Ribuan Warga Ikuti Nyadran Agung

Ribuan Warga Ikuti Nyadran Agung

Ribuan warga Kulon Progo, Sabtu sore (30/8) mengikuti upacara Nyadran Agung yang dilgelar di depan rumah dinas bupati. Upacara didahului dengan kirab gunungan dari gedung DPRD yang dipimpin oleh Assek II Ir Agus Anggono. Tiga gunungan nasi uduk, apem dan uba rampe itu diringi bregada kelompok kesenian dari 10 Desa Budaya di Kulon progo.

Dari gedung DPRD, kirab berjalan menuju rumah dinas bupati yang berjarak sekitar 0,5 km melalui depan kantor Pemkab dan alun-Alun wates. Peserta lain yang terdiri dari perangkat desa dan PNS di lingkunag Pemkab Kulon Progo melakukan kirab dati tirik lain, Ykni teteg kulon dan perempatan SGO. Kemudian masing-masing bertemu di kompleks rumah dinas bupati.

Bupati H Toyo Santoso Dipo yang telah menunggu bersama Wabup Drs H Mulyono dan Muspida Plus menyambut kedatangan peserta kirab yang hadir diikuti penampilan kelompok kesenian. Penampilan mereka berlangsung sekitar 1 jam.

Usai penampilan kelompok kesenian, dilakukan doa yang dipimpin oleh ulama setempat KH Abdullah Syarifudin, yang dilanjutkan pemotongan tumpeng oleh Bupati dan diserahkan Wakil Ketua DPRD Drs Sarwidi. Usai pemotong tumpeng 3 gunungan langsung diperebutkan oleh warga yang hadir. Sementara peserta nyadran termasuk warga perantauan makan bersama dengan Bupati Toyo dan seganap pejabat Pemkab.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s