KUMIS KUCING JUGA TURUNKAN DARAH TINGGI

KUMIS KUCING JUGA TURUNKAN DARAH TINGGI

Saat anda melakukan pemeriksaan fisik atau pemeriksaan klinis ke dokter, biasanya ada alat khusus yang digunakan oleh dokter untuk memeriksa tekanan darah. Alat untuk memeriksa tekanan darah disebut Sphigmomanometer atau dikenal juga dengan tensimeter. Apa manfaat memeriksakan tekanan darah diri bagi kesehatan anda ? tujuannya untuk mengetahui kondisi tekanan darah.Dan saat memeriksa tekanan darah anda, ada dua angka yang biasanya disebut, misalnya 120/90.Apa yang dimaksud angka-angka tersebut?

Angka pertama (120) , yaitu tekanan darah Sistolik, yaitu tekanan saat jantung berdenyut atau berdetak (sistol).Sering disebut tekanan atas.Angka kedua (90), yaitu tekanan darah Diastolik, yaitu tekanan saat jantung beristirahat diantara saat pemompaan.Sering disebut tekanan bawah.

Dokter akan memeriksa tekanan darah dengan menyuruh anda duduk atau berbaring, karena itu posisi terbaik untuk mengukur tekanan darah.Lalu dokter mengikat kantong udara pada lengan kanan. Setelah itu dilakukan pengukuran tekanan darah.Perbedaan tekanan sistolik dan diastolic disebut tekanan denyut.

Apa yang dimaksud dengan tekanan darah ? tekanan darah yaitu tekanan yang dialami darah pada pembuluh arteri ketika darah dipompa oleh jantung ke seluruh anggota tubuh manusia.Tekanan darah dibuat dengan mengambil dua ukuran dan biasanya terdapat dua angka yang akan disebut oleh dokter.

Setelah mengetahui tekanan darah, pasti anda ingin mengetahui apakah tekanan darahnya termasuk rendah, normal atau tinggi. Berikut ini penggolongan tekanan darah berdasarkan angka hasil pengukuran dengan tensimeter untuk tekanan sistolik dan Diastolik:

Misalnya dokter menyebut 140-90, artinya 140/90 mmHg.Angka pertama (140), menunjukkan tekanan keatas pembuluh arteri akibat denyutan jantung atau pada saat jantung berdenyut dan berdetak (tekanan sistolik). Angka kedua (90), tekanan saat jantung beristirahat diantara pemompaan (tekanan diastolic)

Darah rendah atau hipotensi jika tekanan darah sistolik berada dibawah 90 dan diastolic berada dibawah 60. Untuk tekanan darah normal, sistolik berada dikisaran 90-120 dan diatolik berada 60-80. Pre-hipertensi, tekanan darah sistolik berada pada 120-140 dan diastolic antara 80-90.

Untuk darah tinggi atau hipertensi (stadium I) sistolik berada di 140-160 dan Diastolik berada di 90-100. Darah tinggi atau hipertensi (stadium 2 / berbahaya) jika tekanan darah sistolik berada diatas 16o dan diastolic berada diatas 100.

Hal itu karena kondisi saluran pembuluh darah anda terganggu.Jika pembuluh darah anda menyempit, maka tekanan darah di dalam pembuluh darah akan meningkat.Selain itu jika jumlah darah yang mengalir bertambah, tekanan darah juga akan meningkat.

Jika anda mengalami gangguan dengan masalah tekanan darah segera saja periksakan ke dokter untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat.Jika anda mengalami tekanan darah tinggi bisa pula menggunakan ramuan rebusan daun kumis kucing.

Menurut ketua Sentra Pengembangan dan penerapan pengobatan Tradisional (SP3T) DIY Dr dr Nyoman Kertia SpPD-KR, rebusan daun kumis kucing bermanfaat untuk menstabilkan tekanan darah.Bahkan jika diminum secara teratur pada pasien tekanan darah tinggi dapat bermanfaat menurunkan tekanan darah. (Agus Suwartono) (KR Senin pahing 30 November 2009 hal 21 khasanah Herbal)

Iklan

Tentang Eyang Surur

Peduli semua
Pos ini dipublikasikan di HERBAL. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s