BEBERAPA METODE DAN STRATEGI DALAM MENCETAK KADER PAN YANG CERDAS DAN MERAKYAT DALAM MENGHADAPI PEMILU MENDATANG

BEBERAPA METODE DAN STRATEGI DALAM MENCETAK KADER PAN YANG CERDAS DAN MERAKYAT DALAM MENGHADAPI PEMILU MENDATANG

Latar Belakang

Kita tahu bahwasanya pada dua priode pemilu yang telah lalu para kader PAN bisa dibilang kurang siap dan kurang sukses dalam menghadapi pemilu tersebut alasannya banyak sekali, diantaranya kurang cerdasnya serta kurang merakyatnya para kader PAN dalam menanggapi isu-isu politik nasional yang berkembang dalam masarakat atau akar rumput. Walhasil pemilupun lewat begitu saja tanpa ada hasil yang maksimal. Hal itu jika kita liahat lebih jelas dan mendalam akan terlihat bahwa semua itu disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu adanya kekurang siapan para kader PAN dalam menghadapi pemilu baik dalam segi kecerdasan maupun kekurangan dan bersosialisasi dengan akar rumput “merakyat”. Kekurang cerdasan para kader pan sendiri bisa dimaknai sebagai kekurang cerdasan dalam hal intelektual, kekurang cerdasan dalam hal mubilisasi masa, kecerdasan dalam pembentukan imej masarakat terhadap partai, mapun kecerdasan yang lain yang terkait dengan kencah perpolitikan.

Sedangkan mengenai kekurang merakyatnya para kader PAN dalam akar rumput “masarakat” bisa dilihat dari segi ketidak mampuannya para kader PAN untuk merangkul akar rumput agar lebih percaya dan memilih PAN sebagai wakil mereka, juga kekurang tahuannya para kader pan terhadap kebutuhan yang diharapkan serta di idam-idamkan oleh masarakat atau akar rumput.

Dari latar belakang diatas kiranya bisa diambil benag merahnya bahwa kata dasar cerdas dan merakyat bisa dimaknai dengan berbagai macam arti.berawal dari kata cerdas, cerdas disini bisa diartikan dengan cerdas secara intelektual, cerdas dalam berpolitik, cerdas dalam mobilisasi masa, cerdas dalam pembentukan imej masarakat, cerdas dalam melihat konteks yang terjadi di ranah politik dan cerdas dalam mengaktualisasikan diri. Dan kata merakyat sendiri bisa diartikan sebagai sosialisasi dalam masarakat serta dapat mengetahui kebutuhan dan mengerti keinginan masarakat umum, peduli dengan masarakat umum atau akar rumput dan dapat merangkul masarakat. Dari berbagai macam arti kata cerdas dan merakyat diatas kiranya jelas tuntutan terhadap kader PAN yang akan datang, dengan harapan supaya PAN yang akan datang dapat tetap eksis dan berjaya dengan kader yang cerdas dan merakyat dan tidak tergilas politik dan sejarah yang selalu dinamis.

Dari latar belakang diatas kiranya perlu diambil langkah-langkah dan strategi maupun metode untuk lebih mencerdaskan dan memasarakatkan kader PAN yang akan datang. Ada beberapa langkah dan strategi dan metode diantaranya berupa pelatihan-pelatihan mengenai kepemimpinan dan perpolitikan serta pelatihan pengkaderan dan pelatihan mobilisasi masa dan perangkulan masa. Itu semua pada dasarnya kurang cukup karena masih pada dataran teoritis saja, sedangkan pada dataran peraktice masih belum tersentuh maka perlu diadakannya kegiatan lebih ke praktice dengan melibatkan para kader seperti diadakannya kegiatan-kegiatan yang akan menjadi bekal bagi para kader PAN dimasa mendatang dan dapat menunjang bagi kejayaan PAN mendatang, tentunya itu semua memerlukan proses yang cukup dan yang paling penting adanya pendampingan dari para senior dalam partai. Dengan cara itulah keniscayaan bertambahnya beberapa kecerdasan pada kader pan yang akan datang.sedangklan untuk melatih para kader pan untuk lebih merakyat yaitu dengan cara memberi suatu ruang lingkup kegiatan yang bisa di hendel oleh para kader PAN dengan melibatkan akar rumput dilapangan, atau dengan cara memberi kegiatan pada para kader PAN seperti baksos maupun kegiatan yang lain dimana dapat memberi ruang pada para kader dan akar rumput untuk lebih saling memahami dan mengerti kebutuhan masing-masing, serta memberi pelatihan pada para kader PAN tentang pentingnya bersosialisasi dengan akar rumput baik bagi para kader PAN sendiri mupun bagi kelangsungan partai di masa mendatang.itulah beberapa strategi dan metode ynag mungkin dapat memberi jalan keluar yang lebih baik pagi para kader dan bagi partai sendiri di masa mendatang.AMIN

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s