Sunan Abi Dawud

Sunan Abu dawud

حدثنا عمرو بن عون أخبرنا إسحق بن يوسف عن شريك عن حصين عن الشعبي عن قيس بن سعد قال أتيت الحيرة فرأيتهم يسجدون لمرزبان لهم فقلت رسول الله أحق أن يسجد له قال فأتيت النبي صلى الله عليه وسلم فقلت إنى أتيت الحيرةفرأيتهم يسجدون لمرزبان لهم فأنت يا رسول الله أحق أن نسجد لك قال أرأيت لو مررت بقبر أكنت تسجد له قال قلت لا قال فلا تفعلوا لو كنت امرا أحدا أن يسجد لأحد لأمرت النساء أن يسجدن لأزواجهن لما جعل الله لهم عليهن من الحق.

‘Amr bin ‘Aun menceritakan kepada kami, telah memberitahukan kepada kami, Ishaq bin Yusuf dari Syarik, dari Husain, dari as-Sya’by, dari Qais bin Sa’ad dia berkata: ketika aku singgah di Hirah aku melihat para penduduknya sujud kepada panglima mereka. Maka aku berkata “rasulullah adalah orang yang paling berhak untuk diberikan sujud. Kemudian Qais menemui Nabi SAW dan berkata, “Aku singgah di Hirah dan aku melihat para penduduknya sujud kepada panglima mereka. Wahai rasulullah sesungguhnya engkaulah orang yang paling berhak untuk diberikan sujud”. Jawab Nabi, “Bagaimana pendapatmu andaikata engkau melewati kuburku, akankah engkau bersujud pada kuburan itu?” aku jawab, “tidak!” Nabi bersabda lagi, “maka janganlah engkau sekalipun melakukan hal itu. Sekiranya aku orang yang memerintahkan seseorang untuk bersujud pada yang lain, tentu akan kuperintahkan perempuan untuk bersujud pada suaminya karena hak suami yang telah Allah tetapkan terhadap mereka.”

Sunan Turmuzi

حدثنا محمود بن غيلان حدثنا النضربن شميل أخبرنا محمد بن عمروعن أبي سلمة عن أبي هريرة عن النبي صلى الله عليه وسلم قال لو كنت امرا أحدا أن يسجد لأحد لأمرت المرأة أن يسجد لزوجها قال وفى الباب عن معاذبن جبل وسراقة بن مالك بن جعشم وعائشة وابن عباس وعبد الله بن أبي أوفى وطلق بن علي وأم سلمة وأنس وابن عمر قال أبو عيسى حديث أبي هريرة حديث حسن غريب من هذا الوجه من حديث محمد بن عمرو عن أبي سلمة عن أبي هريرة.

“Mahmud bin Gailan menceritakan kepada kami, telah menceritakan kepada kami an-Nadr bin Syumail, dari Muhammad bin ‘amr dari Abu Salamah dari Abu Hurairah, dari Nabi SAW beliau berkata, ‘Andaikata aku orang yang memerintahkan seseorang untuk bersujud pada yang lain, niscaya akan kuperintahkan perempuan untuk bersujud pada suaminya.” Dan dalam satu bab dari Mu’ad bin Jabal dan Saraqah, dari Malik bin Ju’syum dan ‘Aisyah, Ibn Abbas, ‘Abdullah bin Abi Aufa, Talq bin ‘Ali, Ummu Salamah, Anas dan Ibn ‘Umar, Abu ‘Isa berkata bahwa hadis Abu Hurairah adalah hasan gharib, dari jalur hadis Muhammad bin Amr dari Abi Salamah dari Abu hurairah.

Sunan Ibn Majah

حدثنا أبو بكر بن أبي شيبة حدثنا عفان حدثنا حماد بن سلمة عن علي بن زيد بن جدعان عن سعيد بن المسيب عن عائشة أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال لو امرت أحدا أن يسجد لأحد لأمرت المرأة أن تسجد لزوجها ولو أن رجلا أمر اامرأته أن تنقل من جبل أحمر إلى جبل أسود ومن جبل أسود إلى جبل أحمر لكان نولها أن تفعل.

“Abu Bakar bin Abi Syaibah menceritakan kepada kami, beliau mendengar dari ‘Affan yang mendengar dari Hammad bin salamah dari Ali bin Zaid bin Jud’an dari Sa’id bin Musayyab dari ‘Aisyah bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Andaikata kuperintahkan seseorang untuk bersujud pada yang lain, niscaya aku perintahkan perempuan untuk bersujud pada suaminya. Dan seandainya seorang laki-laki memerintahkan istrinya agar memindahkan sesuatu dari Jabal Ahmar ke jabal aswad lalu dari jabal aswad ke jabal ahmar maka istri harus melakukannya.

Sunan Ibnu Majah

جدثنا أزهر بن مروان قال حدثنا حماد بن زيد عن أيوب عن القاسم الشيبان عن عبد الله بن أبي أوفى قال لما قدم معاذ من الشام سجد للنبي صلى الله عليه وسلم قال ما هذا يا معاذ قال أتيت الشام فواقفتهم يسجدون لأساقفتهم وبطارقتهم فوددت فى نفسي أن نفعل ذلك بك فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم فلا تفعلوا فإني لو كنت امرا أحدا أن يسجد لغير الله لأمرت المرأة أن تسجد لزوجها والذي نفس محمد بيده لا تؤدّي المرأة حقّ ربها حتى تؤدّي حق زوجها ولو سألها نفسها وهي على قتب لم تمنعه.

Azhar bin Marwan menceritakan kepada kami, dia mendengar dari Hammad bin Zaid dari Ayyub dan al-Qasim as-Syaibaniy dari abdillah bin Abi Aufa, dia berkata, “Ketika Mu’az tiba dari Syam dia bersujud pada Nabi SAW. Nabi bersabda, “Ada apa ini wahai Mu’az?” Mu’az menjawab, “Aku telah tiba di Syam dan kulihat penduduknya bersujud pada para pemimpin dan pembesar mereka, maka aku pun berkeinginan untuk melakukan sujud padamu wahai Nabi.” Rasulullah bersabda, “Jangan lakukan hal itu, sesungguhnya seandainya aku orang yang memerintahkan seseorang untuk bersujud pada selain Allah pastilah keperintahkan perempuan untuk bersujud pada suaminya. Dan demi Dzat yang jiwa Muhammad ada di tangan-Nya, tidaklah seorang perempuan menunaikan hak Tuhannya sebelum dia menunaikan hak suaminya. Dan andai suami meminta jiwanya dia pun tidak menolaknya.”

Musnad Ahmad

حدثنا إسماعيل حدثنا أيوب عن القاسم الشيباني عن عبد الله بن أبي أوفى قال قدم معاذ اليمن أوقال الشام فرأى النصارى تسجد لبطارقتها وأساقفتها فرأو في نفسه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم احق أن يعظم فلما قدم قال يا رسول الله رأيت النصارى تسجد لبطارقتها وأساقفتها فروأت في نفسي أنك أحق أن تعظم فقال لو كنت امرا أحدا أن تسجد لأحد لأمرت المرأة أن تسجد لزوجها ولا تؤدي المرأة حق الله عز وجل عليها كله حتى تؤدي حق زوجها عليها كله حتى تؤدي حق زوجها عليها كله حت لو سألها نفسها وهي على ظهر قتب لأعطته إياه حدثنا معاذ بن هشام حدثني ابي عن القاسم بن عوف رجل من اهل الكوفة أحد بني مرة بن همام عن عبد الرحمن بن أبي ليلى عن أبيه عن معاذ بن جبل قال إنه أتى الشام فرأى النصارى فذكر معناه إلا انه قال فقلت لأي شيئ تصنعون هذا قالوا هذا كان تحية الأنبياء قبلنا فقلت نحن أحق أن تصنع هذا ببيننا فقال نبي الله صلى الله عليه وسلم إنهم كذبوا على أنبيائهم كام حرفوا كتابهم إن الله عز وجل أبدلنا خيرا من ذلك السلام تحية أهل الجنة فى سنة ثمان وعشرين ومائتين حدثنا وكيع حدثنا الأعمش عن أبي ظبيان عن معاذ بن جبل أنه لما رجع من اليمن قال يا رسول الله رأيت رجالا باليمن يسجد بعضهم لبعضهم افلا نسجد لك قال لو كنت امرا بشرا يسجد لبشر لأمرت المرأة أن تسجد لزوجها حدثنا ابن نمير حدثنا الأعمش قال سمعت أبا ظبيان يحدث عن رجل من الانصار عن معاذ بن جبل قال أقبل معاذ من اليمن فقال يارسول الله إنى رأيت رجالا فذكر معناه.

حدثنا عبد الصمد وعفان قال حدثنا حماد قال عفان اخبرنا المعنى عن على بن زيد عم سعيد عن عائشة أن رسول الله صلى الله عليه وسلم كان فى نفر من المهاجرين والأنصار فجاء بعير فسجد له فقال أصحابه يا رسول الله نسجد لك البهائم والشجرفنحن أحق أن نسجد لم فقال اعبدوا ربكم وأكرموا أخاكم ولو كنت امرا أحدا أن يسجد لأحد لأمرت المرأة أن تسجد لزوجها ولو أمرها أن تنقل من جبل أصفر إلى جبل أسود ومن جبل أسود إلى جبل أبيض كان ينبغي لها أن تفعله.

HUBUNGAN PERIWAYAT DENGAN METODE PERIWAYATANNYA. Secara mutlak, keadaan periwayat dapat dibagi kepada yang siqah dan yang tidak siqah. Dalam menyampaikan riwayat, periwayat yang siqah memiliki tingkat akurasi yang tinggi dan karenanya dapat dipercaya riwayatnya. Bagi periwayat yang tidak siqah, perlu terlebih dahulu diteliti letak ketidak siqat-annya, yakni apakah berkaitan dengan kualitas pribadinya ataukah berkaitan dengan kapasitas intelektualnya. Yang sudah pasti, riwayat yang disampaikan oleh orang yang tidak siqah, dari akurasinya berada di bawah riwayat yang disampaikan oleh orang yang siqah.

Dalam hubungannya dengan persambungan sanad, kualitas periwayat sangat menentukan. Periwayat yang tidak siqah yang menyatakan telah menerima riwayat dengan metode sami’na, misalnya, walaupun metode itu diakui ulama hadis memiliki tingkat akurasi yang tinggi, tetapi karena yang menyatakan lambang itu adalah orang yang tidak siqah, maka informasi yang dikemukakannya itu tetap tidak dapat dipercaya. Sebaliknya, apabila yang menyatakan sami’na adalah orang siqah, maka informasinya dapat dipercaya. Selain itu, ada periwayat yang dinilai siqah oleh ulama ahli kritik hadis, namun dengan syarat bila dia menggunakan lambang periwayatan haddasani atau sami’tu, sanadnya terdapat tadlis (penyembunyian cacat). Periwayat yang siqah namun bersyarat itu, misalnya ‘Abdul Malik bin ‘Abdul ‘Aziz bin Juraij, yang dikenal dengan sebutan Ibn Juraij (wafat 149 / 150 H)

Dengan uraian tersebut dapatlah dinyatakan bahwa untuk mengetahui bersambung atau tidak bersambungnya suatu sanad, maka hubungan antara periwayat dan metode periwayatan yang digunakan perlu juga diteliti. Karena tadlis masih mungkin terjadi pada sanad yang dikemukakan oleh periwayat yang siqah, maka ke-siqat-an periwayat dalam menggunakan lambang metode periwayatan perlu dilakukan penelitian secara cermat.

SKEMA SANAD HADIS

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s