PRING MUSTOKO EDI

PRING MUSTOKO EDI

MANTAN LURAH JADI KOLEKTOR BAMBU

Sleman

Mantan lurah Caturharjo Nambi setelah tidak terpilih kembali menjadi lurah punya hobi baru mengoleksi bambu. Dan ketika wartawan berkunjung ke rumahnya Nambi menjelaskan hobinya tersebut.Diantara bambu-bambu yang dimilikinya adalah Pring tempel, kebetulan bambu tersebut, bambu yang dipakai untuk memanggul gunungan ( 20/3-08 ) dialun-alun selatan dalam acara Garebeg Maulud memperingati kelahiran nabi Muhammad SAW.

Dan saat inipun ia memiliki Pring Tali berasal dari Pantura (pantai utara) bernama Bambu Mustoko Edi, merupakan pring antik kelas tinggi, disebut juga pring petuk. Pemburu Pring menghargainya bisa Milyaran,” kata Nambi. Pring Petuk sudah biasa dikenal pemburu Bambu. Pring Mustoko Edi ini ada Khodamnya(pemelihara), Nambi mendapatkannya di kawasan Pantura Purwoombo. Pring Mustoko Edi ini belum banyak diceritakan orang, suatu saat akan dicari orang dan orangnya bukan sembarangan pada level tinggi. Mustoko berarti Kepala, Edi berarti Indah.

Kepada wartawan, Nambi menyatakan,” coba anda perhatikan bambu ini, mirip Kuluk sebagaimana Patung KRT Pringgodiningrat, yang ada di pertigaan Denggung, Bupati pertama Sleman, diatas Balnkon yang ia pakai ada kuluk seperti bentuk dibambu ini. Dan bentuk Kuluk seperti itu se ring dipakai oleh kerabat Kraton.Dan secara Supranatural bambu ini tumbuh didekat makam seorang Wali.

Dan tingkat kerumitannya terdapat mata 3, bersebelahan timbul normal, dibaliknya nggak biasa tumbuh. Separuh tumbuh normal dibawahnya tumbuh juga dan pring terbagi dua dengan pasangan bentuk jama’. Berasal dari Panturo daerah Purwoombo, Nambi ambil sendiri, bambu itu. Kebetulan dekat rumah keluarganya yang ada di Pantura. Ceritanya waktu siang hari selagi istirahat ada suara memnggilnya,” Nek arep motong pring, dengar suara tersebut, segera dicarinya asal suara tersebut dan segera ditemukan bambu yang dimaksud , dan bagi Nambi untuk memotongnya tidak sulit, karena sudah biasa melakukan lelaku.

Bambu ini memberi keberuntungan bagi orang-orang yang dikehendaki, pemilik bambu ini biasanya punya ketenangan jiwa dan dipercaya jika punya cita-cita akan tercapai., namun semua dikemablikan kepada kekuasaan Tuhan. Dan kadang keberuntungan bisa diperoleh siapa saja, tidak mesti pemiliknya namun orang lain juga bisa tergantung siapa yang punya pulung(keberuntungan). Bambu ini sudah dimiliki Nambi sejak beberapa tahun yang lalu.(udin)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s