TUMBUHKAN JIWA DAN SEMANGAT MENCINTAI POTENSI KELAUTAN

Bupati Ajak Memasyarakatkan Lagu Pelaut
Nenek moyangku orang pelaut,
gemar mengarung luas samudra
menerjang ombak tiada takut
menempuh badai sudah biasa………..
Syair lagu Pelaut karya Ibu Sud di atas, sudah tidak asing bagi generasi muda dan para orang tua kini, karena sewaktu kecil dulu merupakan salah satu lagu yang wajib hafal di sekolah, namun berbeda dengan anak-anak sekolah sekarang yang tak banyak tahu, bahkan mendengarpun mungkin belum pernah. Anak-anak sekarang lebih akrab dan hafal dengan lagu-lagu yang lagi hits atau top dari kelompok band tertentu. Padahal kalau dicermati lagu tersebut mengandung semangat yang tinggi bagi masyarakat Indonesia yang sebagian besar wilayah berupa lautan.
Melihat kondisi tersebut Bupati Kulonprogo H Toyo Santoso Dipo mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk memasyarakatkan kembali lagu Pelaut karya Ibu Sud untuk menumbuhkan kembali jiwa dan semangat mencintai potensi kelautan, menginggat Kulonprogo punya potensi kelautan bahkan tidak lama lagi akan segera berfungsi pelabuhan samudera Karangwuni
Melalui surat edaran Bupati Kulonprogo nomor:130/1037, tertanggal 6 Mei 2008 yang ditujukan kepada pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), kepala desa, kepala sekolah TK,SD,SMP,SMA,SMK dan pimpinan PAUD se-Kulonprogo disebutkan bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan negara maritim, karena dua pertiga wilayahnya adalah laut. Hal ini menjadi potensi ekonomi yang sangat besar untuk dikelola dalam sistem pertahanan dan keamanan nasional.
Kabupaten Kulonprogo sebagai bagian wilayah yang mempunyai potensi kelautan harus mengoptimalkan melalui pemberdayaan ekonomi kelautan, pariwisata dan pengelolaan lainnya dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu perlu menumbuhkan jiwa dan semangat mencintai potensi kelautan kepada seluruh lapisan masyarakat.
Dengan berbagai pertimbangan tersebut lagu Pelaut dikenalkan kembali ke masyarakat melalui pimpinan SKPD kepada anggota dan kelompok binaannya, kades kepada seluruh lapisan masyarakat khususnya kelompok –kelompok belajar yang ada di masyarakat serta kepala sekolah TK hingga SLTA dan pimpinan PAUD untuk menyelipkan lagu dalam pembelajaran melalui Mata Pelajaran Seni Budaya Ketrampilan (SBK) setelah pelajaran berakhir atau pada acara tertentu secara rutin.
Dalam surat edaran dengan tembusan Kadinas Pendidikan dan Camat se-Kulonprogo tersebut juga dilampirkan naskah lagu Pelaut.

(Humas/Dwi)

Iklan

Tentang Eyang Surur

Peduli semua
Pos ini dipublikasikan di Kulon Progo. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s