PERMINTAAN, PENAWARAN DAN HARGA

PERMINTAAN, PENAWARAN

DAN HARGA

A. PERMINTAAN

1. Pengertian Permintaan

Permintaan adalah jumlah barang atau jasa yang akan dibeli pada berbagai  tingkat harga, waktu dan tempat.

2. Hukum Permintaan

Hukum permintaan adalah hubungan antara jumlah barang yang diminta dengan harga. Hukum permintaan : “Makin rendah harga suatu barang, maka makin banyak jumlah barang yang diminta dan sebaliknya semakin tinggi harga suatu barang, maka semakin berkurang jumlah barang yang diminta”. Hukum permintaan tidak berlaku mutlak, maksudnya hukum permintaan berlaku apabila faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan hanyalah harga, kecuali harga tidak mengalami perubahan (Ceteris Paribus).

3. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan

a) Harga Barang itu Sendiri

Harga barang merupakan faktor utama yang mempengaruhi permintaan. Jika harga barang rendah jumlah permintaan barang tersebut meningkat, sebaliknya jika harga barang naik permintaannya berkurang.

b) Pendapatan Masyarakat

Pendapatan masyarakat merupakan pencerminan daya beli masyarakat, sehingga jika terjadi perubahan pendapatan mempengaruhi permintaan.Jika pendapatan masyarakat meningkat permintaan bertambah, sebaliknya jika pendapatan berkurang permintaan masyarakat juga berkurang.

c) Selera Konsumen

Jika selera konsumen tinggi, permintaan meningkat sebaliknya jika selera konsumen menurun, permintaan juga menurun.

d) Jumlah Konsumen

Semakin banyak jumlah konsumen di suatu daerah akan semakin tinggi jumlah permintaan barang atau jasa.

e) Harga Barang lain yang Berkaitan

Tinggi rendahnya permintaan dipengaruhi harga barang lain yang berkaitan erat dengan barang yang diminta, baik pelengkap maupun pengganti barang tersebut. Permintaan barang meningkat jika harga barang penggantinya naik. Permintaan barang menurun jika harga barang pelengkapnya naik.

f) Perkiraan Harga Barang atau Jasa di Masa Mendatang

Jika konsumen memperkirakan harga suatu barang akan naik pada masa mendatang maka permintaan barang tersebut akan naik. Sebaliknya jika diperkirakan pada masa mendatang harga akan turun maka permintaan barang tersebut akan menurun.

4. Kurva Permintaan

Kurva permintaan adalah grafik yang menggambarkan hubungan antara jumlah barang yang diminta dengan tingkat harganya. Secara umum kurva permintaan bergerak turun dari kiri atas ke kanan bawah. Hal tersebut menunjukkan hubungan antara harga dengan jumlah barang yang diminta bersifat negatif/berbanding terbalik. Jika harga tinggi permintaan berkurang, sebaliknya jika harga turun permintaan bertambah.

Gambar Kurva Permintaan

P

5.000

2.500

1.250                                                      D (demand)

0                                                            Q

10        20                   40

5. Macam-macam Permintaan

a) Berdasarkan Jumlah Konsumen

a. Permintaan Individu yaitu permintaan yang dilakukan seorang konsumen saja.

b. Permintaan Pasar yaitu permintaan yang dilakukan sekelompok konsumen di pasar pada waktu dan harga tertentu.

b) Berdasarkan daya Beli Konsumen

a. Permintaan Efektif adalah permintaan yang didukung kemampuan membayar konsumen dan sudah melakukan transaksi.

b. Permintaan Potensial adalah permintaan yang didukung kemampuan membayar tetapi belum melakukan transaksi.

c. Permintaan Absolut adalah permintaan yang tidak didukung kemampuan membayar.

B. PENAWARAN

1. Pengertian Penawaran

Penawaran adalah jumlah barang atau jasa yang ditawarkan pada berbagai tingkat harga, waktu, dan tempat.

2. Hukum Penawaran

Hukum penawaran adalah hubungan antara jumlah barang atau jasa yang ditawarkan dengan harga. Hukum permintaan : “Jika harga naik maka jumlah barang yang ditawarkan meningkat, sebaliknya jika harga barang turun maka jumlah barang yang ditawarkan berkurang”. Hukum penawaran hanya berlaku apabila Cateris Paribus, maksudnya factor yang dapat dipengaruhi perubahan penawaran kecuali harga dianggap tetap/tidak berubah.

3. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penawaran

a) Harga Barang yang Ditawarkan

Jika harga barang yang ditawarkan naik penawaran meningkat. Sebaliknya jika harga barang turun penawaran juga berkurang.

b) Biaya Produksi

Jika biaya produksi tinggi, produsen akan mengurangi jumlah produksinya sehingga penawaran berkurang. Sebaliknya jika biaya produksi turun, produksi barang bertambah sehingga penawaran meningkat.

c) Kemampuan Teknologi

Perkembangan teknologi baru dalam memproduksi barang atau jasa membuat biaya produksi lebih murah. Semakin maju teknologi yang dapat mengurangi biaya produksi, semakin tinggi penawaran suatu barang atau jasa.

d) Harga Barang lain (Pengganti atau Pelengkap)

Jika harga barang pengganti naik, penawaran terhadap barang yang dapat digantikan bertambah. Jika harga barang pelengkapnya turun, penawaran terhadap barang yang dilengkapi meningkat.

e) Pajak atau Subsidi

Jika pajak tinggi, biaya produksi meningkat dan penawaran barang atau jasa menurun. Pemberian subsidi dapat mengurangi biaya produksi sehingga penawaran bertambah.

f) Perkiraan Harga Barang atau Jasa di Masa Mendatang

Jika produsen memperkirakan harga suatu barang di masa mendatang akan naik,mereka akan cenderung

Iklan

Tentang Eyang Surur

Peduli semua
Pos ini dipublikasikan di ekonomi bisnis. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s