SIRIH MERAH Singkirkan sakit gigi berlubang

SIRIH MERAH

Singkirkan sakit gigi berlubang

Menderita sakit gigi bukanlah pengalaman yang menyenangkan.Rasa sakitnya bisa membuat orang dewasa menangis. Gigi berlubang umumnya menjadi penyebab awal seseorang menderita sakit gigi. Sakit gigi menjadi problem kesehatan yang juga serius bagi banyak orang. Apa sebenarnya yang terjadi pada gigi saat menderita sakit gigi ? apa akibatnya jika gigi berlubang ? bagaimana cara mencegah dan mengobatinya ? penyebab sakit gigi adalah lubang pada gigi yang dimasuki bakteri. Infeksi pada gusi dan akar gigi dapat menjalar ke organ tubuh, dan menyebabkan banyak gangguan kesehatan.

Infeksi dari bakteri ini sebenarnya dapat dilawan karena tubuh memiliki sel-sel yang berperan sebagai daya tahan tubuh. Namun apabila daya tahan tubuh sedang lemah, maka infeksi bakteri akan semakin hebat. Pada tahap awal, infeksi masih terlokalisir didaerah ujung akar dari gigi yang berlubang.

Biasanya akan timbul rasa tidak nyaman atau sakit saat gigi tersebut dipakai untuk mengunyah atau ditekan.Pada tahap ini bisa ditanggulangi dengan perawatan saluran akar gigi dan penambalan sampai penggunaan anti biotic maupun pencabutan gigi yang terinfeksi.

Bila tidak dirawat, infeksi bisa menyebar ke daerah sekitar mulut, seperti pipi dan leher. Kondisi ini dapat dikatakan cukup serius, dan mengharuskan penderita untuk dilakukan pembedahan pada daerah infeksi untuk mengeluarkan nanahnya jika kondisinya memungkinkan.

Menurut ketua sentra Pengembangan dan penerapan Pengobatan Tradisional (SP3T) DIY Dr dr Nyoman Kertia Sp PD-KR, daun sirih merah mengandung bahan antiseptic yang berfungsi sebagai penghambat pertumbuhan kuman. Selain itu , mengandung bahan anti radang yang berfungsi untuk mencegah peradangan pada luka.

Dengan cara berkumur-kumur air rebusan daun sirih merah dapat menyembuhkan sakit gigi. Apalagi, kandungan zat senyawa yang ada dalam sirih merah bisa membunuh bakteri atau kuman. Bahannyapun mudah didapat, juga murah, karena bisa didapatkan disekitar kita.

Pemanfaatan untuk pengobatan sakit gigi, caranya ambil 1 lembar daun sirih merah, lalu direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih, kemudian didinginkan air rebusan tersebut. Gunakan air rebusan daun sirih untuk berkumur-kumur . Diulang secara teratur sampai sembuh.

Atau ambil 2 lembar daun sirih merah segar dan remas-remas, dan dikasih garam secukupnya. Bahan sirih merah diseduh dengan air panas sebanyak 1 gelas dan diaduk dengan garam sampai larut, biarkan sampai dingin, Air rebusan sirih merah dan garam digunakan sebagai obat kumur. (Agus Suwarto) KR seputar herbal hal 15 minggu legi 29 November 2009)

Iklan

Tentang Eyang Surur

Peduli semua
Pos ini dipublikasikan di HERBAL. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s