Seks & Gender

Seks adlh pensifatan atau pembagian 2 jenis kelamin (laki-2 & perempuan), yg mrpk KODRAT dari TUHAN.Gender adlh: – Sifat dan perilaku yg dilekatkan pd jenis kelamin tertentu, yg dibentuk oleh masyrakat dan budaya.
Gender adlh: – Pembagian peran laki-2 dan perempuan oleh masyarakat atau budaya.* Jadi Gender BUKAN KODRAT TUHAN

Ciri-ciri Seks & Gender

Seks

1. Tdk berubah
2. Tdk dpt dipertukarkan
3. Berlaku slmnya
4. Berlaku untk siapa saja
5. Kodrat Tuhan

Gender

1.Bisa berubah
2.Bisa dipertukarkan
3.Bergantung masa
4.Bergantung budaya
5.Berbeda-beda antara ‘kelas’ dgn lainnya
6.Bukan kodrat, tapi buatan manusia

QS. 4 Al-Nisa ayat 1:

n يأ يها ا لنا س اتقوا ربكم الذي خلقكم من نفس واحدة وخلق منها زوجها وبث منهما رجالأ كثيرا ونساء واتقواالله الذي تساء لون به والأرحام إن الله كان عليكم رقيبا

n “Hai sekalian manusia, bertakwalah kpd Tuhanmu yg telah menciptakan kamu dari diri yg satu, dan daripadanya Allah menciptakan pasangannya; dan dari keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-2 dan perempuan yg banyak. Dan bertakwalah kpd Allah yg dg nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan peliharalah hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.”

 

17 al-Isra: 70:” Dan sungguh telahKami muliakan anak-cucuAdam, Kami angkut mrk di daratan dan di lautan, Kami beri mrk rizqi yg baik-baik,dan Kami lebihkan mrk

dg kelebihan yg sempurna atas kebanyakan makhluk

yg telah Kami ciptakan”.

 

 

 

Sederajat di Hadapan Allah
(QS. 49 al-Hujurat: 13)

 

  • ياايها الناس انا خلقناكم من ذكر وانثى وجعلناكم شعوبا وقبائل لتعارفوا ان اكرمكم عند الله اتقاكم ان الله عليم خبير

 

  • “Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling mengerti. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah yang paling bertakwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.”

Peran Jenis Kelamin

 

J Laki-laki sbg. Suami (Ayah):

Al-Qur’an srt. 4 al-Nisa: 34

Memuat 2 Syarat

1.Memiliki Kelebihan dr Allah

2. Menanggung Nafkah Keluarga

J Perempuan sbg. Isteri (Ibu):

Al-Qur’an srt 31 Luqman: 14

Al-Qur’an srt 46 al-Ahqaf: 15

Mengandung, Melahirkan & Menyusui

* Manakala Suami & Isteri sdh

Melakukan Peran Masing-2, mk. Sdh imbang/ SETARA

 

Hubungan Dalam Keluarga

 

Saling: *Menjaga amanah,

Mengerti,

Menghargai

Membantu,

Mengisi.

Keterbukaan & mematuhi kesepakatan.

Dapat mengelola konflik:

* minimalkannyaà siap menerima hal-hal yg tak terduga,

* Mengatasinya jika terjadi konflik, berikhtiar & do’a,

* Dapat istiqamah menjaga hubungan yg Harmonis

 

Iman & FITRAH

Takwa

v Kasih Sayang

v Rasa Cinta

v Kerinduan

v Ingin lebih Baik

v Ingin Melindungi

v Kejujuran,dll

Siapa pun, selalu ingin diperlakukan

JUJUR

 

SALING CINTA & KASIH SAYANG
Cinta Itu ILHAM
Semua Makhluk Diberi Ilham

 

 

Cinta: MUDAH

SENANG

NIKMAT

Syukur atas nikmat ALLAH

 

Berdasar Rasa Cinta

kpd. ALLAH

 

Data KDRT 2004 di Jateng
(Dari LRC-KJHAM)

 

l Yg terungkap di mass media= 132 KDRT

Korban Meninggal=18 Perempuan

l Data Insecst (hub. Sex dlm keluarga) & Perkosaan:

Kakek thd cucunya=1 kasus

Ayah Kandung thd anaknya = 14 kasus

Paman thd keponakannya= 2 kasus

Sepupu thd sepupunya= 2 kasus

 

<!–[if !mso]> <! st1\:*{behavior:url(#ieooui) } –>

Data kdrt SERUNI SEMARANG

 

l Mei – Desember 2005 : 57 kasus (1 laki-laki)

– 45 KdRT

– 7 KdP

– 2 KtP

– 1 incest

– 1 Pelecehan

– 1 Pencabulan

l Januari – Juli 2006 : 91 kasus (1 pelaku)

– 70 KdRT

– 11 KdP

– 3 Perkosaan

– 3 PRT Anak

– 2 Penganiayaan terhadap Anak

– 1 Pekerja Migran

– 1 Pelecehan

* 18 Masuk Shelter (Rumah Aman)

* 6 Dampingan Psikiater

 

1. Isteri Nusyuz (mbalelo) (QS. 4:34) dan atau suami nusyuz (QS. 4: 128). Maka hrs ada penyelesaian.

2. Perkosaan dlm pernikahan= Isteri yg menolak ‘ajakan’ suami akan dikutuki Malaikat ?

Sebab QS 2:187 memposisikan suami-isteri setara dlm persoalan rofats (coitus) ini. Jadi ini hak yg boleh diambil atau tidak diambil, pihak lain hrs. menghormatinya.

3. Isteri / suami boleh dipukuli (QS. 4:34) ?

Tdk spt itu pemaknaannya. Arti kata dloroba (memukul) tdk selalu memukul, tapi juga mendidik.

Kalaupun misalnya terpaksa diartikan memukul, hadis Nabi mensyaratkan, tidak boleh memukul muka dan hrs. tidak menyakitkan.

4. Hak Nikah, Talak, Cerai dan Rujuk (NTCR) sepenuhnya hak suami ? Tidak.

-Isteri punya Khulu (gugat) ttp. lebih rumit.

-Usulan CLD (Counter Legal Draft) terhadap KHI, mengusulkan kesetaraan.

 

5. Suami boleh berpoligami (QS. 4:3) ?

-Ayat itu turun pasca kekalahan umat Islam dlm perang Uhud th 3 H, shg ada masalah serius yg hrs ada solusinya.

-Isinya ttg pengampuan anak-anak yatim.

-Kalaupun poligami, adlah kpd para janda perang tsb, dan syaratnya hrs adil. Tapi QS. 4:129 “Engkau tdk akan dpt adil sekali pun sangat menginginkannya.”

-Diarahkan untuk monogami fa waahidah !

-Ayat ini diakhiri dg pentingnya menghindari kemungkinan terjadinya Kedhaliman.

* Nabi Muhammad saw. Pernah melarang Ali bin Abi Thalib berpoligami.

 

6. Nikah Siri diperboleh oleh hukum Islam ?

Tidak, sebab hukum dirumuskan selalu memiliki tujuan, antara lain melindungi. Pd hal pernikahan siri tdk memberi perlindungan hukum, terutama kepada isteri dan anak-anak. Lebih-lebih, banyak kasus bhw nikah siri hanya dipergunakan untuk ‘bersembunyi’ bahkan melegalkan pelacuran.


7.Ayah & Kakek boleh menjadi wali mujbir (anak pr. Bisa dipaksa nikah) ? Tidak.

Nabi pernah menyuruh seorang pr untuk menolak pilihan Ayahnya untk menikah.

 

 

Iklan

Tentang Eyang Surur

Peduli semua
Pos ini dipublikasikan di Pernikahan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s