MIMPI KAYA ALA MULTI TIPU MARKETING

MIMPI KAYA ALA MULTI TIPU MARKETING

Yogyakarta

Dalam siarannya Lembaga Ombudsman Swasta melalui spektrum volume 1 nomer 2 april 2007, sudah ratusan ribu orang tertipu dengan nilai miliaran rupiah oleh bisnis multi tipu marketing yang menawarkan mimpi kaya. Masyarakat belum kritis dan bersikap rasional, disi lain upaya pemerintah dalam mengawasi bisnis belum maksimal.

Kasus penipuan berkedok MLM terakhir yang paling heboh di Yogyakarta dilakukan oleh CV Mitra Wirausaha Indonesia(MWI). Sekitar 25 ribu orang tertipu oleh iming-iming MWI dengan total kerugian senilai 18,8 milliar. Modusnya dengan menjaul saham senilai Rp. 1 juta per lembar. Setiap nasabah diharuskan mencari nasabah lain yang menjadi down line-nya. Nasabah aktif juga diming-imingi bonus berupa paket sembako dan uang tunai Rp. 50 ribu yang akan diterima selama empat bulan berturut-turut. Plus bunga yang sangat menggiurkan. Pada awalnya memang lancar, namun selang beberapa bulan semua iming-iming it hanya isapan jempol belaka. Uang yang diharap, malah buntung yang diperoleh.

Praktek Multi tipu marketing yang terbongkar bukan pertama kali ini saja terjadi di Indonesia, khususnya di Yogyakarta (lihat tabel kasus MLM) . Multi tipu marketing merupakan istilah untuk bisnis menipu yang menggunakan modus multi level Marketing (MLM). Istilah ini diperkenalkan oleh Helmy Attamimi, ketua APLI. Tapi tampaknya masyarakat kita tidak pernah belajar dari sejarah. Mudah tergiur dan tertipu oleh modus dan kasus yang sama.

Kejadian semacam ini bukan hanya merugikan masyarakat, namun juga citra bisnis MLM secara keseluruhan. Padahal modal utama bisnis MLM adalah kepercayaan. Kini akibat ulah pelaku multi Tipu marketing, pelaku MLM yang gigih terkena imbasnya. Mereka harus bekerja keras membangun kepercayaan masyarakat lagi.(Udin)

Kasus

Modus Operandi

Perkiraan korban dan nilai

Waktu

CV.Mitra Wirausaha Indonesia

Anggota baru harus membeli saham dengan harga Rp I juta per lembar surat. Bila mendapat downline maka akan memperoleh bonus 5 bulanan berupa uang Rp.50 ribu perdownline dan paket sembako

Kerugian Rp 18,8 miliar,24.877 orang

Februari 2007

Koperasi Dharma Sejahtera Niaga

Anggota baru harus membeli paket minimal satu paket saham senilai Rp.900.000. uang itu akan dikembalikan pada bulan keenam, dan menjadi Rp.1.250.000. Para anggota juga mendapatkan kupon bulanan senilai Rp.100.000 untuk dibelanjakan bnarang ke koperasi.

14 ribu orang diperkirakan kerugian yang diderita para korban sekitar Rp.13 miliar

September 2006

Iklan

Tentang Eyang Surur

Peduli semua
Pos ini dipublikasikan di Yogyakarta. Tandai permalink.

6 Balasan ke MIMPI KAYA ALA MULTI TIPU MARKETING

  1. free-7 berkata:

    ya…bener atau nggaknya jenis bisnis itu , tidak baik dan tidak wajar dan tidak proffesional.
    itu cuma permanan doktrin atau sejenis teknik menghipnotis atau merayu org secara murahan, yg jadi korban ya org2 kurg wawasan bisnis terutama bisnis ol , dan suka berfikir tak relistis 🙂

  2. abiehakim berkata:

    Masyarakat mungkin sudah parah tingkat depresinya, shg apapun cara akan dipakai. Salam kenal

  3. aduh berarti kita hars lebih mawas dan lebih cerdas. Jangan sampai ketipu 🙂

  4. oRiDo™ berkata:

    untung aja..
    aku pernah di ajak dan tak tertarik…
    untung aja ampe sekarang bener2 gak tertarik utk ikut MLM…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s