah jika tanpa Surat Pindah Nikah?
    trimaksih Pak..

    • wa’alaikum salam,saudari Kartika, ijin itu banyak, ada ijin atasan jika dia angkatan bersenjata, ada ijin pengadilan jika pernikahan poligami,ijin pengadilan jka umur kurang dari 19 bagi laki-laki, juga ijin orang tua jika kurang dari 21TH bagi anak-anak laki-laki, makanya pernikahannya harus melalui prosedur yang benar harus ada surat numpang nikah dari KUA jika pernikahan keluar dari kecamatan asal,pihak KUA penerima akan berusaha menolak, karena nggak ada pengantar dari KUA asal, suruh kembali, untuk mengantipasi pemalsuan identitas,dll

      • Trimakasih atas jawabannya Pak..
        maksud saya,,orang tua pihak laki2 tidak merestui hubungan ini. dan laki2 udah d atas 21 thn.bolehkah jika tetap melaksanakan pernikahan?
        trus,,surat numpang nikah itu dari KUA ya Pak,bukan dr RT/RW?

      • saudari Kartika@jika sudah lebih dari 21 TH tidak dibutuhkan lagi surat ijin orang tua, dan jika sudah terpenuhi syarat dan rukunnya maka boleh melangsungkan pernikahan, surat numpang nikah dari KUA tapi ada surat pengantar dari RT RW Dusun dan desa yaitu berkas-berkas syarat pernikahan

  53. Assalamuallaikum.
    Pak saya mw nanya, saya mau nikah sama lelaki nasrani, dia mau masuk islam/mualaf. apa saja syaratnya untuk masuk islam sebelum nikah? karena posisi tempat tugasnya berada dipedalaman papua. untuk mencari pembimbing agar membiming dia masuk islam agak susah. karena mmang tempat tugasnya dihutan. mhon bantuanya, bs jawaban bapak di send ke email saya juga. makasih sebelumnya, Wassalam….

    • Wa’alaikumus salam WR WB, Saudari Farida, siapapun kalau mau masuk islam, harus dipahamkan dulu apa itu islam, untuk itu harus mendatangi orang yang beragama islam dan paham dengan islam, kalau masalah hendak nikah, jika KTP statusnya udah islam, petugas KUA pasti menerimanya, asal asli tidak palsu.

  54. assalamau alaikum wr.wb. bapak saya mau tanya, saya mau menikah dengan calon istri saya, tapi ayah calon istri saya tidak merestui kami dan tidak mau menikahkan kami karena alasan suku. menurut saya alasan seperti itu tidak dibenarkan dalam agama. pertanyaan saya, bolehkan saya menikah dengan menggunakan wali hakim?kemudian bagaimana caranya saya mengurus surat2 nikah? mohon jawabnnya

    • Saudara Sulaiman@ Anda mengurus surat-surat seperti biasa ke RT/RW dusun kelurahan baik dari pihak calon suami maupun calon istri terus berkas2 persyaratan di bawa ke KUA, , Pegawai KUA akan memeriksa berkas-berkas pernikahan yang anda ajukan, dan jika tahu bahwa keluarga mempelai perempuan tidak setuju, termasuk wali nikah yang sah dari pihak mempelai perempuan yang tidak bersedia menjadi wali, maka pihak KUA akan menolak pendaftaran pernikahan yang sdr ajukan, dengan memberikan surat pemberitahuan (N8) dan surat penolakan (N9)kepada sdr yang isinya menerangkan alasan penolakan, jika sdr tetap akan melanjutkan pernikahan, anda akan disarankan agar mengajukan permohonon ke Pengadilan agama setempat.Hal ini sesuai intruksi Presiden RI Nomor 1 tahun 1991 buku I hukum perkawinan
      pasal 23
      ayat (1) Wali hakim baru dapat bertindak sebagai wali nikah apabila wali nasab tidak ada atau tidak mungkin menghadirkannnya atau tidak diketahui tempat tinggalnya atau gaib atau adlal atau enggan
      ayat (2) Dalam hal wali adlal atau enggan maka wali hakim baru dapat bertindak sebagai wali nikah setelah ada putusan Pengadilan Agama tentang wali tersebut.
      Jadi jika Pengadilan agama memutuskan agar Pegawai pencatat nikah menjadi wali hakim dan mencatat pernikahan sdr, maka pegawai KUA khususnya pegawai pencatat nikah harus melaksanakan putusan tersebut

  55. assalamualaikum
    Pak,sy udah menikah slm 2thn.suami sy dulunya duda,tapi krn akta cerainya ketlisut,akhirnya kami sepakat untuk menulis status suami dg perjaka.skrg kami ingin merubah status dari perjaka ke duda krn suratnya berhasil ditemukan.bgmn caranya pak?mohon penjelasannya ya pak,kami sgt bingung
    terima kasih

    • Saudari Dee@
      Hal tersebut seharusnya tidak terjadi, sama saja dengan memberikan keterangan palsu dihadapan petugas pencatat nikah, selanjutnya mungkin anda bisa mendatangi kantor urusan Agama dimana anda menikah, dan berkata terus terang minta solusi perbaikan dokumen pernikahan agar tidak berlarut-larut.Namun jika ada tuntutan hukum anda harus siap menerimanya, jika tidak mungkin anda sedang beruntung.

  56. N1,N2,N4 itu maksudx apa?

    • sDR achmad Fuad@ didepan sudah ada yg tanyakan itu, N1 blangko surat keterangan untuk nikah, N2 blangko surat keterangan asal usul, N4 Blangko surat keterangan tentang orang tua

  57. Assalamualaikum.
    pa mau tanya gaman merubah status pernikahan ,karena waktu nikah ktpnya lebih muda dri ijasah,contohnya waktun nikah 1984,tpi d ijasah 1982,bsa ga d rubah mohon penjelasanya

    • wa’alaikum salam Wr wb, Sdr Jariaman@ Kua dalam menuliskan data pengantin termasuk tanggal dan tahun kelahiran berdasarkan pemeriksaan petugas pada saat calon pengantin mendaftarkan diri, yaitu dengan menulis semua keterangan dalam blanko NI, N2, N3, adapun Ktp, KK, akta kelahiran dan lain-lain hanya sekedar pelengkap, itu sebagaimana diamanatkan oleh UU no 1 th 1974.Jadi ketika ada perbedaan di kemudian hari, itu resiko kesalahan di tanggung oleh yang memberi keterangan data disaat pendaftaran calon manten.Sehingga jika sudah tertulis di akta nikah maka sudah menjadi produk hukum, sehingga KUA tidak berhak untuk merubahnya kembali, dan membolehkan adanya identitas ganda, karena merupakan produk hukum yg berbeda. jadi KUA tidak berhak atau berwenang merubahnya kecuali ada perintah pengadilan.

      • jadi kalau mau merubahnya bagaimana pa,bsa ga kira-kira

      • sdr Jariaman@ kalau mau merubahnya ya datang aja ke KUA dimana dulu menikah, kalau KUA menolak merubahnya ya minta surat penolakan tersebut, terus suratnya dibawa ke pengadilan, cari solusi agar ada perintah pengadilan untuk merubahnya

  58. askum pak……numpang nanya….klo duda nikah lagi apakah akte cerai yg asli di serahkan ke KUA atau tidak. mohon penjelasannya pak, mksh
    mohon jawabannya di kirm ke : ady_ipit55@yahoo.co.id

    • Saudara Maryadi@Betul akta cerai asli harus diserahkan ke KUA.

  59. ass.wr.wb
    saya mau tanya pak,saudara saya pria pernah menikah secara kua,kemudian menceraikan istrinya dengan surat talak tanpa sidang,tapi sepengetahuan uztad dan rt rw setempat. kemudian ingin menikah lagi secara kua,apa bisa dan bagaimana pengurusannya?terimakasih

    • Saudara Anggraeni@seorang duda cerai ,jika hendak menikah di KUA, harus menunjukkan dan menyerahkan akta cerai asli dari Pengadilan agama, bukan dari ustadz atau RT , RW

  60. o ya pak,di kk dan ktp dia berketerangan duda cerai,dan surat talak dtandatangani juga oleh rt dan tokoh agama setempat,serta rt dimana manatan istri tinggal sebagai saksi

  61. pak/gmn cra tau bhwa seseorg sdh pernh tcatat menikah d Kua?ap bs d cri datany d seluruh indonesia?takutny bila mengaku blm nikah tp d kota laen dia sdh pernh mnikah?mohon jwbny

    • Saudari Lili@Karena syarat-syarat pendaftaran nikah berasal dari RT, RW, Kelurahan, Kecamatan, dan juga KUA dimana si Dia berasal, selama ini akan segera ketahuan, jika ada pemalsuan status menikah atau belum.

  62. pak gmn crany tau bhwa status seseorg sdh mnikah?slaen lht status ktp,krn bs d palsukn.ap bs d cari datany d kua seindonesia scra online.tkutny,seseorang mengaku blm nikah tp trnyta sdh mnikah d kota laen.mohon jwbny.trmksh

    • Saudari Lili@Karena syarat-syarat pendaftaran nikah berasal dari RT, RW, Kelurahan, Kecamatan, dan juga KUA dimana si Dia berasal, selama ini akan segera ketahuan, jika ada pemalsuan status menikah atau belum.

  63. assalaamu’alaykum Pak Sururuddin
    Ane mau tanya, Bolehkah mengurus semua surat2 nikah itu langsung ke KUA tanpa ke RT, RW atau ke Kelurahan ? alasannya biar gk repot krna gk ada waktu. Kemudian pertanyaan kedua, bolehkah surat2 itu diurus sekarang tapi nikahnya bulan desember 2012 besok (insyaalloh), soalnya sampai skr saya entah mengapa masih belum siap mental alias ragu2 untuk melaksanakan sunnah rosul yg satu ini, saya di batam insyaalloh nikahnya di tempat calon saya di yogyakarta.
    Jazakallohu khoiron …

    • Saudara Abdulloh@ Menikah bukan urusan main-main, namun setengah dari agama, maka lakukanlah dengan sebaik-baiknya termasuk ke RT, RW dan kelurahan, karena dari sanalah syarat-syarat pendaftaran nikah di KUA diperoleh, jadi tidak mungkin langsung ke KUA.

  64. Pak saya mau tanya,klu calon suami saya tidak ada srt cerai,dan blm cerai karna istrinya susah un dicerai,apa kah msh bisa nikah,sedangkan saya tidak punya siapa2 un wali,apa kah bisa hadirkan wali yg lain,mksh

    • Saudari Herawati@Untuk nikah di KUA, statusnya harus jelas sebagai Jejaka atau Duda, jika Duda bisa dibuktikan dengan akta cerai, bagi duda cerai.Jika statusnya masih suami orang lain, berarti poligami dan itu harus mencari izin Poligami ke Pengadilan agama.Jika telah ada izin poligami dari Pengadilan agama baru bisa diproses pernikahannya di KUA

  65. as.wr.wb sarurudin…..sy telah bercerai dgn suami sy slma 9 bln,dan sy jg telah menikah secara siri bru 3 bln dan skg sy tengah hamil…bagamana sy mendapatkan surat nikah dr KUA n cara ny agar cepat…klu kua mempersulitnya dan anak sy nanti lahir bgmana dpt akte kelahiranny….

    • Saudari Linda@ untuk menikah di KUA, statusnya harus jelas, perawan atau Janda, jika janda harus dibuktikan dengan akta cerai dan jika hamil maka masa iddahnya adalah sampai melahirkan.Dan masalah akta kelahiran anak tersebut tetap bisa diproses sebagai anak ibunya.

  66. Apakah boleh ditolak pernikahan setelah melewati 10 pengumuman pernikahan dan tidak ditemukakan larangan pernikahan oleh KUA dan KUA mengeluarkan N8 dan N9

    • Saudara Mawardi@ N8 merupakan surat perihal pemberitahuan adanya halangan atau kekurangan persyaratan.N9 merupakan surat perihal penolakan pernikahan. Jadi tidak akan keluar N8 dan N9 kalau tidak ada persoalan

  67. Bpk, saya dan pacar saya berusia 25 th ingin menikah siri dulu untuk menghindari zina. pacar saya non muslim tapi mau ikrar islam. ortu pacar saya tidak setuju kalau nikah dengan saya karena beda keyakinan. Yang ingin saya tanyakan, bisa tidak kami menikah siri tanpa sepengetahuan ortunya sampai kita bisa buktikan kalo kita bisa hidup bersama. Trus cara mengurus nikah siri bagaimana ? dan mengurus ikrar islam apakah dapat dilakukan di KUA??
    serta berapa lama prosesnya?
    Terima kasih.

    • saudari Desi@kalau mau menikah langsung aja ke KUA, tidak perlu nikah siri segala,agar sah secara agama juga secara negara.Adapun jika hendak masuk islam, segera saja dilakukan atas kesadaran sendiri,bukan karena hendak menikah dengan orang Islam dan bisa minta bimbingan ustadz atau penyuluh agama islam atau tokoh agama Islam.Untuk ikrar islam bisa dilakukan dimana saja, masjid atau acara pengajian juga bisa juga di KUA, dihadapan para ustadz, dan jama’ah kaum muslimin.Jadi prosesnya juga tidak perlu lama satu jam cukup.

  68. saya berusia 20 thn dan pendamping saya 18 thn, saya mau tanya syarat nikah siri apa?

    • Sdr. Guntur
      Bersabarlah saudaraku, hingga usia anda berdua minimal laki-laki 21 TH dan putri 19 TH, jika nikah resmi dan sah secara agama bisa ditempuh kenapa harus nikah siri.
      Tujuan orang menikah adalah untuk membentuk rumah tangga yang bahagia dan kekal.Bisakah nikah siri merealisasikan tujuan mulia tersebut ? lalu mengapa orang menikah secara sembunyi-sembunyi dan tidak mencatatkan perkawinannya ? orang melakukan nikah siri karena berbagai alasan, antara lain tidak mau repot mengurus pernikahan di KUA karena yang penting sah menurut agama.
      Tujuan orang menikah adalah untuk membentuk rumah tangga yang bahagia dan kekal.Bisakah niukah sirri ,merealisasikan tujuan mulia tersebut ? lalu mengapa orang menikah secara sembunyi-sembunyi dan tidak mencatatkan perkawinannya? .Orang melakukan nikah siri karena berbagai alasan, antara lain tidak mau repot-repot mengurus pernikahan di KUA karena yang penting sah menurut agama.
      Selain itu banyak orang nikah siri secara tergesa-gesa dengan alasan hal itu lebih baik daripada berzina dengan pasangan.Ada juga yang nikah siri karena accident alias telah berhubungan gelap dengan kekasih.Ada lagi yang menggunakan cara ini karena mau menikah dengan pasangan bawah umur atau kewarganegaraan lain atau berbeda agama atau untuk sementara waktu (kawin kontrak).Dan tidak jarang orang melakukan nikah siri karena menikah lagi alias poligami .Ketika berpoligami banyak orang pilih diam-diam karena takut istri tua dan karena persyaratan poligami itu ketat, sukar dipenuhi.Dampak nikah siri baru akan terasa ketika anak-anak mereka perlu mendapatkan akta kelahiran untuk mengurus sekolah, KTP, SIM, Paspor dan dokumen-dokumen resmi lainnya .Anak-anak hasil nikah siri juga sukar untuk membuktikan kepada teman-temannya bahwa mereka adalah anak yang sah dan bukan anak zina.
      Apalagi bila pasangan suami istri yang menikah siri ini bertengkar, maka yang akan menjadi korban biasanya adalah istri dan anak-anak.Bila istri ditinggal pergi begitu saja oleh pasangannya , maka kepada siapa dia akan mengadu, bagaimana dia menggugat cerai ? KUA tentu akan lepas tangan karena memang tidak ada catatan pernikahan mereka berdua disana.Anak-anak pula, siapa yang akan memberi nafkah mereka ? siapa yang akan menjadi wali nikah mereka jika sudah dewasa ?
      Dan jika istri tersebut diceraikan oleh suaminya, maka sangat mungkin dia tidak akan bisa menuntut harta gono-gini bila suami secara sengaja tidak mau memberinya.Dan jika terjadi perebutan pemeliharaan anak, maka biasayny pihak yang lemahlah yang kalah.Lalu jika istri ditinggal mati oleh suaminya, maka bisa jadi dia tidak akan bisa menuntut harta warisannya jika keluarga suami tidak mau memberinya.

  69. saya sudah mengurus surat cerai,setelah tu saya ngurus surat numpang nikah,dan kedua surat itu hilang tidak bisa ditemukan,apakah aku bisa ngurus lagi?caranya gimana mengurusnya

  70. Dear Pak Sururudin,
    Kalau pengurusan menikah untuk janda tanpa surat cerai (sebelumnya menikah siri, tanpa surat nikah) sedangkan pasangannya masih perjaka bagaimana ya? karena di KTP wanita tertulis KAWIN karena sudah punya anak. Mohon informasinya.
    Thanks.

    • sdri Finny, yg jelas ada banyak pilihan, pertama: jika anda hendak nikah secara resmi (sah menurut agama dan negara) maka pernikahan sirri anda tidak mempengaruhi dokumen nikah anda di kua karena tidak diakui, adapun KTP dibuat harus sesuai dokumen resmi yang anda, saudari bisa minta dibikinkan yang baru dengan status belum kawin.Kedua: jika anda ingin mempunyai status kawin karena sudah punya anak dengan suami dalam perkawinan siri, anda bisa mengajukan itsbat nikah(penetapan nikah) di pengadilan agama, jika perkawinan sirri anda memang memenuhi syarat dan rukun nikah sesuai agama islam, pengadilan agama akan menetapkan pernikahan anda berdua dan memerintahkan KUA untuk melakukan pencatatan sesuai hari, tanggal, dan tahun pernikahan itu terjadi, namun jika nikah sirri anda berdua belum memenuhi syarat dan rukun pernikahan, maka anda harus mengulang pernikahan saudara di kua agar dapat dokumen resmi.Dan jika hendak menikah dengan orang lain lagi anda harus melalui proses perceraian di pengadilan agama agar mempunyai akta cerai, dan baru bisa nikah di KUA.

  71. assalamu’alaikum
    pak saya mau bertanya apabila suami menikah lg karena tdak cinta istri dan istri ke 2 mampu membantu perekonomian keluarga tetapi hubungan tersebut tdak di setujui oleh pihak anak, keluarga suami maupun keluarga istri I, tetapi suami tetap ingin menikah lagi(poligami)
    bagaimana menurut pandangan agama, fiqih atau al quran ?

  72. assalamualikum,
    pak saya mau tanya, saya mau menikah tp calon suami seorang duda, tp tidak ada surat cerainya, dan bercerainya sdh 10 tahun karna menikah secara agama saja, itu gmana.

    • sdri Rahma@ untuk menikah jelas tidak ada halangan, karena status calon suami sudah bercerai alias duda, dan tidak diperlukan surat cerai karena dulu nikahnya juga tidak resmi atau tidak tercatat di KUA.

  73. Slmt sore pak sy mau btanya insyaAllah dlm wkt dkt sy akan menikah. Sy ingin tanyakan jika calon adalah duda cerai dan ada akta cerai dari pernikahan sebelumnya di jogja namun saat stlh cerai ia pindah ke tangerang n buat ktp baru mll calo n ditulis perjaka. Jika sekarang kami ingin menikah apakah boleh tanpa mengisi formulir N6 dan hanya membawa akta cerai ke KUA. Dpt sy informasikan jg krn sma surat numpang nikah sdh diurus namun tanpa N6 dan keluarga jg ingin agar status duda cerai tidak perlu disebut dalam akad nikah. Apakah bisa kami melangsungkan pernikahan tanpa mengubah status ktp nya dengan hanya membawa akta cerai ke KUA yang dituju?? Apakah pernikahan kami sah? Apakah ada konsekuensi?? Tlg sgr dijawab. Mengingat waktu pernikahan yang semakin dekat. Trmksh bnyk.

    • sdri Joan@ jika ada identitas ganda maka kua akan minta penjelasan pihak keluharan dan kecamatan, jadi data harus sinkron, demikian juga pihak kelurahan dan kecamatan.Adapun formulir N6 itu formulir keterangan kematian istri atau suami artinya cerai mati, adapun cerai hidup harus bisa menunnjukkan akta cerai.maka sebaiknya semua dilakukan sesuai aturan yang benar agar tidak ada persoalan dibelakang hari

  74. surat keterangan mau melakukan poligami diterbitkan oleh siapa??

    • sdri Niken@ jika hendak poligami harus ada ijin dari pengadilan agama, jadi ijin poligami diterbitkan oleh Pengadilan agama

  75. Maaf bpk saya mau Tanya bagaimanaa saya mau nikahhhh dg WNA diindonesia di Kua tp status dia sbagai PNS Dan Tanpa izin dr istri bisakah??????

    • Sdri Supariati@jika hendak menjadi istri kedua atau keberapa, salon suami harus punya ijin poligami dari pengadilan agama.

  76. as.wb….. Pak saya mau tanya saya punya kekasih yang mau saya nikahi… dia tinggal dgn pamannya,,, dan dia masih memiliki orang tua… tetapi di lampung nah si clon istri saya ini sudah memiliki akte atas nama pamanya,,n ktp pun sudah berasal dari daerah yg pamanya tinggali..umursaya sama sama 21 pak… kami ingin menikah … saya bingung dokumen apa saja yang harus di lengkapi pak…!!! n dia mau kalo resmi tetapi orang tuanya jgn sampai tahu dlu karna dia gak mau mengecewajan ortunya pak… tapi di sisi lain kami ber2 yakin dgn menikah kami bisa jauh lbih baik,,,dari pada kami harus berzina lebih baik kami menikah pak …trims,,,,!!!!!!!!!!!!!!

    • wa’alaikumussalam
      sdr Nicko@jika anda hendak menikah, disamping meminta persetujuan calon istri juga harus ada persetujuan dari orangtuanya(ayah dan ibunya) dan selagi masih ada ayahnya yang bisa dihubungi maka harus melalui persetujuannya, apalagi ia merupakan wali nikahnya, atau yang menikahkan anda dengan anaknya(calon istri), anda harus tahu bahwa tidak sah sebuah pernikahan jika tanpa walinya.masalah dokumen mudah asal mau datang ke kelurahan, kecamatan dan KUA. Dan jangan sampai terjadi perzinahan karena itu berarti anda telah gagal melindungi calon istri dari siksa api neraka, kalau sekarang aja gagal apalagi nanti kalau udah jadi suami.

  77. Mohon maaf minta pencerahannya,saya duda beranak 2 namun kk dipecah saya sendiri dngn 1 anak dan mantan istri dngn 1 anak.namun sampai skrng kk saya yg asli msh dikuasai mantan istri saya.berjlnnya waktu saya ketemu seorang wanita dan saya telah melakukan kesalhan fatal hingga wanita tersebut hamil dan sekarang sudah melahirkan kira” anak saya sdh 1thn.yang hendak saya tanyakan. 1. saya mau nikah resmi namun kk asli saya yg telah dipisah msh dibawa mantan istri saya.dan syarat untuk nikah apakah memakai kk asli saya?
    2.Apakah setelah nikah anak saya bisa dibuatkan akta kelahiran yg tertera saya sbgai ayah dan istri saya.atas jawabannya saya ucapkan trima kasih

    • sdr irwan adhi@ jika seorang duda karena perceraian maka ia harus menunjukkkan akta cerai adapun jika karena kematian istri maka menunjukkan surat kematian istri.tanpa kk anda masih bisa menikah namun harus bisa menunjukkan akta cerai, kk bisa menyusul. adapun status anak anda karena lahir diluar pernikahan maka akta kelahirannya biasanya atas nama ibu

  78. Assalamuu’alaikum,,, pak saya ingin menikah dgn wanita pilihan saya, dia tinggal di medan dan saya tinggal di medan,, kami rencana mau melangsungkan pernikahan di Banda Aceh jd kira2 apa saja persyaratannya pak??

  79. Assalamuu’alaikum,,, Maaf saya ralat lg pak,, Pak saya ingin menikah dgn wanita pilihan saya, dia tinggal di medan dan saya tinggal di Batam,, kami rencana mau melangsungkan pernikahan di Banda Aceh jd kira2 apa saja persyaratannya pak?

    • Sdr Abdurrahman@
      Wa’alaikum salam WR WB
      Anda bisa langsung urus berkas2 persyaratan nikah, datang aja ke kelurahan,kecamatan dan ke KUA (domisili sesuai KTP anda)jika sudah bawa berkas-berkas anda ke tempat calon istri lalu urus berkas-berkas persyaratan nikah milik istri anda dengan mendatangi kelurahan, kecamatan dan KUA (sesuai domisili KTP istri anda), dan kedua berkas anda dan calon istri anda akan diperiksa oleh kua (sesuai domisili KTP calon istri) dan kemudian oleh KUA , berkas-berkas anda dan calon istri akan ditambah surat numpang nikah lalu anda bawa ke KUA yang ada di Aceh(kua yang dituju)selesai dah

  80. Assalamuu’alaikum sy mau nanyakan apa sj yg harus sy persiapkan sy seorang duda dari makassar yg ingin sy nikahi seorang janda ( apa sj yg dia urus juga )asal kediri.apakah sy harus urus surat numpang nikah atau surat pindah.trimakasi sebelumnya pak

    • sdr irwan@ Apabila calon mempelai laki-laki dari luar daerah, membawa surat rekomendasi dari KUA tempat tinggalnya.kalau duda ataupun janda yang jelas harus ada akta cerai.dan syarat-syarat yang lainnya sama dengan jejaka atau perawan(didepan lengkap sudah dijelaskan).Surat numpang nikah diperuntukkan bagi wanita yang hendak menikah diluar domisilinya(sesuai KTP)

  81. Assalamu’ allaikum wr. Wb

    Saya seorang janda, sedanf mempersiapkan pernikahan di kua kecamatan saya. Semua persyaratan sudah saya penuhi bahkab surat bukti kematian ayah saya juga. saat saya ingin wali nikah saya dari wali hakim atau anak laki-laki dari saudara laki-laki ayah saya, kua menolak karena saya memiliki 2 orang kakak laki-laki yang harus jadi wali. Sudah saya jelaskan kalau kakak saya yg pertama tidak sholat, suka berlaku kasar, dan tidak sehat mental. Dan kakak ke 2 saya adalah seorang waria, namun pihak kua di kecamatan saya bersikeras dg wali kakak saya atau dg sidang di pengadilan agama. Lalu apa yang harus saya lakukan? Mohon informasi yang mungkin bisa membantu saya.

    Terima kasih
    wassalamu’ alaikum

    • medusajadigila@ mungkin perlu ditempuh
      (1) Memberi penegasan kembali bahwa wali itu diisyaratkan adil, maksudnya adalah tidak bermaksiat, tidak fasik, orang baik-baik, orang shaleh, orang yang tidak membiasakan diri berbuat munkar.13 Ada pendapat yang mengatakan bahwa adil diartikan dengan cerdas. Adapun yang dimaksud dengan cerdas disini adalah dapat atau mampu menggunakan akal pikirannya dengan sebaik-baiknya atau seadil-adilnya. Hal ini sesuai dengan sabda Nabi SAW:

      عن عمران بن حصين عن النبي ص.م. قال: لا نكاح إلا بولي وشاهدىعدل (رواه أحمد بن حنبل)١٤

      Artinya: “Dari Imran Ibn Husein dari Nabi SAW bersabda: “Tidak sah pernikahan kecuali dengan wali dan dua orang saksi yang adil”(HR.Ahmad Ibn Hambal).
      Berdasarkan hadits diatas, maka seseorang yang tidak cerdas dan tidak mampu berbuat adil tidak boleh dijadikan wali dalam pernikahan.
      Jika wali yang lebih berhak tidak ada, maka yang menggantikannya adalah wali yang lebih jauh dengan memperhatikan urutan wali nasab. Bila terjadi di luar ketentuan tersebut, maka wali nikah akan jatuh kepada wali yang lain, yaitu wali sultan atau hakim.
      (2) buat aja surat pernyataan diatas materai, bahwa wali aqrob ( 2 orang kakak laki-laki) tidak akan mempermasalahkan pernikahannya, memang kalau wali fasiqaqrob bisa pindah ke wali ab’ad….semoga manfaat.

  82. ass…
    pak saya mau tanya.
    apa bisa persyaratan menikah di KUA di tunda dulu?
    karena calon suami saya bukan asli daerah saya.

    • wa’alaikumus salam
      saudari Tria@yang terpenting anda daftar terlebih dahulu, adapun persyaratan yang belum lengkap, bisa menyusul, agar jarak pendaftaran dan pernikahan anda tidak kurang dari 10 hari kerja, sebab jika kurang dari 10 hari diharuskan melakukan permohonan dispensasi ke kecamatan setempat

  83. Pak,,saya mau tanya,
    saya rencana mau mendaftarkan pernikahan di jakarta tp asal saya dan calon saya dr luar jakarta,dan calon saya blm sah bercerai dr mantan istrinya karna masih dalam proses perceraian di pengadilan agama. tu syarat nya bagaimna ya pak ??

    Trimakasih

    • sdri Uchie@ Yang jelas calon suami anda harus menyertakan akta cerai, jadi menunggu selesainya proses perceraiannya, dan jika belum berKTP Jakarta maka harus mengurus berkas2 di wilayah desa, kecamatan, Kua, diwilayah asal(sesuai KTP) dan ada surat numpang nikah (dari Kua asal) ke kua yang dituju (di jakarta), semoga manfaat

  84. asllmkm…
    Sy mau brtanya.
    Saya ingin menikah,tetapi sya blm mempunyai akte kelahiran.
    Apakah sya ttap bsa menikah,tanpa akta kelahiran?
    Mohon pnjelasannya,trima kasih.

    • Wa’alaikum salam wr wb
      Saudari aisyah@ tanpa akta kelahiran anda tetap bisa menikah (dengan melihat identitas yang lainnya)Karena pada dasarnya KTP, KK, Ijazah, maupun Akte Kelahiran hanya syarat pendukung (sekunder) saja agar data dr calon pengantin benar2 valid. syarat pokoknya yaitu blangko N1, N2 dst yg ada di KUA (ato P3N desa) setempat, namun demikian agar terjadinya tertib administrasi dan menyesuaikan dengan perda(peraturan daerah) ataupun perbup(peraturan bupati) dan juga kehati-hatian dari pemalsuan identitas dan penyimpangan yang lain, maka seyogyanya itu dilengkapi.

  85. Assalammualaikum Wr.Wb

    10 tahun yang lalu saya menikahi janda cerai dengan 1 orang putri. Kami (saya, istri beserta putrinya) tinggal dan ber-KTP/KK di Jakarta. Adapun ayah kandungnya tinggal dan ber-KTP di Surabaya.
    Kini putri tiri saya hendak menikah dengan pria dari Jawa Tengah dan lokasi pernikahan di kediaman calon pria di Jawa Tengah. Sesuai hukum nikah ayah kandungnyalah yang kelak akan menjadi wali nikah. Ringkasnya calon istri Jakarta, calon suami Jawa Tengah (lokasi pernikahan), wali nikah Surabaya. Saya sudah selesai mengurus surat numpang nikah dari Jakarta untuk ke Jawa Tengah. Yang menjadi pertanyaan saya adalah Apakah ayah kandung (wali nikah) perlu mengurus surat rekomendasi wali atau surat keterangan wali atau apapun namanya dari domisilinya (surabaya)? Bila ya apa nama surat tersebut dan dimana harus mengurusnya? jawaban/penjelasan dari Bapak sangat saya harapkan. Terimakasih.

    • Wa’alaikumus salam wr wb
      Sdr Tri Masnanto@ (pasal 103 KHI ayat 1: asal-usul anak hanya dapat dibuktikan dengan akta kelahiran) jika ada akta kelahiran putri tiri anda yang menyatakan siapa ayah kandungnya maka itu sudah terjawab dan itu bisa diisikan di N1 blangko surat keterangan untuk nikah, N2 blangko surat keterangan asal usul, N4 Blangko surat keterangan tentang orang tua, adapun bagi wali kandungnya ada surat keterangan dari desa setempat(surabaya), yang menyatakan ia penduduk desa tersebut dan merupakan wali dari putrinya tersebut.

  86. Assalamualaikum wr. wb pak, saya mau nanya, saya mau menikah di kampung halaman saya, sedangkan saya KTPnya Bekasi bukan KTP kampung halaman saya, tapi keluarga besar saya semuanya di kampung, apa saya harus mengajukan surat numpang nikah apa ga ya pak? Makasih.

    • Sdri Rusmini andiani@ wa’alaikumussalam Wr wb.Betul sekali, anda harus mengurus surat-surat anda di wilayah bekasi dan juga surat numpang nikah ke wilayah kampung halaman sdri.moga manfaat.

  87. saya dulu tinggal dikota padang.dan beristri dg orang padang.karena alasan pekerjaan saya pindah kekota pekan baru dan istri tetap di kota padang. Istri menuntut cerai namun tidak saya penuhi. sekarang istri sudah menikah lagi dg seorang pemuda non muslim tanpa ada surat cerai. Dia nikah digereja dan ikut masuk ke agama kristen tanpa wali orang tuanya karena orang tua istri juga gak setuju kalau cerai dg saya. Yang saya tanyakan gimana syarat2 yg perlu diurus jika saya akan menikah lagi. KTP status kawin,sementara saya duda.surat Nikah & kk yg dulu dibawa istri semua dan keberadaan tdk diketahui. Rencana saya akan bikin KK & KTP pekan baru apa yg perlu saya robah dan yg perlu dimasukkan datanya,supaya dikemudian hari ketika saya akan menikah lagi tidak rumit. Mohon pencerahannya

    • sdr Anggar@jika istri anda belum gugat cerai, berarti statusnya masih istri anda dan jika anda menhendaki merubah status kawin anda, anda bisa ke Pengadilan agama, untuk menceraikan istri anda adapun akta nikah yang hilang , anda bisa minta duplikatnya ke kua dimana dulu anda menikah, ini untuk proses cerai dan setelah perceraian anda dikabulkan pengadilan agama, anda bisa merubah status KK + KTP anda dengan status duda, sehingga sewaktu akan menikah lagi, bisa lancar.Namun jika anda tidak akan melakukan perceraian, dan menikah lagi berarti anda poligami, itu juga butuh ijin di Pengadilan agama.moga manfaat

  88. maaf pak numpang tanya, apakah utk nikah perlu fotokopi ijazah terakhir dan harus dilegalisir? soalnya tempat sekolah saya jauh dgn tempat tinggal saya, kalo harus legalisir harus bolak-balik. terima kasih

    • sdri Rumi@ijazah tidak harus, namun jika dilampirkan lebih baik bisa sebagai pengganti jika akta kelahiran tidak ada, juga bisa dilihat pendidikan yg pernah dicapai.semoga manfaat.

  89. assalamualaikum, saya sudah menjanda selama 9 tahun namun baru mengurus surat cerai saat ini, apakah saya bisa menikah tanpa menunggu masa iddah jika keputusan pengadilan sdh ada ? sebab mantan suami sudah menikah 9 tahun lalu tanpa perlu menggunakan surat cerai, tks

    • wa’alaikum salam, sdr Yt, tidak bisa dong, anda harus menunggu masa iddah.sebagaimana dalam peraturan pemerintah RI no 9 th 1975 tentang pelaksanaan uu no 1 th 1974 bab VII pasal 39, a) putus karena kematian, masa tunggu 130 hari b)putus karena perceraian , masa tunggu 90 hari c)apabila dalam keadaan hamil, masa tunggu sampai melahirkan
      dan tidak ada masa tunggu bagi pasangan yg cerai tapi belum sempat berhubungan kelamin.dan masa tunggu dihitung sejak jatuhnya putusan pengadilan ini bila cerai hidup, cerai mati sejak kematian suami.moga manfaat

  90. assalamuallaikum wr wb.
    Pak saya mau tanya, cerai mati kalau mau nikah lagi apa harus memiliki akte cerai. Terima kasih.

    • mas supri@ untuk cerai mati, cukup surat kematian dong.

  91. ㅁAssalmualaikum

    • sdri Niakurniawati27@wa’alaikumus salam warahmatullohi wabarakatuhu

  92. Pak saya mau bertanya..saya berrencana mau menikah tahun depan masalah saya begini saya orang kendal dan pacar saya orang medan tapi masalah ya dia sidah phnya istri dan punya anak2 tapi merekagak bisa cerai karena meereka gak punya surat nikah dan mereka kriten tapi yang jadi masalah ya gini pak sedangkan dia di dikampung ya belom ada ktp setatus meninkah karena mereka tigaal di batam dan saya beragama islam pak misal ya jika Pacar saya bikin KTP beragama islam dulu dikampung ya lalau kita mereamikan ya di kampung saya apa kah itu bisa. Tau dia harus diresmikan dulu pak kita salkng mencintai. Dia dulu kenap bisa brsama istri ya hanya da rasa tanggung jawab saja pak

  93. Yang jadi masalah ya begini pak kami sedang merantau saya di singgapure dan dia di korea krena pulang ya duluan dia jadi saya suruh dia buat persiapkan srat2 ya dan saya pun sedang bikin akte kelaahiran.
    Pak apa saja ang diperlukan dari pihak lakj2 karena walaupun dia sudah pernah rumah tangga. Dan jika memang allah mersertui hubungan kami. Ini pin menjadi pernikan yang pertama buat dia dan masalah anak2 ya saya siaap menjadi ibu yang bisa dicamtupkan di akte meraka nanti apakah bisa begitu pak mohon jawaban ya

    • sdri nia kurniawati@ jika calon suami beda agama dan sudah punya istri maka pernikahan tidak bisa dilaksanakan, lain lagi ceritanya jika kemudian calon suami cerai dengan istrinya, dan masuk islam, jelas ktp bisa diperbaharui di kelurahan dan kecamatan maka untuk mendaftar pernikahan harus ada bukti perceraian atau akta cerai, dan jika dulu pernikahannya tidak resmi maka tidak perlu lagi akta perceraian.namun jika dulu nikahnya resmi maka harus ada akta cerai dari pengadilan .Syarat-syarat pernikahan gampang kok tinggal ke kelurahan dan kecamatan maupun KUA setempat dan ke kua domisili calon isteri.dan masalah akta kelahiran anak-anak jelas ikut orangtuanya, jika dulu pernikahannya dicatatkan di catatan sipil karena non muslim maka jelas atas nama ayah dan ibunya, namun jika tidak resmi atau tidak dicatatkan di catatan sipil jelas bisa dicatatkan sebagai anak ibunya, adapun jika kemudian akan diadopsi oleh anda dan suami anda maka bisa diurus di pengadilan, untuk proses adopsi anak.
      Yang paling penting pernikahan tersebut terpenuhi syarat dan rukunnya, juga betul-betul untuk mencapai mahligai permikahan yang sakinah mawaddah wa rahmah.moga manfaat

  94. Amin makasih ya. Pak

  95. assalamuallaikum…
    Jika surat kematian terselip atau hilang apa yang harus dilakukan?
    Apa ga ckp dngan ktp saja, ktp jg status cerai mati.

    • wa’alaikum salam wr wb
      sdr Supri@ di kelurahan atau p3n bisa juga di kua, ada nama blangko yaitu N6, yang bisa diisi terkait identitas pasangannya yang telah meninggal, jika sudah diisi lengkap lalu ditandangani pihak pemerintah kelurahan/desa, selesailah sudah, itu merupakan pengganti surat kematian.adapun ktp disitu kan nggak tertulis identitas pasangannya yang telah meninggal, dengan adanya identitas yg jelas, untuk memudahkan pengecekan data calon pengantin, sehingga mudah dilacak jika ada pemalsuan identitas apapun.

  96. saya sekarang berdomisilai di jakarta,bagaimana syarat dan ketentuan untuk membuat akta nikah di jakarta jika hilang?karena akte nikah saya yang dahulu di keluyarkan di daerah/di kampung.

    • sdr jhonpan@ jika kutipan/surat akta nikah anda hilang, ya datang aja ke KUA, dimana dulu anda mendapatkan kutipan/surat akta nikah tersebut, (di kua ada akta nikah yang diarsip rapi yang tidak boleh dibawa kemana-mana), anda bisa minta untuk dibikinkan duplikatnya sebagai pengganti kutipan/surat akta nikah yang hilang, tentunya dengan membawa surat kehilangan dari pihak kepolisian dan juga surat pengantar dari kelurahan saudara sesuai KTP.semoga manfaat.

  97. assalamuallaikum….
    sya mau tanya
    saya calon suami sudah lebih dari 21 tahun dan calon isteri belum genap berusia 21 tahun.
    apakah saya juga harus mintak surat ijin
    apa hanya calon istri saya saja yang harus ada ijin dari orang tua atau wali nikah ?

    • sdr uzimaki syaifin@ karena yg kurang calon istri, ya cukup calon istri aja

  98. ass.langsung saja saya mau nanya , sekarang saya mualaf mau buat KTP baru dan rencana nya tahun ini saya menikah.apakah KK juga dirubah?
    terima kasih mohon dijawab segera.
    wss.

    • Sdri Ika@ sebaiknya kk dirubah agar menjadi data pendukung bagi KUA akan status agama anda

  99. ass.wr.wb..pak sy mau nkh dgn org yg statusx gadis tp, punya anak di luar nikah..bgmana statusx nanti pd buku nikah klu kondisix spti itu? Minta pnjlsnx pak?

    • sdr Satar@ statusnya di akta nikah perawan

  100. assalamuallaikum…
    saya mau tanya sya mau nikah karna pacar saya hamil
    diluar nikah tapi keluarga sya tak setuju
    pertanyaan saya apakah saya harus menikahi pacar saya dan saya gak ad wali nya ato gimana tolong kasih penjelasan /?

    • Sdr Junaedi@ yang harus ada wali itu mempelai perempuan, bukan laki-laki

  101. maaf pak…say ingin bertnya, sya berencana untuk menikah..sya sudah mualaf sudah da sertifikat nya jga..tp belum ngrus KTP..apakah KK juga HARUS dirubah soal nya kluarga say belum tau sya mualaf..kluarga cuma mengetahui bhwa sy serius dgn calon sya..sya tdk berani klo hruz menanyakan KK dan mengganti ny…

    • ya,ktp dan kk harus diubah,karna berhubungan dengan nama dalam kartu keluarga

  102. assalamuallaikum wr wb.
    Pak saya mau tanya.
    Temen saya mau cerai, yang ingin saya tanyakan apakah perceraian harus dilakukan dikota tempat dulu melakukan akad nikah.
    Bisakah jika dilakukan di kota lain, masalahnya temen saya itu perantau.
    Atas jawabannya terimakasih.

    • Sdr Supri@perceraian di pengadilan agama sesuai ktpnya, karena biasanya ada surat pengantar dari desa

  103. Ass mualaikum. Pak mau nanya minikah itu harus wajib bisa baca al quran tidak ya?. Sedangkan saya bacanya masih kurang lancar. terimakasih.

    • sdri Dwi@ untuk menikah tidak wajib bisa baca al-Qur’an

      • Pak bukannya ada daearh ada kabupaten yang nerappin nikah itu wajib bisa baca alquran. tks

  104. Ass..wr.wb..pak, sy mw tny, ini ada tmn sy muslim menikah sm laki2 non muslim, pada saat mw urus pernikahan, keluarga tmn sy menyuruh si laki2 mengganti nama mnjdi nama muslim (misalx namax matheus alexander diganti namax mnjdi abdul muhammad) sehingga nama dlm akte nikah dn ktp sdh berubah dr aslix. Yg jd prtnyaan sy apakah itu bisa? Mohon pnjlasanx pak. Trims

    • sdri nitha@biasanya kua mencatat nama-nama untuk diisikan di akta nikah dengan melihat penjelasan dan juga ktp maupun akta kelahiran, sehingga apabila ada perubahan nama, maka perubahan dimulai dari perubahan nama di akta kelahiran dan di KTP bisa dilakukan di dinas kependudukan dan catatan sipil setelah ada penetapan di pengadilan negeri.

  105. Aslmkm bpk,.
    Sy mw tny klo nkh bda pulao/prov syrt” yg dr pihak pria ap ja?hruskah da SKCK?
    Jazakumullh. Khoin jaza

  106. Aslmkm bpk..
    Sy mw tny klo nikah beda pulau/prov syrt dr pihak pria ap ja?hrus da SKCK jg?pa kh btul disertakn jg fc bku nikh ortu?
    Mksh bnyk pak jwbny.jazakumulloh khoiron jaza

    • wa’alaikum salam@ sdri Yeti silakan anda baca syarat-syarat pendaftaran didepan sudah ditulis,Selama masih di Indonesia syaratnya sama, tidak perlu skck

  107. Aslmkum…

    • sdri Yeti@ wa’alaikumus salam wr wb

  108. Assalamu Alaikum Wr Wb
    Pak, saudara saya sdh menikah selama 9 tahun. Sampai saat ini istrinya belum bisa melahirkan keturunan sementara usianya saya semakin tua, Dia ingin menikah lagi tanpa menceraikan istrinya. Hanya saja si istri tidak akan mau memberi izin karena dia tidak mau dimadu. Apa syarat-syarat menikah lagi? Apakah saudara saya bisa menikah lagi tanpa izin istrinya? .

    • Sdr Rahman@syarat2 nikahnya sama dengan pernikahan anda sebelumnya hanya ditambah dengan surat ijin poligami di Pengadilan agama.

  109. ass,pak,,,,sya prnh nkh,,sya udh 2th pisah,trus ktmu lh dg kekasih sy skrg,,,bru be2rp buln in sy ngurus perceraian,
    dan buln 6 bru sidang k 2,,,krn sya khilaf ,,,pcr sy hmil,,rencna sy mw nkhin pcr sya akhir buln 6,,,,,trus ortu ny ga trima ank ny d nkh kn bwah tangan,,,terkecuali mslh udh slsai,,,,,

    jd yg mw sy tny kn,,,apkh bsa sidang k2 lgsung keputusan yg trakhir,,,kl emg sidang lnjut yg k3 apkh ad sidang pda buln 7,,,bulan puasa,,,,

    • sdr Eko@ biasanya sidang perceraian itu cepet jika tidak ada masalah, 2 atau 3 kali sidang udah putus, kalau ada masalah memang jadi lama, karena hakim berusaha melakukan mediasi, mungkin poligami, ijinnya akan lebih cepat daripada perceraian.

  110. Assalammualaikum wr.wb. Pak bukan ada daerah yang nerappin nikah harus bisa baca al quran. tks.

    • wa’alaikum salam wr wb
      sdr Dwi@kalau memang ada daerah yang nerapin kaya gitu, namun saya tidak mendapatkan dasar dari al-Qur’an atau hadits yang memerintahkan tentang wajibnya bisa al_Qur’an

  111. Assalamualaikum,
    Pak saya mau bertanya, saya mau menikah tp calon suami saya prnh menikah sebelumnya & data2 dibuku nikahnya tdk sesuai dgn kenyataannya seperti wali nikah yg tdk ayah istrinya & jg tdk ada wali hakim berdasarkan keputusan PA, apakah pernikahannya sah pak? Apakah buku nikahnya itu bisa dikatakan palsu?
    Mereka sudah cerai secara agama. Mereka sudah pisah 3 tahun yg lalu & istrinya terdahulu sudah menikah lg sejak mereka pisah & tdk tau dmn keberadaannya sampe sekarang. Lalu bagaimana dgn statusnya di KTP yg dulu kawin skrg krn kami mau menikah apakah harus buat KTP bru lg pak dan statusnya apa pak? Slain itu KK nya dibawa mantan istrinya pak, lalu bagaimana jg dgn KK nya pak? Apa saja surat yg hrs kami persiapkan pak utk menikah dalam keadaan demikian? Terima kasih sebelumnya pak….

    • wa’alaikumussalam\sdri Icha
      Jika dulu pernah secara resmi pasti ada surat nikahnya, dan jika itu palsu, bisa dicek ke kua, karena ada nomor serinya dan tanda khususnya.Dan jika nikahnya resmi maka proses cerainya di PA, dan ada akta cerainya, maka status calon suami ya duda cerai.KTP dan KK demikian juga.kalau menikah ya gampang aja datang ke kelurahan atau P3N dan penuhi berkas2nya dan bawa ke kua,di depan sudah tertulis jelas syarat2nya.

  112. Assalamualaikum,…
    Bpk saya mau ty krn lg bingung,dulu sy bercerai wkt sy kerja di honkong.trs sy menikah siri dan sysdg hamil.nah kami mau meresmikan pernikahan kami.yg buat sy bingung sy blm ada ktp,kk.tp sy mau mengurus surat pindah tempat ke tempat suami saya.nah yg sy tykan apa syaratnya.krn sy blm py ktp,kk.
    Makasih wassalam…

    • sdri /wa’alaikumus salam
      nggak ada KTP dan KK, ya ke kelurahan atau ke RT/RW minta pengantar terus ke kecamatan, dan jika mo pindah ya ke dukcapil

  113. maaf pak…saya mau taya…berhubung ktp skrg lambt jadinya bolehkan mrnikah tanpa mempunyai ktp pak…pake pasport misalnya.sekian trimakasih

    • sdri Wiwik wulandari@ boleh, karena syarat pokok pendaftaran nikah adalah mengisi blangko N1-N7 adapun KTP merupakan syarat pendukung, jadi jika ada pendukung lainnya seperti ijazah atau akta kelahiran atau pasport nggak masalah

  114. Hallo pak,
    saya mau tanya, saya wanita katolik dan calon suami saya islam, kami juga beda propinsi juga beda KTP, CPP KTPnya di cepu-jawa timur, sedangkan saya di Kupang-NTT, kami ingin melangsungkan pernikahan di tempat yang berbeda, di Jombang-JaTim, nah, kira” apa prosedurnya spy kami bisa melangsungkan pernikahan ini yang mungkin akan di laksanakan 20 juni nanti, apakah itu waktu yang cukup pak untuk mengurus semuanya?
    karena saya bingung, juga wali saya adalah Om saya yang berdomisili di Surabaya.
    terima kasih atas balasannya.

    • SDRI VERONIKA@KUA hanya menerima pernikahan pasangan yang beragama Islam, dan prosesnya juga mudah, berkas2pernikahan dibawa ke kua setempat dan jika hendak menikah di tempat lain, maka dilampiri surat pengantar dari kua untuk numpang nikah ditempat lain(kua wilayah lain) dan jika beda agama biasanya nikah di negara yang membolehkan beda agama dan sepulangnya ke indonesia segera dicatatkan ke dinas kependudukan dan catatan sipil setempat

  115. maaf pak, kembali lagi,
    kalau misalnya saya menjadi mualaf, apakah beda cerita lagi kah pak?
    dua”nya kan udah sama tuh.

    • sdr Veronika@kalau seagama jelas gampang, urus surat2 ke kelurahan mulai ganti status agama di KTP (jika belum diubah)dan isi blangko2 pernikahan terus bawa ke KUA setempat dibawa juga (berkas syarat pernikahan milik calon suami dari kua daerah asalnya) dan oleh KUA daerah anda akan diberi pengantar menuju kua daerah yang dituju , sehingga akad nikah bisa dilaksanakan (tidak membutuhkan waktu yang lama jika segera diurus).

  116. Assalamualaikum Pak,
    Saya mau bertanya. Saya berKTP Tulungagung, dan calon suami berKTP Bandung. Sedangkan saat ini keluarga saya sudah berdomisili di Sidoarjo, dan saya belum berganti KTP. Permasalahannya, pernikahan kami akan dilakukan di Sidoarjo, apakah bisa? Dan apa saja syaratnya? Apakah saya harus membuat KTP Sidoarjo?
    Mohon jawabannya, terimakasih sebelumnya.
    Wassalamualaikum

    • Sdri Ayu
      Wa’alaikumus salam
      Calon suami anda bawa2 berkas persyaratan nikah ke KUA di Bandung terus (oleh Kua)diberi pengantar ke kua di Tulungagung dan digabung dengan berkas2 milik anda dan setelah diperiksa oleh KUA di Tulunggagung terus (oleh kua) di lampiri surat pengantar numpang nikah ke KUA di Sukoharjo, jadi anda berdua menikah dihadapan pegawai KUA di Sidoharjo, tidak peru ganti KTP dulu, semoga manfaat

  117. Asslamu’alaikum
    Saya mau tny kalau akan menikah tp p0sisinya wanitanya hamil apakah bisa?Kalo bisa syaratnya ap saja?

    • wa’alaikumus salam
      sdr Heppy@ bisa dong, syaratnya sama dengan pengantin biasa/yang tidak hamil, tapi menikahnya dengan pria yang telah menghamili, demikian aturan uu pernikahan no 1 th 1974 dan kompilasi hukum islam

  118. Assalamualaikum Pak,
    Saya mau bertanya, saya seorang muslim yang pernah menikah siri dengan teman kantor seorang WNA , tapi sudah hampir 10 tahun saya anggap kita sudah bercerai karena tidak ada kabar beritanya (tidak memberikan nafkah lahir & batin). sekarang saya sudah mengurus semua surat-surat yg saya anggap perlu, akte kelahiran anak saya dengan hanya mencantumkan nama saya (ibu), kartu keluarga dengan menyatakan saya (ibu) sebagai kepala rumah tangga, tapi ktp saya masih status menikah – hal ini yg masih membuat saya bingung, apabila saya buat ktp baru – status apa yg harus dicantumkan janda/tidak menikah? dan msh bisakah nanti kalau minta diganti karna menjelang sosialisai E-ktp. Mohon penjelasannya dan pencerahannya, apakah yg saya lakukan sudah betul, apa lagi yg harus saya urus karena saya berniat menjalankan ibadah haji, tapi saya takut syarat2nya tidak memenuhi. terimakasih sebelumnya.
    Wassalamualaikum..

    • wa’alaikumus salam
      sdri Titin@ karena pernikahannya nggak resmi, maka ktp dan kk seharusnya mengikutinya, dengan status tidak menikah, dan tidak ada halangan untuk memperbaharui dan memperbaiki data ktp dan kk karena dijamin undang-undang

  119. Assalamu’alaikum pak..saya mau tanya..calon suami saya sdh cerai talak 3 secara agama hampir 2 thn, dia tidak bisa cerai resmi krn ex istrinya kabur sblm dicerai secara resmi, dan akte nikah dibawa ex istrinya. Calon suami coba mendatangi KUA namun ternyata di KUA tidak ditemukan arsip pernikahannya shg dia tidak bisa minta duplikat akte nikah, pdhl dulu dia nikah secara resmi (mendptkan akte nikah), dgn penghulu yg saat itu dibawa oleh keluarga istrinya.

    Yang ingin saya tanyakan, bagaimana jika dia ingin menikahi saya, krn akta nikah tidak ada, dan arsip di KUA jg tidak ditemukan, sehingga dia tidak bisa mengurus perceraian resminya..sdgkan di KTP dia masih tertulis status Kawin dan di KK nya jg masih tercantum nama ex istrinya..Nanti kalau dia menikahi saya, apakah saya bisa menikah secara resmi dgn dia..ataukah harus nikah agama terlebih dahulu, baru setelah itu mengurus surat resmi..dan bagaimana cara mengubah status di KTP menjadi duda cerai dan menghapus nama ex istri di KK dan menggantikannya dgn nama saya krn kendalanya dia tidak bisa mengurus surat cerai krn akta nikah tidak ada dan arsip di KUA jg tidak ditemukan, mohon penjelasannya, terimakasih utk jawabannya.

    • wa’alaikumussalam
      sdri Mawar@ semestinya jika pernah nikah resmi, maka data-data pernikahannya tercatat di KUA, dimana dulu mendaftarkan diri, para calon pengantin juga diperiksa, tidak sekedar berkas2 suratnya doang, bahkan di banyak kua masih bisa ditemukan untuk arsip-arsip th 1930-an, 1940-an, bahkan di desa juga masih bisa ditemukan beberapa register pernikahan yang sudah lama. jadi jika resmi dipastikan ada arsipnya, dan untuk mencarinya dibutuhkan kesabaran, apalagi jika tidak tahu hari maupun tanggal pelaksanaannya, dan jika tidak ditemukan, dipastikan nikahnya nggak resmi, maka untuk menikah nggak ada halangan, karena isteri udah dicerai, masalah kk maupun ktp datang aja ke desa atau dukcapil untuk merubah identitasnya dengan alasan nggak resmi dulu nikahnya

  120. assalmualikum pak..saya mau tanya..saya akan menikah dengan orang surabaya trus saya tinggal di bandung dan surat2 syrat nikah dah di kirim kesana..trus kata pihak KUA sana pas waktu raf’a saya harus hadir..bukannya harus hadir itu pas akad nikahnya? soalnya saya ga bisa pulang pergi ke sana di karenakan ada kerjaan yg ga bisa di tinggalin..mohon balasannya pak…terimakasih

    • wa’alaikumus salam
      Sdr. Asep Suherman@ Amanat UU Perkawinan No 1 tahun 1974 pasal 6 dan 7, menjelaskan bahwa setelah ada pemberitahuan kelengkapan surat-surat syarat-syarat nikah, maka petugas melakukan penelitian apakah ada halangan pernikahan atau tidak, jadi kehadiran saudara dalam rangka penelitian tersebut,mencocokkan data dengan calon mempelai dan dari hasil penelitian tersebut, lalu diberitahukan kepada mempelai atau keluarga dan jika tidak ada halangan, lalu diumumkan ke kalayak ramai, dipasang di papan pengumuman KUA selama sepuluh hari, dan setelah itu pernikahan baru bisa dilaksanakan.maklum banyak orang yang buta hukum pernikahan dan juga sering melakukan penipuan data, maka petugas harus hati-hati.

  121. assalmualikum pak
    Pa saya mau nanya insya allah habis lebaran saya mau melangsukan pernikahan,
    yang jadi pertanyaan, saya maupun calon istri saya belum memiliki akte lahir,
    saya mau mengurus akte lahir sangat kesulitan karena orang tua saya sudah bercerai sejak saya berumur 6 tahu, sedangakan waktu yang tersisa tinggal 1 bulan, bagai mana solusinya… mohon pencerahan

    • Wa’alaikumussalam
      Sdr Genkboys@
      Aturan di KUA (sesuai Peraturan menteri agama)

      Tanpa akta kelahiran anda tetap bisa menikah (dengan melihat identitas yang lainnya)Karena pada dasarnya KTP, KK, Ijazah, maupun Akte Kelahiran hanya syarat pendukung (sekunder) saja agar data dr calon pengantin benar2 valid. syarat pokoknya yaitu blangko N1, N2 dst yg ada di KUA (ato P3N desa) setempat,
      Beberapa daerah memberlakukan akta kelahiran secara ketat karena mengikuti aturan uu kependudukan, demikian juga agar terjadinya tertib administrasi dan menyesuaikan dengan perda(peraturan daerah) ataupun perbup(peraturan bupati) dan juga kehati-hatian dari pemalsuan identitas dan penyimpangan yang lain.akta kelahiran bisa menyusul, jika nanti sudah punya

  122. assalmualikum pak
    saya mau nanya, apakah syarat untuk nikah di KUA harus mutlak ada akte lahir, saya dan calon istrisaya tidak memiliki akte lahir, saya sangat kesulitan untuk membuat akte, karena ibu bapak saya sudah bercerai sejak saya berumur 5 th, sedangkan waktu saya ke pernikahan tersisa 1 bulan lagi, mohon pencerahanya.

    • Wa’alaikumussalam
      Sdr Genkboys@
      Aturan di KUA (sesuai Peraturan menteri agama)

      Tanpa akta kelahiran anda tetap bisa menikah (dengan melihat identitas yang lainnya)Karena pada dasarnya KTP, KK, Ijazah, maupun Akte Kelahiran hanya syarat pendukung (sekunder) saja agar data dr calon pengantin benar2 valid. syarat pokoknya yaitu blangko N1, N2 dst yg ada di KUA (ato P3N desa) setempat,
      Beberapa daerah memberlakukan akta kelahiran secara ketat karena mengikuti aturan uu kependudukan, demikian juga agar terjadinya tertib administrasi dan menyesuaikan dengan perda(peraturan daerah) ataupun perbup(peraturan bupati) dan juga kehati-hatian dari pemalsuan identitas dan penyimpangan yang lain.akta kelahiran bisa menyusul, jika nanti sudah punya

  123. Assalamualaikum Wr Wb

    Pak saya mau nanya..rencana dekat ini saya mau menikah dengan seorang janda anak satu sudah cerai tapi surat cerai nya dbwa oleh mantan suami nya dan blm dtanda tangan mohon solusi nya..terima kasih

    • sdr Hilman@surat cerai nggak ada,bisa cari duplikatnya di Pengadilan agama dimana dulu terjadi perceraian, atau menemui aja mantan suami dengan baik-baik, karena tuntunan agama mengajarkan bertemu dengan baik dan berpisah juga dengan cara yang baik.

  124. Surat akte cerai yg asli diambil ya oleh pihak KUA??? dan kita hanya punya foto copian saja?

    • sdr Riyanmio@ akta cerai asli, bukan foto copy dengan menikah maka berakhir masa berlakunya dan mendapat produk hukum baru yaitu akta nikah.

  125. Ass. Wb.
    Saya mw tanya apakah betul jika kita mendaftar nikah itu surat akte cerai yg ASLI itu diambil oleh pihak KUA dan kita hanya pegang foto copian nya saja?
    Apakah kuat di nilai hukum nya jika kita hanya pegang foto copian nya saja?
    Terima Kasih…

    • Wa’alaikumus salam
      Sdr Riyanmio@ akte cerai diserahkan ke KUA sebagai syarat untuk menikah bagi jandacerai maupun duda cerai, dan setelah menikah otomotis memperoleh akta nikah, akta cerai sudah tidak berlaku lagi karena statusnya sudah menikah, bukan duda cerai atau janda cerai lagi, kalau tidak diserahkan ke kua, berbahaya dong mas, karena bisa untuk mendaftar nikah di kua yang lain, fotocopi juga nggak laku karena sudah status menikah, bukan janda atau duda cerai.

  126. Assalamualaikum…

    Pak mohon bantu solusinya. Saya Ingin menikah Insya Allah dalam waktu dekat (di awal bulan September 2013). Saya akan mengurus surat numpang Nikah krn pernikahan akan dilaksanakan di CPW diluar Jakarta (KTP Saya Jakarta). Nah salah satu syarat mengurus surat numpang nikah kan ada lampiran fotokopi KK, Yang ingin saya tanyakan apakah bisa pak mengurus surat numpang nikah dengan lampiran fotokopi KK yang lama (ada foto kepala keluarga) selain itu KK lama yg asli juga hilang. Mohon bantu solusinya pak mengingat waktu pernikahan yg sudah sangat dekat & bila selesai acara pernikahan, saya akan mengurus KK yg terbaru….

    Terima kasih banyak sebelumnya… Jazakullah khairan….

    • Wa’alaikumus salam wr wb
      sdri Hetri@jawabnya bisa dong, Kartu keluarga merupakan syarat penunjang bukan syarat pokok jadi Langkah anda dimaklumi.

  127. Assalamualaikum Bapak,
    Saya mohon bantuan Bapak untuk diberikan saya nombor talipon Kantor Nikah Kua Nongsa kerna pada 2hb Julai 2013,itu hari,saya bernikah dengan gadis disana dan semuanya selesai dengan tenang dan mudah tanpa apa2 halangan serta kami.
    Setelah selesai pernikahan itu kami diberikan buku nikah suami dan isteri.
    Setelah itu saya membawa pulang Isteri saya ketanah air saya iaitu MALAYSIA,sesampai diMALAYSIA saya mahu mendaftarkan Nikah saya tetapi masalahnya ialah diPejabat Agama ditempat saya amat memerlukan AKTA NIKAH (Model N) untuk rujukkan serta proses pendaftaran nikah saya disini.
    Saya mohon jasa baik Bapak agar membantu saya dalam pencarian saya nombor Talipon serta nombor Fax Kantor Nikah Kua Nongsa diBATAM.
    Dengan rendah diri sekali lagi saya mohon bantuan Bapak disana kerna sekira saya mahu ke Batam biayanya sahaja saya perlu kumpul berbulan2 kerna pekerjaan saya tidak tetap.Mohon Bapak pertimbangkanluahan saya ini.
    Wassalam..

    • Wa’alaikumus salam
      Sdr Shahrizan Mohd sani@ No HP kepala KUA Nongsa 081365513291

  128. Assalammialaikum….
    Pak..bagaimana menguru surat nikah bagi anak zina..tetapi orangtua biologisnya menikah dan terdaftar secara hukum. .Anak tersebut terdaftar sebagai anak kandung dari ayah biologis dalam akta kelahiran.Dan siapa yang menjadi wali nikah dan anak tersebut binti siapa dalam lafaz ijab kabul pak?Mohon jawabannya pak…

    • Wa’alaikumus salam wr wb
      sdri Kallista AZa@ istilah anak zina perlu direvisi, karena semua anak lahir dalam keadaan suci dan yang berdosa adalah kedua orangtuanya.Dalam kompilasi hukum islam, jika ada mempelai /pengantin perempuan yang hamil maka hanya boleh dinikahkan dengan laki-laki yang menghamili, maka otomatis jika kemudian anak tersebut lahir maka statusnya anak yang sah dari kedua orangtuanya, dan walinya ya ayah biologisnya tersebut.Dan kompilasi hukum islam merupakan produk hukum fiqih ala indonesia setelah dilakukan istimbat hukum oleh para ulama dari banyak pesantren dan akademisi banyak perguruan tinggi di indonesia kala itu.Walaupun dilapangan masih ada praktek ayah biologis menyerahkan kewaliannnya ke wali hakim, karena mengikuti madzhab fiqih tertentu.

  129. assalamualaikum pak.
    mau nanya, 1. apa saja syarat pokok, sekunder yg hrs terpenuhi untuk dapatnya terbit buku nikah dari KUA, sehingga buku nikah tsb dpt dianggap sah. (calon suami tni).
    2. Apakah buku nikah sah menurut UU atau peraturan lainnya apabila tempat pelaks nikah berbeda dgn tempat diterbitkannya buku nikah tsb ? Apakah merupakan penyimpangan.
    3. Apakah buku nikah yg terbit tsb sesuai point 2 sah menurut hukum, apbila tdk kepihak yg berwenang mana dilaporkan ?
    4. Bagaimana status kedua pasangan tsb apabila terjadi demikian ? dptkah salah satu pasangan mengajukan perceraian, kemana ?
    Terima kasih pak, wasalam.

    • Wa’alaikumus salam
      Sdr Narhadi@ untuk mendapatkan akta nikah ikuti proses berikut ini:
      PROSES NIKAH DAN RUJUK

      Ke RT/RW

      Mengurus surat pengantar nikah untuk di bawa ke desa/kelurahan

      Ke Balai Desa/Kelurahan

      Untuk mendapatkan :

      Surat Keterangan Untuk Nikah ( model N. 1 )

      Surat Keterangan Asal usul ( Model N.2 )

      Surat Keterangan tentang Orang Tua ( N.4 )

      Ke PUSKESMAS

      Untuk Imunisasi TT 1 bagi mempelai perempuan

      Ke Kantor Urusan Agama :

      Dengan membawa ( Persyaratan Nikah ) :

      Pemberitahuan Kehendak Nikah (model N.7)

      Surat Keterangan (Model N.1, N.2 dan N.4)

      Surat Persetujuan Mempelai (Model N.3)

      Surat Ijin Orang Tua/Wali bagi calon mempelai yang belum berusia 21 tahun (N.5)

      Surat Keterangan Kematian suami/istri bagi janda/duda (N. 6)

      Dispensasi Pengadilan Agama bagi calon suami/istri yg belum berusia 19/16 thn

      Ijin Pengadilan Agama bagi yang berpoligami

      Ijin Pejabat yang berwenang bagi aparat TNI/POLRI

      Akta Cerai/Kutipan Buku Pendaftaran Talak/Cerai bagi janda/duda (cerai)

      Ijin menikah dari Kedutaan / Kantor Perwakilan Negara bagi WNA

      Pejabaran :

      Di dalam negara RI yang berdasarkan hukum, segala sesuatu yang bersangkut paut dengan penduduk harus dicatat, seperti halnya kelahiran, kematian termasuk juga perkawinan. Perkawinan termasuk erat dengan masalah kewarisan, kekeluargaan sehingga perlu dicatat untuk menjaga agar ada tertib hukum.

      Pegawai Pencatat Nikah (PPN) mempunyai kedudukan yang jelas dalam peraturan perundang-undangan di Indonesia (UU No.22 Tahun 1946 jo UU No. 32 Tahun 1954) sampai sekarang PPN adalah satu-satunya pejabat yang berwenang mencatat perkawinan yang dilangsungkan menurut hukum agama Islam dalam wilayahnya. Untuk memenuhi ketentuan itu maka setiap perkawinan harus dilangsungkan dihadapan dan dibawah pengawasan PPN karena PPN mempunyai tugas dan kedudukan yang kuat menurut hukum, ia adalah Pegawai Negeri yang diangkat oleh Menteri Agama pada tiap-tiap KUA Kecamatan.
      Masyarakat dalam merencanakan perkawinan agar melakukan persiapan sebagai berikut :

      Masing-masing calon mempelai saling mengadakan penelitian apakah mereka saling cinta/setuju dan apakah kedua orang tua mereka menyetujui/merestuinya. Ini erat kaitannya dengan surat-surat persetujuan kedua calon mempelai dan surat izin orang tua bagi yang belum berusia 21 tahun .

      Masing-masing berusaha meneliti apakah ada halangan perkawinan baik menurut hukum munakahat maupun menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku. (Untuk mencegah terjadinya penolakan atau pembatalan perkawinan).

      Calon mempelai supaya mempelajari ilmu pengetahuan tentang pembinaan rumah tangga hak dan kewajiban suami istri dsb.

      Dalam rangka meningkatkan kualitas keturunan yang akan dilahirkaan calon mempelai supaya memeriksakan kesehatannya dan kepada calon mempekai wanita diberikan suntikan imunisasi tetanus toxoid.

      A. Pemberitahuan Kehendak Nikah
      Setelah persiapan pendahuluan dilakukan secara matang maka orang yang hendak menikah memberitahukan kehendaknya kepada PPN yang mewilayahi tempat akan dilangsungkannya akad nikah sekurang-kurangnya 10 hari kerja sebelum akad nikah dilangsungkan. Pemberitahuan Kehendak Nikah berisi data tentang nama kedua calon mempelai, hari dan tanggal pelaksanaan akad nikah, data mahar/maskawin dan tempat pelaksanaan upacara akad nikah (di Balai Nikah/Kantor atau di rumah calon mempelai, masjid gedung dll). Pemberitahuan Kehendak Nikah dapat dilakukan oleh calon mempelai, wali (orang tua) atau wakilnya dengan membawa surat-surat yang diperlukan :

      I. Perkawinan Sesama WNI

      Foto Copy KTP dan Kartu Keluarga (KK) untuk calon Pengantin (catin) masing-masing 1 (satu) lembar.

      Surat pernyataan belum pernah menikah (masih gadis/jejaka) di atas segel/materai bernilai minimal Rp.6000,- (enam ribu rupiah) diketahui RT, RW dan Lurah setempat.

      Surat keterangan untuk nikah dari Kelurahan setempat yaitu Model N1, N2, N4, baik calon Suami maupun calon Istri.

      Pas photo caten ukuran 2×3 masing-masing 4 (empat) lembar, bagi anggota ABRI berpakaian dinas.

      Bagi yang berstatus duda/janda harus melampirkan Surat Talak/Akta Cerai dari Pengadilan Agama, jika Duda/Janda mati harus ada surat kematian dan surat Model N6 dari Lurah setempat.

      Harus ada izin/Dispensasi dari Pengadilan Agama bagi :

      Caten Laki-laki yang umurnya kurang dari 19 tahun;

      Caten Perempuan yang umurnya kurang dari 16 tahun;

      Laki-laki yang mau berpoligami.

      Ijin Orang Tua (Model N5) bagi caten yang umurnya kurang dari 21 tahun baik caten laki-laki/perempuan.

      Bagi caten yang tempat tinggalnya bukan di wilayah Kec. Wedi, harus ada surat Rekomendasi Nikah dari KUA setempat.

      Bagi anggota TNI/POLRI dan Sipil TNI/POLRI harus ada Izin Kawin dari Pejabat Atasan/Komandan.

      Bagi caten yang akan melangsungkan pernikahan ke luar wilayah Kecamatannya harus ada Surat Rekomendasi Nikah dari KUA Kecamatannya.

      Kedua caten mendaftarkan diri ke KUA kecamatannya sekurang-kurangnya 10 (sepuluh) hari kerja dari waktu melangsungkan Pernikahan. Apabila kurang dari 10 (sepuluh) hari kerja, harus melampirkan surat Dispensasi Nikah dari Camat .

      Bagi WNI keturunan, selain syarat-syarat tersebut dalam poin 1 s/d 10 harus melampirkan foto copy Akte kelahiran dan status kewarganegaraannya (K1).

      Surat Keterangan tidak mampu dari Lurah/Kepala Desa bagi mereka yang tidak mampu.

      II. Perkawinan Campuran

      Akte Kelahiran/Kenal Lahir

      Surat tanda melapor diri (STMD) dari kepolisian

      Surat Keterangan Model K II dari Dinas Kependudukan (bagi yang menetap lebih dari satu tahun)

      Tanda lunas pajak bangsa asing (bagi yang menetap lebih dari satu tahun)

      Keterangan izin masuk sementara (KIMS) dari Kantor Imigrasi

      Foto Copy PasPort

      Surat Keterangan dari Kedutaan/perwakilan Diplomatik yang bersangkutan.

      Semua surat-surat yang berbahasa asing harus diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh penterjemah resmi.

      B. Pemeriksaan Nikah
      PPN yang menerima pemberitahuan kehendak nikah meneliti dan memeriksa berkas berkas yang ada apakah sudah memenuhi syarat atau belum, apabila masih ada kekurangan syarat maka diberitahukan adanya kekurangan tersebut. Setelah itu dilakukan pemeriksaan terhadap calon suami, calon istri dan wali nikahnya yang dituangkan dalam Daftar Pemeriksaan Nikah (Model NB).
      Jika calon suami/istri atau wali nikah bertempat tinggal di luar wilayah KUA Kecamatan dan tidak dapat hadir untuk diperiksa, maka pemeriksaannya dilakukan oleh PPN yang mewilayahi tempat tinggalnya. Apabila setelah diadakan pemeriksaan nikah ternyata tidak memenuhi persyaratan yang telah ditentukan baik menurut hukum munakahat maupun menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku maka PPN berhak menolak pelaksanaan pernikahan dengan cara memberikan surat penolakan beserta alasannya. Setelah pemeriksaan dinyatakan memenuhi syarat maka calon suami, calon istri dan wali nikahnya menandatangani Daftar Pemeriksaan Nikah. Setelah itu yang bersangkutan membayar biaya administrasi pencatatan nikah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

      C. Pengumuman Kehendak Nikah
      Setelah persyaratan dipenuhi PPN mengumumkan kehendak nikah (model NC) pada papan pengumuman di KUA Kecamatan tempat pernikahan akan dilangsungkan dan KUA Kecamatan tempat tinggal masing-masing calon mempelai.
      PPN tidak boleh melaksanakan akad nikah sebelum lampau 10 hari kerja sejak pengumuman, kecuali seperti yang diatur dalam psl 3 ayat 3 PP No. 9 Tahun 1975 yaitu apabila terdapat alasan yang sangat penting misalnya salah seorang calon mempelai akan segera bertugas keluar negeri, maka dimungkinkan yang bersangkutan memohon dispensasi kepada Camat selanjutnya Camat atas nama Walikota/Bupati memberikan dispensasi.

      D. Pelaksanaan Akad Nikah
      Pelaksanaan Upacara Akad Nikah :

      di Balai Nikah/Kantor

      di Luar Balai Nikah : rumah calon mempelai, masjid atau gedung dll.

      Pemeriksaan Ulang :
      Sebelum pelaksanaan upacara akad nikah PPN /Penghulu terlebih dahulu memeriksa/mengadakan pengecekan ulang persyaratan nikah dan administrasinya kepada kedua calon pengantin dan walinya untuk melengkapi kolom yang belum terisi pada waktu pemeriksaan awal di kantor atau apabila ada perubahan data dari hasil pemeriksaan awal. Setelah itu PPN/ Penghulu menetapkan dua orang saksi yang memenuhi syarat.

      Pemberian izin
      Sesaat sebelum akad nikah dilangsungkan dianjurkan bagi ayah untuk meminta izin kepada anaknya yang masih gadis atau anak terlebih dahulu minta/memberikan izin kepada ayah atau wali, dan keharusan bagi ayah meminta izin kepada anaknya untuk menikahkan bila anak berstatus janda.

      Sebelum pelaksanaan ijab qobul

      Sebagaimana lazimnya upacara akad nikah bisa didahului dengan pembacaan khutbah nikah, pembacaan istighfar dan dua kalimat syahadat

      Akad Nikah /Ijab Qobul
      Pelaksanaan ijab qobul dilaksanakan sendiri oleh wali nikahnya terhadap calon mempelai pria, namun apabila karena sesuatu hal wali nikah/calon mempelai pria dapat mewakilkan kepada orang lain yang ditunjuk olehnya.

      Penandatanganan Akta Nikah

      Oleh kedua mempelai, wali nikah, dua orang saksi dan PPN yang menghadiri akad nikah.

      Pembacaan Ta’lik Talak
      Penandatanganan ikrar Ta’lik Talak
      Penyerahan maskawin/mahar
      Penyerahan Buku Nikah/Kutipan Akta Nikah.
      Nasihat perkawinan
      Do’a penutup.

  130. lalu bagaiman dengan pendapat para ulama bahwa anak tsb tidak punya nasab dengan bapak biologisnya pak….sehingga jika anak tsb menikah dia dibintikan dengan nama ibunya….kalau memang iya bapak bioligisnya bleh menikahkan….apakah sah secara islam pak?

    • Sdri Kallista aza@ikut islam berarti ikut ulama , jika mayoritas ulama di indonesia menetapkan sah berarti sah bagi muslimin muslimat indonesia bahkan kemudian ditetapkan sebagai hukum positif di negeri ini berupa kompilasi hukum islam.Hukum harus punya ketetapan pasti, agar tidak merusak tatanan masyarakat.Ulama melakukan istimbat hukum setelah melakukan pengkajian dan penelitian jutaan kitab dari berbagai pendapat yang berbeda-beda dari para ulama yang banyak jumlahnya sesuai dengan al-qur’an dan as-sunnah dan konteks indonesia.

  131. ey pak….kompilasi hukum islam tsb kapan dibuatnya pak

    • sdri Kallista putri@ kompilasi hukum islam merupakan sejarah hukum islam di indonesia dan alim ulama indonesia telah menerima dan menyetujui kompilasi hukum islam dalam lokakarya di jakarta tanggal 2-5 februari 1988

  132. Saya duda dan pasangan saya belum kawin, ktp kami sama2 dari daerah jawa timur,kami mau melaksanakan pernikahan di daerah bekasi karena masalah pekerjaan,apa persyaratan masing2 dari kami agar pernikahan itu bisa dilaksanakan di bekasi…?

    • Sdr Tri Haryanto@ syarat2nya kan sudah tertulis jelas didepan, artinya urus mulai RT/RW dusun kelurahan kecamatan masing2 terus ke kua masing2 jika mau nikah di bekasi ya dari kua minta pengantar numpang nikah ke bekasi, atau persyaratan calon pengantin pria dibawa dulu ke kua pengantin putri baru digabung dan dibawa ke kua di bekasi dilampiri surat pengantar numpang nikah.

  133. Ass, mohon bantuannya pak sururudin,
    Saya seorang perempuan WNI dan sy mau menikah dg WNA Syria, bagaimana caranya sy mendaftar pernikahan sy di KUA & apa yg harus dilakukan oleh calon suami sy utk bs menikah di indonesia, terima kasih utk bantuannya.

    • Sdri Chacha
      Calon suami mesti aja harus mengurus surat ijin menikah dari negara atau perwakilan negara yang bersangkutan, untuk perkawinan campuran lengkapnya sebagai berikut

      Persyaratan Nikah dengan WNA
      Dalam bahasa Undang-Undang Perkawinan, pernikahan antara warga negera Indonesia dengan Warga Negara Asing dikenal dengan pernikahan campuran. Persyaratan administrasi untuk pernikahan campuran adalah sebagai berikut:
      1. Calon pengantin (catin) Warga Negara Indonesia (WNI)
      > Surat Keterangan Nikah (N1, N2, N4) dari Kelurahan/Desa.
      > Persetujuan kedua calon pegantin (N3).
      > Surat Rekomendasi/Pindah Nikah bagi yang bukan penduduk asli daerah.
      > Fotokopi KTP, KK/Keterangan Domisili, Akta Kelahiran dan Ijazah @ 2 lembar.
      > Fotokopi keterangan vaksin/imunisasi TT (Tetanus Toxoid) bagi catin wanita.
      > Akta Cerai Asli bagi janda/duda cerai.
      > Surat Keterangan/Akta Kematian suami/istri dan kutipan akta nikah terdahulu bagi janda/duda karena meninggal dunia.
      > Pasfoto terpisah 2 x 3 dan 3 x 4 background biru @ 4 lembar.
      > Ijin dari kesatuan bagi anggota TNI dan POLRI.
      > Ijin dari Pengadilan Agama bagi yang hendak berpoligami (bagi catin laki-laki).
      > Dispensasi nikah bagi catin laki-laki yang belum berusia 19 tahun dan catin perempuan yang belum 16 tahun.
      > Ijin dari orangtua (N5) bagi catin yang belum berusia 21 tahun.
      > Taukil wali secara tertulis dari KUA setempat bagi wali nikah (dari pihak perempuan) yang tidak dapat menghadiri akad nikah.
      > Surat keterangan memeluk islam/sijil muslim bagi muallaf
      2. Calon pengantin Warga Negara Asing (WNA)
      > Ijin dari kedutaan/konsulat perwakilan di Indonesia dan dalam bahasa Indonesia.
      > Fotokopi passport yang masih berlaku.
      > Fotokopi VISA/KITAS yang masih berlaku.
      > Fotokopi Akta Kelahiran yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.
      > Akta Cerai bagi janda/duda cerai.
      > Pasfoto terpisah 2 x 3 dan 3 x 4 background biru @ 4 lembar.
      > Taukil wali secara tertulis bagi wali nikah (dari pihak perempuan) yang tidak dapat menghadiri akad nikah.

  134. Pak saya punya teman pria yang dulunya seorang nasrani. Dia sekarang sudah menjadi seorang muslim yang ingin menikahi kekasihnya. Tapi ada suatu hambatan karena orang tuanya belum tahu dia menjadi seorang muslim, dan dia meminta surat pengantar kepada RT secara diamdiam tanpa diketahui orang tuanya tapi RT tidak bisa memberikan surat pengantar numpang nikah dikarenakan RT tersebut kenal dekat dengan orang tuanya. Apakah dia bisa menikah di KUA tanpa surat pengantar itu di daerah setempat? Apakah pihak KUA dapat membantu dalam mempermudah proses itu?
    Trimakasih.

    • Sdr Korinto@ kalau hendak menikah di KUA, ya harus punya syarat-syarat administratif, diantaranya beragama islam dibuktikan dengan identitas KTP beragama islam, maka jika ada yang masuk islam, seharusnya segera mengurus ikrar masuk islam di hadapan masyarakat atau tokoh agama hingga punya sertifikat ikrar masuk islam dan perbaharui KTP, juga ada pengumuman ke pihak non muslim, bisa melalui surat yang memberitahukan bahwa yang bersangkutan telah masuk islam.KUA tahunya keterangan dari desa ataupun KTP yang menyatakan agamanya islam.

  135. pak,saya menanyakan perihal apa saja yg mesti saya bawa dalam sidang ghaib saya,pada awalnya saya mau menikah lagi (belum mempunyai anak),karna sang suami sudah tidak lagi diketahui dimana keberadaaannya dan kami cerai hanya melalui rt setempat beserta saksi diatas materai,saya sudah melengkapi semua persyaratan yg diminta,mulai dari buku nikah,talak dari suami diatas materai rt setempat,surat dari kelurahan,dan saya sudah mendaftar di pengadilan agama tempat saya tinggal,pada sidang pertama hakim mengundur sidang saja di bulan berikut nya,dengan alasan masih harus melengkapi surat.yang saya mau tanyakan apakah harus ada stempel cap dari kantor pos dan mesti dilegalisir semua berkas2 surat yang ada,dan apa saja yang mesti saya bawa baik asli atau copyannya.terima kasih

    • sdri Diana manis@ namanya aja berperkara di pengadilan, maka ya mesti aja ribet, karena mencari keputusan yang sebaik-baiknya, maka harus sabar dan tawakal, pasrah pada yang kuasa, moga cepat beres urusannya.Ikuti aja prosedur yang ada

      I.Persiapan dan Persyaratan Mengajukan Gugatan Cerai
      Bagi seseorang yang ingin mengajukan gugatan cerai persiapan dan persyaratannya adalah :
      • Mengumpulkan bukti-bukti perkawinan, seperti:
      o Buku nikah/Akta perkawinan;
      o Akta kelahiran anak-anak (jika punya anak);
      o Kartu Tanda Penduduk (KTP);
      o Kartu Keluarga (KK);
      o Bukti-bukti kepemilikan aset (rumah/mobil/buku tabungan).
      • Membuat gugatan cerai;
      • Mendaftarkan gugatan cerai di pengadilan berwenang;
      • Menunggu penerimaan surat panggilan sidang dari pengadilan;
      • Menghadiri persidangan;
      • Mempersiapkan saksi minimal dua orang.
      II.Kronologis Persidangan di Pengadilan Agama
      Perlu diketahui bahwa untuk yang beragama Islam (nikah secara muslim) jika ingin bercerai maka gugatan cerainya diajukan di Pengadilan Agama, sementara bagi yang non-muslim jika ingin bercerai diajukannya di Pengadilan Negeri. Adapun urut-urutan sidang perceraian di Pengadilan Agama adalah :
      • Sidang kelengkapan berkas-berkas, pembacaan gugatan dan usaha perdamaian;
      o Diikuti dengan acara mediasi ke-1;
      o Mediasi ke-2;
      • Sidang hasil mediasi
      • Sidang jawaban;
      • Sidang replik;
      • Sidang duplik;
      • Sidang pembuktian dari penggugat;
      • Sidang pembuktian dari tergugat;
      • Sidang kesimpulan; dan
      • Sidang putusan.

  136. assalamu a’alaikum wr wb pak…

    saya & pacar sya sudah berumur 26 tahn, kami ingin menikah tapi keluarga kami tidak ada yg mendukung, saya dari sumatra n cewek saya dari jawa tengah, seandainya kami menikah di KUA jawa barat apa saja yg kami perlukan. dan apakah bisa menikah tanpa harus mengurus surat ini itu ke jawa tengah & sumatra. terima kasih pak

    • Wa’alaikumus salam Wr wb
      Sdr Ardiansyah@
      Pertama : Saudara Dian dan saudari Lili, jika anda berdua hendak menikah, maka lakukan langkah-langkah yang bijaksana, menjalin hubungan baik kepada semua anggota keluarga, sebab pernikahan tidak hanya menyatukan dua manusia, namun juga menyatukan dua keluarga, maka dukungan dan restu keluarga sangat penting, demi keutuhan mahligai rumah tangga di masa yang akan datang.
      Kedua : Wali hakim
      Sesuai dengan pasal 14 Kompilasi hukum islam, wali nikah termasuk salah satu rukun nikah. Jadi tanpa wali sebuah pernikahan dinilai tidak sah, ini senada juga dengan hadis nabi yang berbunyi : لا نكاح الا بولي
      artinya tidak sah suatu pernikahan jika tanpa wali.
      Adapun posisi wali hakim :dijelaskan dalam kompilasi hukum islam pasal 23
      (1) Wali hakim baru dapat bertindak sebagai wali nikah apabila wali nasab tidak ada atau tidak mungkin menghadirkannya atau tidak diketahui tempat tinggalnya atau ghaib atau adlal atau enggan
      (2) Dalam hal wali adlal atau enggan maka wali hakim baru dapat bertindak sebagai wali nikah setelah ada putusan Pengadilan agama tentang wali tersebut.
      Pegawai KUA akan memeriksa berkas-berkas pernikahan yang anda ajukan, dan jika tahu bahwa keluarga mempelai perempuan tidak setuju, termasuk wali nikah yang sah dari pihak mempelai perempuan yang tidak bersedia menjadi wali, maka pihak KUA akan menolak pendaftaran pernikahan yang sdr ajukan, dengan memberikan surat pemberitahuan (N8) dan surat penolakan (N9)kepada sdr yang isinya menerangkan alasan penolakan, jika sdr tetap akan melanjutkan pernikahan, anda akan disarankan agar mengajukan permohonon ke Pengadilan agama setempat.Hal ini sesuai intruksi Presiden RI Nomor 1 tahun 1991 buku I hukum perkawinan
      pasal 23
      ayat (1) Wali hakim baru dapat bertindak sebagai wali nikah apabila wali nasab tidak ada atau tidak mungkin menghadirkannnya atau tidak diketahui tempat tinggalnya atau gaib atau adlal atau enggan
      ayat (2) Dalam hal wali adlal atau enggan maka wali hakim baru dapat bertindak sebagai wali nikah setelah ada putusan Pengadilan Agama tentang wali tersebut.
      Ketiga, terkait surat ini itu jelas harus ada, dan itu sesuai identitas kependudukan anda berdua atau sesuai ktp anda berdua, dan untuk nikah di jawa barat setelah mengurus kelengkapan dari RT RW , kelurahan dan kecamatan lalu ke KUA untuk minta surat numpang nikah ke jawa barat, jadi nikahnya di jawa Barat.
      Kalau langsung urus di Jawa barat, sedangkan KTP anda sumatra dan calon istri Yogya, jelas tidak bisa kecuali anda berdua sudah urus surat kepindahan atau pindah penduduk ke jawa barat, jika KTPnya jawa barat, maka baru bisa urus berkas2 di jawa barat.

  137. perkenalkan nama saya dian dari sumatra utara dan cewek lili dari yogyakarta. kami ingin menikah tapi kedua keluarga kami tidak ada yg merestui, seandainya kami menggunakan wali hakim apakah sah? dan jika perniakahan kami di jawa barat apakah bisa tanpa menggunakan surat ini itu dari daerah kami masing2??

    • Wa’alaikumus salam Wr wb
      Sdr Ardiansyah@
      Pertama : Saudara Dian dan saudari Lili, jika anda berdua hendak menikah, maka lakukan langkah-langkah yang bijaksana, menjalin hubungan baik kepada semua anggota keluarga, sebab pernikahan tidak hanya menyatukan dua manusia, namun juga menyatukan dua keluarga, maka dukungan dan restu keluarga sangat penting, demi keutuhan mahligai rumah tangga di masa yang akan datang.
      Kedua : Wali hakim
      Sesuai dengan pasal 14 Kompilasi hukum islam, wali nikah termasuk salah satu rukun nikah. Jadi tanpa wali sebuah pernikahan dinilai tidak sah, ini senada juga dengan hadis nabi yang berbunyi : لا نكاح الا بولي
      artinya tidak sah suatu pernikahan jika tanpa wali.
      Adapun posisi wali hakim :dijelaskan dalam kompilasi hukum islam pasal 23
      (1) Wali hakim baru dapat bertindak sebagai wali nikah apabila wali nasab tidak ada atau tidak mungkin menghadirkannya atau tidak diketahui tempat tinggalnya atau ghaib atau adlal atau enggan
      (2) Dalam hal wali adlal atau enggan maka wali hakim baru dapat bertindak sebagai wali nikah setelah ada putusan Pengadilan agama tentang wali tersebut.
      Pegawai KUA akan memeriksa berkas-berkas pernikahan yang anda ajukan, dan jika tahu bahwa keluarga mempelai perempuan tidak setuju, termasuk wali nikah yang sah dari pihak mempelai perempuan yang tidak bersedia menjadi wali, maka pihak KUA akan menolak pendaftaran pernikahan yang sdr ajukan, dengan memberikan surat pemberitahuan (N8) dan surat penolakan (N9)kepada sdr yang isinya menerangkan alasan penolakan, jika sdr tetap akan melanjutkan pernikahan, anda akan disarankan agar mengajukan permohonon ke Pengadilan agama setempat.Hal ini sesuai intruksi Presiden RI Nomor 1 tahun 1991 buku I hukum perkawinan
      pasal 23
      ayat (1) Wali hakim baru dapat bertindak sebagai wali nikah apabila wali nasab tidak ada atau tidak mungkin menghadirkannnya atau tidak diketahui tempat tinggalnya atau gaib atau adlal atau enggan
      ayat (2) Dalam hal wali adlal atau enggan maka wali hakim baru dapat bertindak sebagai wali nikah setelah ada putusan Pengadilan Agama tentang wali tersebut.
      Ketiga, terkait surat ini itu jelas harus ada, dan itu sesuai identitas kependudukan anda berdua atau sesuai ktp anda berdua, dan untuk nikah di jawa barat setelah mengurus kelengkapan dari RT RW , kelurahan dan kecamatan lalu ke KUA untuk minta surat numpang nikah ke jawa barat, jadi nikahnya di jawa Barat.
      Kalau langsung urus di Jawa barat, sedangkan KTP anda sumatra dan calon istri Yogya, jelas tidak bisa kecuali anda berdua sudah urus surat kepindahan atau pindah penduduk ke jawa barat, jika KTPnya jawa barat, maka baru bisa urus berkas2 di jawa barat.

  138. assalamualaikum pak,
    nama saya nurul, saya mau menikah dg lelaki yang beda kecamatan dengan saya, yang mau saya tanyakan :
    1. apakah persyaratan tersebut di atas harus di lengkapi calon suami saya di KUA kecamatan tempat dia tinggal? sedangkan pernikahan di lakukan di daerah saya dan di KUA kecamatan tempat saya tinggal….
    2. calon suami saya tidak mempunyai akta kelahiran, apakah harus mengurus akta kelahiran terlebih daulu?
    3. saya seorang janda, sedangkan saya sudah pecah KK dg orang tua saya, saya memiliki KK bersama dg anak dan mantan suami saya, KTP saya juga tidak tertulis cerai tetapi masih menikah. tetapi saya sudah memiliki akta cerai. apakah saya harus mengurus KK baru?
    4. jika pernikahan saya di laksanakan 2 bulan lagi, kapan kiranya waktu yang tepat untuk kami mendaftarkan diri ke kantor KUA?
    mohon jawabannya pak….

    • Wa’alaikumus salam wr wb
      Sdri Nurul alfa
      Jawaban Pertama:Betul, berkas-berkas persyaratan nikah harus dilengkapi calon suami anda, dan dibawa ke kua kecamatannya lalu diberi pengantar rekomendasi nikah ke kua pihak calon istri tinggal, dan di gabung dengan berkas milik calon istri dan baru dibawa ke kua kecamatan calon istri.
      Kedua: jika calon suami belum punya akta kelahiran, segera saja diurus ke dinas dukcapil, akta kelahiran merupakan syarat penunjang sebagai bukti asal-usul,
      Ketiga :Demi kesempurnaan persyaratan, KK diperbaharui lebih baik, namun dengan adanya akta cerai, itu juga sudah cukup untuk memenuhi persyaratan nikah
      Keempat: Batas umur surat biasanya tiga bulan, karena waktu tinggal 2 bulan, daftar segera itu lebih baik, agar kekurangan syarat-syarat pernikahan segera terselesaikan, aturan bakunya pendaftaran nikah tidak boleh kurang dari 10 hari dengan hari pelaksanaan, hitungan 10 hari (jam kerja), sabtu dan minggu tidak dihitung.

  139. saya

  140. sebelumnya saya ucapkan banyak2 terima kasih..

    begini Pak…
    Saya sudah nikah, tapi cuma lewat agama.. & waktu itu nikahnya di Malaysia pada tahun 2010..
    Tahun 2011 saya pulang ke Indonesia bersama istri saya..
    lalu saya mengurus KK dan KTP, status yang dulunya belum kawin, saya ubah menjadi kawin..
    Dan di tahun ini saya dan istri saya ingin nikah secara resmi agar bisa punya buku nikah..
    yang saya tanyakan,,apakah bisa saya mengurus nikah di KUA, sedangkan status di KTP saya & istri saya sudah kawin..??
    mohon jawabannya ya Pak..
    Sekali lagi saya ucapkan terima kasih..

    • sdr Didi@ kalau masalah KTP itu bisa diperbaharui, dari status kawin menjadi status belum kawin, silakan ke kelurahan dan kecamatan..Adapun pernikahan anda jika memang sah secara agama, memenuhi syarat dan rukunnya ada wali, saksi, ijab qobul, mahar, khutbah nikah, dan bukti-bukti yang mendukung lainnya, maka anda bisa melakukan isbat nikah(penetapan nikah) ke pengadilan agama, dan jika pernikahan anda sesuai aturan syariat agama islam, pernikahan anda bisa dicatatkan ke kua sesuai waktu tahun 2010 di malaysia, namun jika pernikahan anda belum sah secara agama maka bisa mendaftar nikah ke kua dengan memenuhi semua syarat syaratnya.

  141. asslamualaikum wr..wb.. pak saya mau tanya klo nikah apa bisa nikah tanpa ijazah, tp akte kelahiran ada mohon penjelasanya pak trs syarat2 lainnya apa pak klo bisa bls ke e-mail saya pak allunx.s@gmail.com trimakasih sebelumnya

    • Wa’alaikumus salam
      Sdr Alung@jelas bisa dong, apalagi punya akta kelahiran, nggak sekolahpun tetap bisa nikah, syarat-syarat nikah bisa anda lihat diatas/didepan, kan udah ada tuh.

  142. saya mw menikah dengan seorang duda tetapi dia blm mempunyai akta cerai, yang ada hanya surat pernyataan cerai / talaq yang isinya menyatakan telah sepakat bercerai dan tidak ada lagi tuntutan dari masing-masing kedua belah pihak serta di tanda tangani di atas materai 6000 oleh mantan suami / mantan istri. bisakah dgn surat pernyataan itu, kami menikah di KUA tempat saya tinggal????

    • sdri Dian aihara@ harus ada akta cerai, surat pernyataan tidak punya kekuatan hukum tetap

  143. Pak saya mau bertnya..apakah sah dimata hukum apabila persyartan menikah menyusul setelah akad nikah, dan itu pun istri saya semua yang mengurus persyaratan pernikahan itu tanpa ada nya campur tangan dr saya sebagai suami

    • sdr Rizki@seharusnya syarat-syarat dipenuhi terdahulu, baru akad nikah, kalau akad nikah tanpa memenuhi persyaratan namanya ya menyalahi prosedur, adapun kemudian isteri sdr telah mengurusnya tanpa sepengetahuan anda sendiri, dan akhirnya ada ijab qobul, ada saksi, wali, mempelai laki dan perempuan, juga mahar, khutbah nikah dan dilakukan dihadapan petugas, maka dipastikan sah.

      • Mohon maaf pak apakah bisa saya menuntut buku nikah itu ditarik kembali dikarenakan menyalahi prosedur pak.. Dan apakah nikah saya itu sah dimata Hukum pak dikrenakan menyalahi prosedur yang ada

      • Dikarenakan istri saya mengurus persyaratan nikah setelah akad nikah bukan seblum akad nikah..mohon bantuan nya pak

      • Sdr Rizki@Paling bagus ya datang aja ke KUA, menjelaskan semuanya dan mohon petugas KUA menarik buku nikah tersebut karena salahi aturan (itu bisa dilakukan)dan petugas KUA memang bisa menarik buku nikah tersebut karena menyadari kesalahan tersebut.
        Kalau Petugas menolak, dan anda bersikeras akibatnya ya masuk ke ranah hukum (pengadilan), kalau ada pemalsuan identitas, ancamannya bisa sampai 6 tahun

  144. Assalaam, pak kalo KTP Depok tp KK di Semarang, mau nikah di Bandung, itu ngurus surat numpang nikahnya yg sesuai KTP atau KK? Kalo KTP dan KK beda kota, apa bermasalah pak? yg penting KTP atau KK nya biar bs dpt surat numpang nikah? terimakasih pak

    • sdri Diana@ mestinya KK dan ktp tidak boleh beda lokasi, kalau ktp semarang kknya juga semarang, ktp depok kknya ya depok, tidak boleh ktp depok kknya semarang, maka urus aja itu dulu, jangan double identitas dong, pilih salah satu, baru urus surat numpang nikah.

  145. ok pak, terimakasih atas responnya yg cepat, seandainya KTP hilang, punya pasport yg dikeluarkan di depok, bisa dijadikan sbg ganti KTP gak pak? tp KK tetap semarang.. soalnya ini waktunya mendesak, bulan nov brgkt sekolah ke london, gak mgkn pulang ke semarang, krn persiapan dsni cukup byk, wkt utk nikah di bandung jg sebentar… gmn pak?

    • sdri Diana@kalau di KUA tak ada KTP tapi ada identitas pendukung lainnya itu sudah cukup, jadi persoalan sdri diana ada di dusun atau kelurahan atau kecamatan, karena KUA sekedar menerima berkas-berkas dari instansi kelurahan dan kecamatan, maka jika di kelurahan dan kecamatan nggak dipermasalahkan maka di KUA lebih simple dan lebih gampang lagi.

  146. saya lg pak, hehe..terimakasih sekali lg atas jawabannya yg cukup memuaskan..
    menyambung jawaban bpk di atas, saat ngurus surat numpang nikah di depok ( krn tidak bs pulang ke semarang) dgn memakai pasport sbg ganti KTP sdgkan KK masih semarang apa tetap bs diproses dan diterima pak? apa kelurahan dan RT di depok dapat dan mau membantu?

    • sdri Diana@kalau sdri dianggap warga atau penduduk Depok pasti dilayani dengan baik, namun kalau sdri tidak tercatat sebagai warga atau penduduk Depok, maka bukan kewenangan Depok.

  147. pa,saya mau tny,saya laki2,sya dlu smpat menika skitar thn 2011,tpi diawal 2012,sya dan mntan istri sya memutuskn tuk bercerai dan tdk tingal satu atap smpai skrng,saya pny buku nikah,tpi status saya di ktp masih blm nikah,dan skrng saya sdah pny clon yg INSY ALLAH bln dsember thn ini kita menikah,yg sya tnyakan,sya hrs mengurus ap dlu pa,trm ksh…

    • sdr Kyky@ ya datang aja ke kelurahan dan kecamatan untuk ubah status ktp, baru kemudian ke pengadilan agama untuk urus perceraian, jika udah dapat akte cerai lalu ke kelurahan dan kecamatan terus ke kua, dengan membawa semua persyaratan yang didapat di kelurahan termasuk akta cerai untuk mendaftar menikah besok bulan desember

  148. Ass bapak, sya Tya. Ada problem, jadi gini sya akan menikah dgn seorang Duda punya anak 1 dan kami akan melangsungkan pernikahan tahun depan. Masalahnya tadi ny orang tua sya tidak merestui krna status pacar sya Duda beranak 1, akhirnya merestui tapi dgn 1 syarat boleh menikah tapi di sembunyikan status Duda nya. Orang tua sya malu klau anak gadisnya menikah dgn seorang Duda. Kalau sya tidak menyembunyikan status Duda pacar sya, sya dilarang menikah sm orang tua sya. Pertnyaan sya, bagaimana solusinya dan apakah bisa saat pencatatan di KUA statusnya masih Perjaka krna di KTP pacar sya statusnya BELUM MENIKAH?? Bagaimana solusinya, terima kasih..

    • Wa’alaikumus salam Wr Wb
      Sdri Tya@Di KUA akan dilakukan pemeriksaan sesuai berkas-berkas dari kelurahan dan keterangan calon manten yang hadir, andai di KTP tertulis belum nikah, namun keterangan calon manten menyatakan sudah duda dibuktikan akte cerai atau surat kematian isteri, maka dalam pencatatan di kua statusnya DUDA.Dan jika ada data yang tidak sinkron akan di cek kepada asal surat atau berkas.
      Sdri Tya , pernikahan adalah ibadah kepada Alloh, maka harus dilakukan dengan sebaik-baiknya, jangan ada yang ditutup-tutupi namun umumkan kepada kalayak ramai, agar membawa kebaikan di belakang hari.

  149. Sya mw tnya, sya sudah mnikah tpi secra siri, sya mw daftarin pernikahan sya ke KUA, soalx wktu itu surat2 untuk nikah di KUA belum ada, krna suami sya wktu itu blum ada Ktp dri daerahx. Dy orng lampung dan sya orng bogor. Kami nikah di bogor. itu syaratx apa?!! Apa harus izab ulang?!!

    • Sdr Dede@ jika nikahnya pingin resmi, ya silakan urus berkas-berkasnya di RT ,RW ,Dusun, kelurahan, kecamatan lalu bawa ke KUA, dan jika dulu pernah nikah tapi secara sirri maka ada jalan lain, sdr bisa isbat nikah (penetapan nikah) di pengadilan agama, disana akan dilakukan sidang untuk meneliti dan mencari tahu apakah dulu nikahnya sah atau tidak.Dan bila ternyata dulu nikah sirrinya dilakukan sesuai aturan agama ada wali, ada dua orang saksi , khutbah nikahnya benar, ijab qobulnya juga benar, ada bukti-bukti yang kuat tentang sahnya pernikahan sirinya, maka pengadilan akan menetapkan sahnya pernikahan sdr dan bisa dicatatkan ke kua sesuai waktu pernikahan tersebut pernah terjadi, tanpa perlu ijab qobul ulang

  150. Assalamualaikum thn 2010 sya menikah dengan suami sbagai status janda dan duda…namun kami ber2 sama2 tdk memiliki surat nikah krn sma2 menikah siri dgn pasangan sebelumnya. Kemudian agustus kmrin sya mengajukan isbath nikah ke PA namun ditolak krn wali menurut PA tidak syah. Kemudian kmi disarankan untuk ke KUA agar mengajukan permohonan nikah baru… kami ingin sekali mengesahkan pernikahan kami sehingga tdk ada beban dihati kami.. namun kami ragu utk pergi ke KUA krn sama2 tdk memiliki surat cerai…. kekhawatiran kami adalah sulitnya syarat2 yg hrus disiapkan mengingat status kami tdk memiliki surat cerai. Apa yg hrs km lakukan pak ?

    • Wa’alaikumus salam wr wb
      Sdri Ani@ Berhubung isbat nikahnya di tolak, maka ya silakan urus surat-surat atau berkas-berkas pernikahan anda berdua ke RT, RW,Dukuh, kelurahan sesuai KTP masing-masing dan baru ke kua untuk nikah secara resmi.Dan berhubung nikah sebelumnya juga siri, maka status anda jadi perawan dan jejaka, tidak perlu akta cerai.

  151. saya mau tanya pak ,
    klo calon pria nya kristen tapi mau mualaf trus dia sudah pernah menikah,dia sudah 3 tahun tidak serumah dengan istrinya..itu gmna pengurusan klo dia mau menikah dengan gadis muslim..
    karena dia tidak memiliki surat nikah di pengadilan,dia cuma ada surat nikah di gereja..

    • Sdri Sri Ratna@ Menurut ketentuannya, setiap perkawinan yang dilakukan menurut hukum agama sah menurut hukum positif, apabila didaftarkan pada lembaga pencatat perkawinan. Dan untuk yang beragama non islam, pencatatannya dilakukan diCatatan Sipil. Pegawai Pencatat adalah pegawai pencatat perkawinan dan perceraian.
      Karena bukti perkawinan yang ada hanya surat dari gereja, seharusnya pada saat itu setelah perkawinan/pemberkatan digereja, lalu mengurus pencatatan perkawinan tersebut ke Catatan Sipil.
      Dan jika akan bercerai, maka sebaiknya surat-surat perkawinan tersebut diurus ke Catatan Sipil ditempat perkawinan dilangsungkan. Sehingga jika akan mengajukan perceraian ke Pengadilan Negeri, surat-surat telah lengkap dan memenuhi syarat. Perceraian tersebut, dicatat di Catatan Sipil.
      Dan jika hendak menikah lagi, dengan seorang gadis muslim,lalu mendaftar ke KUA maka KUA akan memeriksa berkas-berkasnya termasuk akta cerai bagi Duda, termasuk statusnya sebagai pasangan muslim, dan jika ternyata non muslim akan ditolak, karena KUA khusus pernikahan pasangan Islam.
      Adapun kemudian calon pengantin laki-laki masuk islam dihadapan tokoh agama islam, ada bukti sertifikat ikrar masuk islam dan ganti KTP status agama Islam, maka KUA akan menerimanya.
      Dan bagi pasangan suami isteri non muslim yang keduanya masuk islam, maka tidak perlu mengulangi pernikahannya secara Islam.Pernikahan dimasa non muslim dulu dianggap tetap sah.

      • dan jika mantan istrinya menuntut ,itu bagaimana pak??

      • sdri Sri Ratna@ karena konsep perceraian yang terbaik adalah bertemu baik-baik berpisah dengan cara yang terbaik(indahnya perceraian),ya bicarakan baik-baik dengan mantan isteri, bagaimana cara terbaik agar secara kekeluargaan tidak perlu dibawa-bawa keranah hukum,agar tidak ada yang dirugikan,saya kira itu cara yang bijaksana

  152. pak, saya berstatus duda cerai hidup, dan akan menikah lagi, karena saya bekerja di luar kota, saya meminta tolong kepala desa saya untuk mengurus, untuk pengantar KUA di wilayah saya untuk dilimpahkan ke KUA wilayah calon saya, namun di KUA ada syarat yg menghambat saya, yaitu ‘surat kronologis cerai’ dari PA, padahal KTP saya sudah status duda cerai hidup, dan saya juga sudah punya akta cerai resmi, entah apa ini terlalu mengada2 atau memang prosedurnya seperti ini, karena dari PA hanya memberikan surat akta cerai saja…

    • Sdr Rio@ duda cerai memang disyaratkan adanya akta cerai, dan petugas KUA akan memeriksa berkas-berkas tersebut, juga mencocokkan dengan data-data yang lain, dan jika ditemukan kejanggalan atau kecurigaan atas berkas-berkas yang ada, jika terhambat, itu wajar, namun jika tak ada kejanggalan dan wajar-wajar saja kenapa dihambat, yang tahu jelas petugas yang memeriksanya. Untuk jelasnya ya silakan anda tanyakan pada petugas yang menanganinya.

  153. Assalamulaikum, pa..
    Saya mau tanya, kalau misalkan calon pengantin pria tidak memungkinkan mengurus kelengkapan dokumen yang dibutuhkan bagaimana? sedangkan kami sudah benar-benar berniat menikah.

    sekedar informasi, saya dan pacar saya mengalami kesulitan karena ibu dari pacar saya tidak setuju kami untuk menikah hanya karena kami berasal dari budaya yang berbeda. kami sudah berusaha menjelaskan & mengutarakan maksud kami dengan berbagai cara, namun tetap saja ibunya tidak merestui. kami pun sudah meminta bantuan ketua adat setempat, namun beliau cenderung ingin memaksakan kami untuk tetap menjalankan adat di sana secara mutlak.

    karena itu, kami sekarang sangat bingung. ditambah lagi kami bekerja di koat yang berbeda dengan orang tua kami masing-masing. hal itu dapat menyulitkan kami untuk mengurus surat keterangan dari tempat pacar saya berasal, karena pihak keluarganya sangat besar kemungkinan akan menahan dokumen-dokumen yang kami butuhkan agar kami tidak menikah.

    terima kasih.

    • Sdri Metha@ wa’alaikumus salam
      Semua prosedur mulai dari RT, RW, dusun, Kelurahan, Kecamatan, memang harus ditempuh karena darisanalah berkas-berkas persyaratan itu berasal, dan seharusnya jika anda penduduk di wilayah tersebut, pasti akan dilayani oleh pihak pemerintah dengan baik, dan tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan, jika dilakukan dengan hati-hati, penuh ketekunan dan kesabaran dalam meraihnya, termasuk keikhlasan keluarga kedua mempelai, jika punya alasan dan landasan yang benar dan kuat, hambatan seperti apapun, akan bisa teratasi

  154. Assalamu’alaikum Pa
    saya sudah selesai menenuhi semua syarat2 dari KUA Kecamatan didaerah saya. istri saya dari daerah Kabupaten yang berbeda dari saya dan semua syarat pelimpahan dari KUA sudah dikantongi. semua syarat sudah saya penuhi dan tanggal pernikahan pun sudah ditentukan. tapi dari petugas KUA saya mendapat blanko kosong mengisi identitas untuk BP-4 (Berita Acara Pernikahan) sebanyak 2 rangkap dan sudah saya isi dan direncanakan dikembalikan 1 minggu kedepan. yang jadi pertanyaan saya apakah wajib blanko ini diisi dan diserahkan lagi. menggingat semua persyaratan sudah saya penuhi. apakah blanko ini dapat membatalkan pernikahan saya, karena istri dari luar daerah tak mungkin kami bisa menghadari pembinaan tersebut….demikian yang saya tanyakan ! atas jawaban bapak saya ucapkan terima kasih.

    • Sdr Ardyansah@Memang itu tidak wajib, dan merupakan kebijakan lokal dalam rangka untuk membekali calon manten terkait fikih munakahat, manajemen keluarga dan juga aspek-aspek lain terkait persiapan menjelang pernikahan, termasuk juga pengetahuan reproduksi dan juga upaya menekan kasus kasus KDRT, kematian bayi dan ibu melahirkan, termasuk juga aspek kesehatan lainnya agar terjaga.Kebijakan yang sering melibatkan kerjasama lintas sektoral di tingkat kecamatan hingga kabupaten, walaupun prakteknya berbeda-beda ditiap wilayah, disesuaikan dengan kesiapan dan kesempatan masing-masing

    • Sdr Ardyansah@Memang itu tidak wajib, dan merupakan kebijakan lokal dalam rangka untuk membekali calon manten terkait fikih munakahat, manajemen keluarga dan juga aspek-aspek lain terkait persiapan menjelang pernikahan, termasuk juga pengetahuan reproduksi dan juga upaya menekan kasus kasus KDRT, kematian bayi dan ibu melahirkan, termasuk juga aspek kesehatan lainnya agar terjaga.Kebijakan yang sering melibatkan kerjasama lintas sektoral di tingkat kecamatan hingga kabupaten, walaupun prakteknya berbeda-beda ditiap wilayah, disesuaikan dengan kesiapan dan kesempatan masing-masing

  155. Lam likum pa,
    Sy mau nanya pa,klo teks ijab qobul versi indonesia bisa d ganti pake bahasa inggris gak? Masalah nya calon suami orang inggris yg sama skali gak bisa bahasa indonesia,mohon balasan nya langsung k email sy pa,thanks sblum nya

    • sdri Muniroh@wa’alaikum salam wr wb
      Pakai bahasa apapun boleh, bahasa planet atau bahasa semut juga boleh, asal calon pengantin, wali nikah juga para saksinya juga paham bahasa yang dipakai ijab qobul.

      contoh IJAB QOBUL BHS INGGRIS

      Saya nikahkan dan saya jodohkan putri saya …….untuk anda dengan maskawin perhiasan emas 10 gram
      I marry and I make a match my daughter it’s……. to you with the dowry of gold ornament ten grams.

      Saya terima nikahnya ………binti …………….untuk saya dengan mahar perhiasan emas 10 gram
      I accepted to [by] marry the Rochani’s daughter it’s Hesti Mulasih for me with the dowry of gold ornament ten grams.

      Saya nikahkan dan saya jodohkan saudari ……..binti ……………. yang walinya mewakilkan kewaliannya kepada saya untuk anda dengan maskawin perhiasan emas 10 gram
      I marry and I make a match the Rochani’s daughter it’s Hesti Mulasih what its sponsor delegate entrust its sponsor to me to you with the dowry of gold ornament ten grams.

      Saya terima nikahnya ………binti ……………. yang walinya mewakilkan kewaliannya kepada bapak untuk saya dengan mahar perhiasan emas 10 gram
      I accepted to [by] marry the Rochani’s daughter it’s Hesti Mulasih what its sponsor delegate entrust its sponsor to you for me with the dowry of gold ornament ten gram.

      seperangkat alat shalat = a set praying appliance.
      Uang lima puluh ribu rupiah = Money fifty thousand rupiahs.
      uang seratus ribu rupiah = money one hundred thousand rupiahs.
      uang satu juta rupiah = money one million rupiahs.
      sepuluh gram = ten gram.
      cincin emas = gold ring.
      gelang emas = gold bangle.
      Saudari / kakak kandung saya = my sister contain
      adik kandung = own-younger brother/sister.

      • Nanti apa penghulu nya ijab qobul nya pk bahasa inggris jg pa? Stelah penghulu nya ngucapin baru mempelai pria nya ngikutin kan? Terus wali nya ijab nya pk bahasa inggris jg atw blh pk bahasa indonesia,krn bp sy sma skali gk bisa bahasa inggris

      • Sdri Muniroh@kalau ijab qobulnya pakai bahasa inggris, pak penghulu nanti baca khutbah nikah dulu bisa juga pakai bahasa inggris, terus wali nikah memegang tangan mempelai laki-laki dan membaca ijab pakai bahasa inggris ( I marry and I make a match my daughter it’s……. to you with the dowry of gold ornament ten grams) lalu mempelai laki-laki membaca qobul(contoh aja I accepted to [by] marry the Rochani’s daughter it’s Hesti Mulasih for me with the dowry of gold ornament ten grams).dan ada dua saksi(seorang laki-laki dari pihak mempelai laki-laki dan seorang laki-laki dari pihak perempuan yang paham bahasa inggris) selesai dah terus penghulu baca doa pernikahan.biar lancar maka sebelumnya atau jauh hari sebelumnya latihan dulu, sampai hapal, kalau wali nikah nggak bisa bisa mewakilkan kepada pak penghulu, ijab dan qobulnya jadi seperti ini, contoh aja
        Saya nikahkan dan saya jodohkan saudari ……..binti ……………. yang walinya mewakilkan kewaliannya kepada saya untuk anda dengan maskawin perhiasan emas 10 gram
        I marry and I make a match the Rochani’s daughter it’s Hesti Mulasih what its sponsor delegate entrust its sponsor to me to you with the dowry of gold ornament ten grams.

        Saya terima nikahnya ………binti ……………. yang walinya mewakilkan kewaliannya kepada bapak untuk saya dengan mahar perhiasan emas 10 gram
        I accepted to [by] marry the Rochani’s daughter it’s Hesti Mulasih what its sponsor delegate entrust its sponsor to you for me with the dowry of gold ornament ten gram.

      • Oh gtu,iya sy baru ngerti skrg,trus mslh saksi dri pihak dia itu gmana pa? Masalah nya dia d indo kerja gada sanak sodara,cuma sendiri,klo temen boleh ga atw org dari kedutaan?

      • sdri muniroh@ temen boleh , atau dari kedutaan juga boleh
        Syarat Saksi :
        • Orang laki-laki
        • Beragama Islam
        • Dewasa
        • Hadir dalam acara akad nikah
        • Dapat mengerti maksud akad nikah

      • Klo sodara dari pihak mempelai wanita terus jd saksi nya mempelai pria boleh gak pa? Gak harus ada hubungan ikatan kerabat ataw ikatan darah kan pa? Siapa pun boleh jd saksi mempelai pria yg penting muslim,gitu kan pa maksud nya

      • sdri muniroh@ asal memenuhi syarat aja
        Syarat Saksi :
        • Orang laki-laki
        • Beragama Islam
        • Dewasa
        • Hadir dalam acara akad nikah
        • Dapat mengerti maksud akad nikah
        utamakan ahli agama atau ulama atau orang-orang yang cerdas

      • Oh iya skrg sy udah ngerti,masalah saksi nikah dri pihak laki2 itu gmana pa? Dia kan kerja d indonesia sendiri gada sanak sodara,jd sbaiknya yg jd saksi dri pihak mempelai laki2 siapa? Apakah boleh temen nya,ataw orang dari pihak kdutaan inggris,apakah gak boleh klo gada saksi dri pihak laki2? Trus klo masalah wali mempelai laki2 mah gak perlu pake wali y pa,ataw gmana neh? Harus ada walii dan ada saksi dri pihak laki2

  156. gimana cranya klo ingin menikah di luar negeri(saya dan clon sama ” bekeerja d malaysia).tpi gak bisa pulang krn clon istri saya tidak dapat cuti. …..

    terima kasih….!!!!

    • http://www.kbrikualalumpur.org/index.php/legalisasi-dokumen/surat-keterangan-menikah

      A.SURAT KETERANGAN MENIKAH UNTUK LAKI-LAKI/PEREMPUAN WARGA NEGARA INDONESIA (MUSLIM)

      Persyaratan :

      Paspor Indonesia dengan ijin tinggal (visa pelajar/visa kerja professional/visa sosia/Pelancong 30 hari)
      Surat dari kantor kepala kelurahan/kepala desa tempat tinggal pemohon (Surat N1 : Surat Keterangan Status , Surat N2 : Surat Keterangan Asal Usul, Surat N4 : Surat Keterangan Asal Usul orang tua)
      Surat Rekomendasi dari KUA Kecamatan tempat tinggal pemohon
      Untuk Perempuan, harap melampirkan Surat Wali Nikah yang dicap dan ditanda tangani oleh Kepala KUA Kecamatan

      Catatan :

      Pemohon dengan status Janda/Duda Mati dilengkapi dengan N6, yaitu surat kematian dari Kepala desa/Akta Kematian dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan Buku Nikah pemohon
      Pemohon dengan status Janda/Duda Cerai, dilengkapi dengan Akta Cerai dari Pengadilan Agama
      Pemohon dengan status Poligami, putusan poligami dari Pengadilan Agama
      Pemohon pemegang IC (identification card), lengkapi dengan Paspor Indonesia dan persyatan sama dengan Warga Negara Malaysia.
      Pemohon harus datang dengan membawa dokumen Asli dan Photocopy

  157. Assalamu’alaikum..
    Pak, sy seorang janda sudah digugat talaq oleh mantan suami. Akan ttp Akta Cerai dibawa mantan suami. Apa yg hrs sy perbuat agr dpt menikah lg d KUA?

    • Sdri okfine@wa’alaikumus salam, jika akte cerai hilang atau rusak
      atau nggak, bisa minta duplikat akta cerai/surat keterangan telah cerai ke Pengadilan agama, mestinya sebelumnya ada surat pengantar dari desa dan surat kehilangan dari kepolisian

  158. Salam Pak
    Pak saat ini ada teman minta bantuan pada saya karena kebingunangan. Jadi temen saya itu menikah lagi dengan status duda, akta cerai sudah dikeluarkan pihak pengadilan. pada saat mendaftar ke KUA kecamatan pihak istri diminta melengkapi berkas berupa akta cerai dan salinannya. Ketika diberikan salinan putusannya ditolak katanya tidak berlaku alasan pihak KUA di akta cerai disebutkan berdasarkan penetapan pengadilan tapi salinan nya berbunyi PUtusan meskipun nomor nya sama. Pihak KUA minta kata putusan diubah menjadi penetapan sesuai akta cerai, tetapi ketika dibawa ke pengadilan pihak pengadilan tidak mau mengubah dengan pertimbangan hokum. tapi pihak KUA tetap tidak mau menerima salinan tersebut meskipun salinan tersebut sudah dilegalisir asli.
    yang kedua kalimat berdasarkan kutipan akta nikah pada buku aakta nikah tahun nikah adalah 1997 tapi yang ditulis diputusan berdasarkan kutipan buku akta nikah tahun 2012. Nomor keduanya sama . itu juga ditolak dan diminta pengadilan untuk ganti, lagi lagi pengadilan bersikukuh itu sah secara hokum.
    sehingga saat ini temen saya masih nikah siri dengan istri yang baru.
    Mohon bantuan solusinya pak.
    terimakasih

    • sdr Yuwana galih wibawa@kalau udah nikah siri, sebetulnya bisa isbat nikah(penetapan nikah) di pengadilan agama, nanti kua tinggal terima perintah catat nikah dari Pengadilan agama, jika nikah sirinya sah menurut hukum syariat islam

  159. Pak Saya mau tanya, krn teman saya bingung mengenai pernikahan. dia mau menikah tetapi calon suaminya duda ortu temen saya setuju tetapi meminta agar dibuku nikah bisa ditulis dg status perjaka agar saudara dan keluarga besar tdk tau mengenai jati diri sang pihak lagi yg berstatus duda. yang saya tanyakan apakah bisa dibuku nikah itu ditulis sesuai permintaan ortu teman saya yaitu menulis dg status perjaka?Kl bisa bgmn ya pak caranya.mohon infonya pak, krn teman saya kebingungan dg masalah yg dihadapi ini. mksh

    • sdr Ratna dewi@ maaf baru sempat balas
      Ya jelas nggak bisa tho mbak, namanya pemalsuan identitas, alias melanggar hukum negara

  160. Ass.
    To the phoin aja ni..tolong mnta solusi.. ane duda tpi tp akta cerai lg di urus…dan skrng ane mau nikah lg.apakah bsa ane nikah resmi lg klo akta cerai belum selesai…tlong di bantu ya..

    • Sdr Agus@ wa’alaikumus salam, maaf baru sempat balas,
      jika status anda dudacerai, maka anda harus membuktikan itu dengan membawa akta cerai sebagai penjelasan status duda cerai saudara, jika tidak ada bukti, itu namanya daftar poligami mas agus, poligamipun ada ijinnya juga di Pengadilan agama, maka urus dulu akta cerai, jika emang udah cerai

  161. السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
    Maaf pak sy mau nanya,, sy dn cln suami kn tinggal di bjm n punya KTP bjm,,cm pada saat menikah rencana mau menikah di tempat ortu saya di palangkaraya.,, kl mau numpang nikah kn syaratnya pakai akte kelahiran Ɣɑ̤̥̈̊ atau kl Ъќ ada bisa pakai ijazah,, nah yg mau sy tanyakan kl akte kelahirannya Ъќ ada terus ijazahnya juga Ъќ ada gr2 kebakaran kira2 solusinya gmn Ɣɑ̤̥̈̊ pak? Atau bs diganti dengan apa gt pak?
    Terimakasih sebelumnya

    • sdri Ila@ wa’alaikumus salam, maaf baru sempat balas,
      sdr Ila@ akta kelahiran dan ijazah adalah syarat penunjang, maka tergantung syarat-syarat lainnya, jika data-data anda lainnya terpercaya, maka jika nggak ada bukan merupakan halangan lagi

  162. Asmlkm,sblum bertnya sy akn cerita kronologis’a. sy bercerai dgn suami krn 13 thn alami KDRT,sy ditalak secara agama pd tgl.20 Oktober 2008, didepan bpk sy n ka2,adik mantan suami, bpk sypun meminta agar secepat’a urus’a proses hukum di PA, n pd tgl 29 Januari 2009 sy menikah siri perstujuan bpk sy, slalu mantan suamididesak trus u/ urus tp tdk jg. akhir’a sy gugat di PA, dgn gugat KDRT, sidang berjalan alot (mantan suami seorg PNS ) dgn alasan bln juli Ramadhan akhir sidang sy ditunda sampai hbs Idul fitri. stlah idul fitri sy tnggu tdk da panggilan dr PA. akhir’a datangi PA ternyata gugatan sy sdh dicabut ma mantan suami pdhl yg sy yg daftar gugat. ternyta mantan suami berusaha u/ meminta sy kembali tetap sy tdk mau. akhir sy datangi instansi”a menemui Bos’a u/slesaikan msalah sy n meminta surat perstujuan perceraian pd mantan suami. thn 2012 sy daftar kembali ke PA dgn gugatan RT sdh tdk harmonis lg sesuai permintaan mantan suami ( karena klau materi’a gugat KDRT dia bsa dipecat dr PNS ) sidangpun alot dipermainkan pd sidang ke 6 akhir’a sy akui ke hakim masalah kdrt barulah hakim ambil keptusan bwa saksi. pd bulan Februari 2013 putus perceraian.dlm pernikahan siri pny anak lahir thn 2010. yg mau sy tanyakan sy mau resmikan pernikahan siri ini klau melalui ISBAT di PA apakah akan da masalah? bisa ga dlm buku nikah sesuai dgn tgl 29 Januari 2009 wlau surat cerai negara thn 2013. karena sy iharus buat akte lahir anak.yg lahir 04 april 2010. sesuai akte lahir pada umum’a tks atas jawaban’a wass

    • sdr Rathy rachmiati@ wa’alaikumussalam, maaf baru balas, sinyalnya kecil,
      1.administrasi KUA didasarkan pada hukum (positif) negara.
      2.secara administrasi negara perceraian 20 Otkober 2008 belum sah.
      3.putusan cerai yg sah Februari 2013.
      4.Istbat nikah di PA hanya akan diterima jika terpenuhi persyaratan, padahal pernikahan 29 Januari 2009 tidak memenuhi persyaratan sebagaimana UU 7/89, UU 1/74 dan peraturan pelakasanaannya.
      5.anak lahir 4 April 2010 bisa dimintakan akte kelahiran, hanya saja bunyinya tentu tidak sebagaimana yg dikehendaki sebagaimana maksudnya dg ayah suami kedua.
      6.Hukum positif negara tidak bisa harus mengikuti kehendak orang yg tidak taat hukum negara.

  163. Pak saya mau tanya.
    Saya sebelumnya sudah nikah sirih dan KTP sudah berubah statusnya sudah menikah. Bagaimana caranya mengurus ke KUA? Dan apakah bisa klo saya KTP kaltim nikah di KUA jawa? Soalx saya kebetulan mau pindah.
    Terima kasih.

    • Sdri Priscila@kalau sudah nikah sirri, dan ingin nikahnya jadi resmi bisa isbat nikah di Pengadilan agama setempat, kalau diterima isbat nikahnya maka bisa dicatatkan di KUA setempat sesuai KTP, namun jika ditolak, maka harus proses nikah di KUA, penuhi semua persyaratannya, masalah pelaksanaan nikah dari luar jawa ke Jawa, bisa dilakukan dengan minta pengantar numpang nikah ke kua setempat menuju KUA di jawa yang dikehendaki

  164. kalo lain daerah/kota cujman ditambahin numpang nikah doang yah….???
    saya kelahiran 1985, tapi sampai saat ini saya belum memiliki akte kelahiran karena bukti nikah kedua orang tua saya tidak tercatat di buku induk pernikahan di KUA,tapi akte cerai kedua orang tua saya ada,apa bisa mengandalkan surat kenal lahir AK1…????

    • sdr Tarsono@kalau nikah ke luar daerah asal, ya pakai surat numpang nikah dari kua setempat.Untuk akte kelahiran silakan aja urus ke Dukcapil, biasanya harus melampirkan fotocopy surat nikah orang tua atau keterangan dari KUA tentang pernikahan orang tua, jika sudah cerai, maka diakta cerai ada nomor akta nikahnya juga, dulu waktu cerai maka akta nikahnya diminta pengadilan agama, maka coba periksa lebih teliti lagi.

  165. mau nanya pak,,,saya mau menikah dengan seorang duda,
    laki2 itu dulu nikahnya hanya numpang,,terus bercerai juga tidak secara hukum,,mau menindak lanjuti perceraian tapi mantan istrinya entah kemana,
    bagaimana pak solusinya,,apakah boleh saya menikah denganya tanpa ada surat cerai,yang menerangkan status duda.
    trmksh

    • sdri Lina@kalau menikah harus jelas statusnya, kalau udah cerai maka harus ada bukti akta cerai, kalau statusnya masih suami orang maka namanya poligami.Masalah akta cerai diperoleh setelah ada sidang putusan perceraian di Pengadilan agama, maka jika menghendaki akta cerai ya datang aja ke pengadilan agama, dan urus perceraian, baik ada isteri maupun tidak ada isteri, ada aturannya di pengadilan agama.

  166. saya warnaganegara Malaysia dan beragama kristian,, calon suami saya muslim. saya kira memeluk agama islam dan bernikah di Bali. bagaimana caranya? apa syarat-syarat untuk bernikah? apa dokumen yg perlu di bawa. kami kira nikah terus di bali dan honeymoon

    • Sdri Anna@ Yang jelas lakukan ikrar masuk Islam dihadapan tokoh agama Islam, adapun segala persyaratan nikah bisa diurus di Kantor perwakilan malaysia atau kedutaan besar malaysia yang ada di Indonesia , dokumen dari malaysia lengkap maka baru bisa diterima di KUA yg ada di Bali

  167. asalamualaikum pak saya mau nnya ksaya mau nikah cuma saya sma psangan saya g pnya akte bagaimna pak….

    • sdri Shinta@
      wa’alaikumussalam wr wb, nggak masalah, jika memang belum punya akta kelahiran, asal punya surat pendukung lainnya,seperti KTP, KK, Ijazah,dll , paling bagus ya segera aja urus akta kelahiran

      • assalammu’alaikum pak….
        saya mau tanya:
        1. apa perbedaan surat pindah kawin dan surat rekomendasi KUA?
        2. surat N3 itu yang membuat pihak laki2 atau pihak perempuan?
        dalam hal ini calon suami dari daerah lain( saya jatim dan suami kalimantan)
        terimakasih…..

      • sdr echa@ wa’alaikumus salam
        1. surat pindah kawin berarti tidak nikah di kua setempat Atau domisili istri namun hendak menikah di tempat lain , surat rekomendasi nikah merupakan surat pengantar mempelai laki-laki ke kua mempelai perempuan(tergantung maksud surat aja, jika kalimat surat pindah kawin diganti namanya dengan surat rekomendasi/numpang nikah juga nggak masalah, tergantung maksud suratnya.
        2. N3 1 lembar ditanda tangani oleh kedua mempelai, dari pihak laki-laki atau perempuan silakan, yang penting N3 ditandangani kedua mempelai

    • sdri shinta@wa’alaikumus salam
      kalau nggak punya akte kelahiran ya silakan segera untuk mengurusnya ke RT RW Dukuh kelurahan kecamatn lalu ke duckapil, cari akte kelahiran nggak sulit kok, gampang, itu sebagai bukti surat asal usul anak sebagaimana dijelaskan dalam uu perkawinan no 1 th 1974 pasal 55

  168. Assalamualaikum wr.wb.
    Pak, mau tanya sy janda mau menikah. Surat2 sudah terdaftar di KUA melalui bantuan modin di desa sy. kmdn sy diberi surat pengantar untuk imunisasi. tapi yg sy bingungkan, apakah sy perlu imunisasi lg di puskesmas, mengingat dl sblm pernikahan sy yg pertama sy pernah imunisasi.
    Terima kasih sebelumnya.

    • Sdri Uka@ wa’alaikumus salam,ya silakan aja tanya ke puskesmas terkait perlu tidaknya imunisasi, karena sifatnya adalah anjuran kesehatan

  169. asslkum.wr.wb
    apakah dapat saya langsung menikah dan menyelesaikan langsung administrasinya di kua?
    karna orang tua saya tidak menyetujui pernikahan kami pak,sedangkan melalui kecamatan/lurah proses saya selalu dipersulit.
    mohon solusinya pak,terima kasih.
    wslkum.wr.wb

  170. asslkum.wr.wb
    apakah dapat saya langsung menikah dan menyelesaikan langsung administrasinya di kua?
    karna orang tua saya tidak menyetujui pernikahan kami pak,sedangkan melalui kecamatan/lurah proses saya selalu dipersulit.
    mohon solusinya pak,terima kasih.
    wslkum.wr.wb
    dengan besar hati mohon maaf bila ada kekeliruan kata.

    • sdr Dhimas@ wa’alaikumus salam
      anda harus bersabar, dan bersikap bijaksana jangan terburu nafsu, nikah bukan untuk seminggu atau sebulan namun untuk seumur hidup anda, maka bangun hubungan yang baik dengan keluarga sendiri juga keluarga calon isteri, untuk urus pernikahan mesti saja harus ke kelurahan karena anda merupakan warga kelurahan setempat, antara kua dan kelurahan biasanya telah terjalin hubungan yang baik, syarat-syarat pernikahan diperoleh di pemerintah desa/kelurahan setempat, datang ke kua dengan membawa berkas2 dari desa/kelurahannya masing-masing, kalau nggak ada berkas-berkas dari kelurahan maka KUA juga nggak bisa memprosesnya

  171. saya ingin menikah dg pria muslim ttpi saat ini kmi masih brbeda agama.saya ingin mengikuti agama calon suami saya,mohon di bantu untuk syarat2nya apa saja?dan sebagai informasi saya skg berdomisili di kota B tetapi KTP saya kota M.mohon bantuannya untuk di berikan penjelasan langkah2 apa saja yang harus saya lakukan. Atas jwbanya saya ucapkan teria kasih.

    • Sdri Feby@jika mau masuk agama Islam bisa hubungi pemuka agama islam setempat, setelah ikrar sahadat dan tanda tangan surat pernyataan masuk islam atas kehendak sendiri lalu ganti KTP dikelurahan kota M, lalu urus syarat-syarat nikah di kelurahan M juga lalu ke KUA setempat juga, jika mau nikah di kota B, minta pengantar numpang nikah ke kua yang dituju.

  172. Assalamu’alaikum…
    Pak.. saya ingin bertanya.. saya telah menikah siri dengan seorang ustad. Namun pernikahan tersebut belum memiliki buku nikah yang resmi.Saat ini saya mempunyai satu orang anak lelaki dan bermaksud mengurus akte kelahiranya. Namun saya mengalami kesulitan karna tidak memiliki kelengkapan dokumen seperti surat nikah. KK. bahkan KTP pun statusnya masih blm kawin. Mungkinkan saya memperoleh buku nikah yg resmi(asli). Karna sekarang ini banyak beredar buku nikah aspal.

    • .. langkah apa yg hrs saya lakukan agar dpt memperoleh dokumen yg resmi tersebut. Sebelumnya terima kasih banyak. Wassalam.

    • sdri Barkah@ wa’alaikumus salam, karena nikah anda nikah sirri, maka untuk membuktikan keabsahan pernikahan saudara harus ada penetapan pernikahan di pengadilan agama istilahnya isbat nikah, coba saja isbat nikah ke pengadilan agama setempat, jika dikabulkan anda bisa mencatatkan pernikahan anda ke kua setempat sesuai waktu dan tempat pernikahan dulu berlangsung, jika isbat nikah anda ditolak karena dianggap tidak memenuhi syarat dan rukun nikah secara syar’i , maka silakan anda mengulang pernikahan dihadapan PPN di KUA, adapun status anak diluar nikah resmi adalah anak ibunya. Sebagaimana dijelakan dalam
      -UU No.1 tahun 1974 tentang Pernikahan, Pasal 42 Ayat 1 : Anak yang sah adalah anak anak yang dilahirkan dalam atau sebagai akibat perkawinan yang sah.
      dan juga UU No.1 Tahun 1974 Pasal 43 Ayat 1 : Anak yang dilahirkan di luar perkawinan hanya mempunyai hubungan perdata dengan ibunya dan keluarga ibunya. Sementara setelah diuji materi menjadi “anak yang dilahirkan di luar perkawinan mempunyai hubungan perdata dengan kedua orang tua biologis dan keluarganya dapat mengajukan tuntutan ke pengadilan untuk memperoleh pengakuan dari ayah biologisnya melalui ibu biologisnya
      Dan terkait adanya surat nikah palsu, silakan laporkan ke kua setempat, agar tidak terjadi lagi

      • Assalamu’alaikum Pak… maaf.. diatas saya lupa menyebutkan bahwa saya ini dipoligami (istri ketiga).. Meski begitu suami saya menghadirkan salah seorang dr pihak KUA wali hakim dan 2 org saksi. Suami saya jg memberikan buku nikah. Namun setelah saya perhatikan ternyata dlm buku tsb tertulis bahwa suami saya status sebelumnya jejaka. Sehingga saya fikir buku nikah tersebut AsPal.
        Pertanyaannya.. mungkinkah saya mendapatkan dokumen pernikahan yg sah/resmi sehingga saya dapat mengurus dokumen yg lainnya..yg asli jg. Baik KTP KK Akte.
        Terima kasih sebelum dan sesudahnya.Wassalam

  173. Sdri Barkah@Wa’alaikum salam
    Jika proses pernikahannya resmi maka akan dapat dokumen resmi pula.Masing2 mempelai mengurus semua berkas persyaratan mulai dari RT/RW, Dukuh, kelurahan lalu kecamatan baru ke KUA, Berkas dari pihak mempelai laki-laki diperiksa, demikian pula berkas dari pihak perempuan juga diperiksa, mempelai laki-laki dan mempelai perempuan juga ditanya, diperiksa juga wali dari mempelai perempuan, KUA juga minta keterangan kepada Pembantu pegawai pencatat nikah yang ada didesa/kelurahan, mengenai kebenaran data-data tersebut dengan pemilik data.Kalau mempelai perempuan tidak punya wali nikah yang sah(seperti ayah kandung, sdr kandung, paman dari ayah, dll) ia harus mengajukan ikrar wali hakim dan membacanya dihadapan kepala KUA sebelum ia nikah dan menandatangani surat ikrar wali hakim tersebut, jika pernikahan poligami maka harus ada ijin poligami dari pengadilan agama.Jika anda isteri ketiga, pasti sebelumnya ada sidang di pengadilan, itu jika pernikahannya resmi, bisa juga status suami anda Jejaka karena kedua isteri nikahnya juga tidak resmi (sehingga tidak berpengaruh terhadap administrasi Negara)

  174. Assalamu’alaikum .. terima kasih atas fast responya. Saya ingin bertanya mengenai sidang di pengadilan agama berkenaan dg izin poligami.. apakah itu akan memakan waktu yg lama dan butuh biaya berapa? Siapa saja yg akan terlibat dalam sidang tersebut jika :
    * istri pertama sudah terdaftar pernikahanya begitu juga istri kedua.. atau sah secara hukum negara.
    * hanya istri pertama saja yg sudah terdaftar

    Karna setahu saya istri pertama bisa memiliki kk ktp dan akte bg anak2nya. yg kedua pun punya e-ktp dan kk . Sementara saya sudah mengajukan ke la tor dinas kepe dudukan dan catatab sipil tp ditolak. Krn suami telah terdaftar no induknya di kk bersama istri kedua
    Untuk pengetahuan bapak.. istri pertama tinggal di wilayah kabupaten sedangkan yg kedua di wilayah kota tp masih satu Kota. Saya juga di wilayah kabupaten.

  175. Sdri Barkah@terkait waktu berapa lama, ditentukan jadwal sidang yang ada, atau antrian yang ada juga perkara yang diajukan demikian juga biaya semua mengikuti kebutuhan proses persidangan.
    untuk lebih jelasnya datang aja ke pengadilan agama sesuai domisili

  176. Assalammualaikum wr wb Pak, sy ingin bercerita dulu sebulm sy bertanya. Sy mau nikah dgn seoarang wanita nasrani, dia sudah mau utk masuk ke agama allah. tp sebelum nya calon istri sy ini pernah menikah tp dlm pernikahan tersebut tdk ada yg nama nya kalau di islam itu ijab qobul yg ada lngsung acara resepsi saja (pesta). Sedang kan calon istri sy ini sudah lama sekali tdk di nafkahi lahir dan batin sama suami nya tersebut. Yg mau sy tanya kan adl : 1). apa kah sy dan calon istri sy ini bisa utk menikah? 2). apakah pernikahan yg akan kami rencana kan ini melanggar hukum allah dan hukam negara? 3). Apa kah di sebut pernikahan calon istri sy dgn suami nya tersebut? Mohon di bantu pak.. Tks

    • wa’alaikum salam@Mr Dersi, maaf baru saya jawab,Pertama; pernikahan di KUA adalah pernikahan dengan sesama orang islam, dan jika berasal dari non muslim dan kemudian masuk islam maka harus dibuktikan dengan adanya ktp ataupun surat pernyataan masuk islam bermeterai.Kedua: orang menikah statusnya harus jelas, apakah sebagai jejaka, perawan, duda, ataukah janda, mestinya ada bukti semisal KTP, jika duda atau janda cerai maka ada bukti akta cerai, jika tidak ada maka kua tidak bisa menerima pendaftarannya, ataupun surat kematian bagi janda atau duda yang ditinggal mati pasangannya, Ketiga: pernikahan dianggap sah apabila memenuhi syarat dan rukun, dalam fiqh islam indonesia, rukunnya antara lain ; adanya mempelai, wali, 2 saksi,ijab qobul dan dihadapan pegawai kua/PPN.jika tidak demikian maka melanggar hukum Alloh atau hukum negara ala islam indonesia.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: