PERIKLANAN YANG EFEKTIF

PERIKLANAN YANG EFEKTIF

(CLEVER ADVERTISING)

Brett William Lowe

Mengenali Target Audiens

  1. Membedakan keuntungan atau layanan unik

  2. Menentukan pasar dan Target Audiens

– sex, nationality, etc

– mengapa konsumen membeli, dll

  1. Memutuskan untuk memilih atau mengejar audiens/ konsumen

  2. Periklanan untuk memperbaiki target audiens

Membuat Anggaran

  1. Mengetahui kelebihan dan kekurangan pengeluaran iklan

  2. Me-alokasi dana iklan

  3. Berapa yang harus dikeluarkan untuk dana iklan? (jika beriklan dengan benar maka akan menerima feedback dari konsumen baik pula, yang artinya semakin banyak anda mengiventasikan dengan bijaksana semakin anda akan menerimanya kembali)

  4. Pengembalian apa yang anda harapkan dari audiens/ konsumen

  5. Biaya kampanye periklanan

    • Pengiklan terbagi atas 2 kategori :

Mereka yang membuat perencanaan anggaran

Mereka yang membeli periklanan secara impulsive.

    • Anggaran periklanan harus dibagi untuk beberapa bulan atau event-event tahunan

    • Membuat anggaran = siap meningkatkan pekerjaan

    • Anggaran periklanan sebaiknya untuk beberapa media

    • Buat anggaran dengan pengeluaran min 4% dari perputaran (turnover) tahunan untuk periklanan

    • Berhati-hati dengan kelebihan dan kekurangan pengeluaran

    • Uang lebih = untung lebih.

Memilih Media untuk Beriklan

(TV, Radio, SuratKabar)

Beriklan di TV

Pikirkan tentang :

  1. Detik yang vital (moment Visual)

  2. Jumlah waktu penayangan iklan

  3. Iklan nasional dan local

  4. Iklan pertama dan terakhir, pada waktu penayangan

  5. Waktu-waktu audiens menonton

  6. Perhatian 100%

  7. Nilai dari gambar-gambar

  8. Pemilihan Stasiun TV

  9. Pengulangan yang menjual (pick up your socks)

  10. Beberapa jebakan umum

  11. Menghubungkan Produk dengan konsumen

  12. Hati-hati terhadap periklanan dengan zone

  13. Spot rate

  14. Pastikan anda memiliki iklan yang tepat “tidak ada cukup penekanan pada kualitas dan kreativitas iklan-iklan TV”

Beriklan di Radio

  1. Teater dalam benak

  2. Perhatikan demografi

  3. Perhatikan waktu-waktu siaran/ shift

  4. Jangan terlalu banyak bereksperimen. “terlalu banyak gangguan dan terlalu sedikit daya tarik akan mengakibatkan pemindahan yang cepat ke stasiun radio yang lain

  5. waktu-waktu siaran mana yang paling efektif

  6. Stasiun mana yang harus anda pilih

Beriklan di SuratKabar

Watch about :

  1. Iklan baris atau iklan gambar

  2. Di SuratKabar mana?

  3. Pada hari apa?

  4. Di bagian mana saya harus memasang iklan ?

  5. Berikan kata yang menjual!

Presentasi Iklan

  1. Perhatikan karena kita yang beriklan

  2. Perhatikan Paket periklanan yang ditawarkan

  3. Perhatikan Insentif yang ditawarkan

Bonus Spot

Fillers/ daftar isian

Repeats/ pengulangan

  1. Perhatikan Sponsorship

  2. Kreatif presentation

Rating itu apa !

Untuk menawarkan :

  1. Hasil multi mingguan dan frekuensi

  2. hasil rata-rata program dan frekuensi

  3. hasil dan frekuensi

  4. pasang surut

  5. program-program top

  6. analisis tiap 15 menit

  7. Bagian 15 menit dan rata-rata

  8. Audiens kumulatif

  9. Audiens kumulatif dan rata-rata/ multi stasiun

  10. lamanya mendengarkan

  11. audiens potensial atau eklusif

why TV use people meter ?

– Membeli iklan berdasarkan rating

– Mengintepretasikan

Ide yang tepat membuat iklan anda kelihatan menonjol, seperti :

– tetaplah single jangan plural (hanya ada anda dan audiens)

    • pentingnya sebuah tema/ mencipta tema

    • keahlian multi : tentang kualitas

    • use keyword, visual, song

MENULIS NASKAH IKLAN YANG BAGUS

Copywriter adalah mereka yang memiliki keahlian jauh diatas rata-rata dan mungkin karya mereka jauh lebih bernilai dari bagian yang mereka terima, tetapi mereka mencintai pekerjaan mereka.

  1. Naskah iklan yang bagus merupakan suatu seni. “ tidak ada yang bisa mengajarkan menulis naskah iklan dengan berinspirasi dari buku-buku pelajaran (textbook)”

  2. Copywriter dapat meramalkan sejauhmana kampanye periklanan dapat berhasil sesuai naskahnya

  3. Copywriter yang baik akan diberikan kesempatan berkarya dan waktu untuk menghasilkan tema yang cerdik, contoh untuk iklan radio, biasanya 30-40 tema

  4. Copywriter yang baik menggabungkan detail-detail khusus

  5. naskah lengkap dibaca seksama sebelum memulai produksi

Copywriter naskah iklan pada SuratKabar

  1. Tonjolkan keuntungan produk untuk copypoint (petunjuk naskah)

  2. Buat eyecatching, jika beruntung anda akan mendapat pertanyaan oleh pembaca sebagai respon, pembaca ingin tahu.

Copywriter untuk naskah iklan Radio

  1. Iklan radio yang efektif adalah iklan yang dikerjakan dengan cerdik dan menjual!

Copywriter untuk naskah iklan TV

Be Watched!

Yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Naskah Iklan :

Jumlah Kata dalam membuat naskah iklan

Sekitar 90% dari iklan memiliki masa putar 30 detik (tetapi tidak ada yang lebih baik dari kenyataan)

Masa putar 30’ detik adalah standar, itu biasanya terdiri dari :

60 – 70 kata :

Untuk naskah iklan yang mengutamakan perasaan santai, ideal untuk iklan yang lembut, penjualan “soft sell”, seperti yang anda harapkan dari iklan. Berilah istirahat karena ini penting dan tekanan sebaiknya ditempatkan pada kata-kata kunci untuk mencapai kesan yang sedang anda cari.

70 – 80 kata :

Untuk naskah iklan dengan masa putar rata-rata 30 detik, cocok untuk sejumlah besar iklan, bisa dibaca dengan enak.

80 – 90 kata :

Untuk iklan yang dibaca dengan agak cepat “hard sell” digunakan untuk iklan yang membawa pulang pesanannya.

Format Naskah Iklan

Bentuk naskah Iklan radio

Klien :

Product :

Versi :

Durasi :

Naskah

A : (sfx)……

B :….,….

Naskah Iklan TV

Visual

Audio

SFX

    • Naskah iklan harus menggunakan “hook” (pengait) sebagai introduksi pada iklannya, peran hook untuk menarik perhatian para penonton/ para pembaca

Contoh : – Anda sudah tahu bahwa…?

– Jika…!

– Mengapa…?

    • Hook dapat digunakan dalam bentuk efektif seperti sebuah pemberitahuan

Contoh : – ini sudah terbukti!

Perhatian…informasi…(pokoknya yang bombastislah)

    • Hook juga digunakan untuk membuat suatu pernyataan kepada audiens untuk segera menyetujuinya

Contoh : Menyewa uang adalah pemborosan kenapa enggak beli sendiri?

    • Hook juga bisa menggunakan satu kata

Contoh : Gratis !, Hemat!, Sekarang!, dll

Hook adalah suatu alat untuk meraih dan menarik perhatian audiens, harus digunakan dalam penulisan naskah.

Body/ Isi naskah iklan

  1. Tempat untuk berpromo

  2. Memberi pengaruh-mempesona audiens

  3. Keuntungan-keuntungan vital untuk konsumen

  4. Memproyeksikan keuntungan produk dan juga iklan dapat tidak mencapai sasaran audiens

  5. Harus kuat, pandai, punya dampak dan meninggalkan kesan kuat

  6. Gunakanlah adjective verb untuk meraih atau menguraikan sesuatu, gambar-gambar, diagram untuk memperkuat kesan ataupun humor dan harus lucu!

Call to Action

(panggilan untuk konsumen, agar membeli produk)

    • Untuk respon pembaca, gunakan istilah : Ada di…, Bergesgaslah…!, Penaaran ini berlaku hanya…!

    • Hindari kelebihan no/ angka numeric ataupun no telepon kecuali itu hotline.

    • Jangan menggunakan kata klise (clichés)

Testimonial

(penghargaan merupakan arti yang berguna untuk mendapatkan suatu tanggapan)

    • Gunakanlah grabs (tangkapan konsumen)

Petunjuk yang harus diingat oleh Copywriter

  • Persiapkanlah waktu untuk suatu tema yang cerdik

  • Berikan petunjuk mengenai naskah

  • Iklan harus menjadi “magnet”

  • Berimajinasilah !

  • Gunakan kata adjektif

  • Hindari suatu aturan apalgi mengikat dan keras

  • Jangan dipenuhi kata-kata yang enggak berguna, dampak iklannya kecil sekali

  • Jumlah kata sesuaikan

  • Naskah harus punya hook

  • Hook untuk meraih dan menarik audiens

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s