PASAR BENDUNGAN PERLU DITATA

Wates,
Bupati Kulonprogo H Toyo S Dipo berpendapat, sekarang ini kondisi Pasar Bendungan sebagai pasar tradisional perlu ditata. Agar keberadaannya tidak tergusur oleh pasar modern.
Hal itu dikatakannya pekan lalu di Wates kepada wartawan, menurutnya Pasar Bendungan saat sudah semakin besar dan padat. Namun kondisinya masih kumuh.
Toyo mengatakan penataan pasar tersebut baik dari kekumuhan maupun dari kelancaran akses masuk. Ia mengakui sudah ada pengembang yang akan menggarap pasar tersebut. Yaitu membangun kios dan los. Ia menegaskan syarat, pasar tersebut perlu disediakan akses jalan masuk bagi kebutuhan bongkar muat barang.
“Sekarang ini untuk bongkar muat barang, sebagian besar dilakukan pedagang di depan pasar atau di jalan utama Bendungan. Padahal jalan tersebut relatif sempit, sehingga sering terjadi kemacetan” katanya.
Kepadatan pasar tersebut diakui sulit dihindari karena pasar ini didatangi pedangang mulai dari Kebumen Klaten Magelang, sehingga jumlah pengunjung pasar memang semakin banyak.
Disamping pasarnya, Bendungan menurut Toyo terminal merupakan kebutuhan mendesak. Yaitu untuk menggantikan fungsi terminal Wates yang ada di Gawok. Terminal bus di Gawok semakin padat dan sulit diperluas. Sementara Kulonprogo memerlukan fasilias terminal yang lebih memadai. Sehingga beban terminal di Gawok akan terkurangi.
Terminal di Bendungan tersebut rencananya akan dibangun di sebelah timur Kantor KPU Kulonrogo, dan akan menjadi terminal utama di Kulonprogo.
“Terminal ini juga dapat digunakan mengurangi kepadatan Pasar Bendungan. Yaitu akan diperbanyak bangunan kiosnya” katanya
Mengenai kekumuhan pasar bendungan diakui oleh Ny Wiwik, warga Bendungan. Setiap musim hujan seperti sekarang kondisi tengah pasar sangat menjijikkan, becek licin dan kotor. Sehingga kadang ia enggan masuk di tengah pasar. Kondisi seperti itu diakui merugikan pedagang di dalam los pasar, karena kurang laku dagangannya.

(Udin/Dwi)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s