Kebijakan pemberdayaan masyarakat

Kebijakan pemberdayaan masyarakat

1.Pengertian

Definisi pemberdayaan menurut Merrian Webster dan Exford English Dictionary dalam Agnes, strategi pemberdayaan Masyarakat hal 148 menyebutkan kata Empower mengandung dua arti.Pengertian pertama adalah to give process or authorithy atau dapat diartikan memberikan, mengalihkan kekuatan atau mendelegasikan otoritas ke pihak lain.Kedua to give ability to or enable diartikan upaya untuk memberikan kemampuan atau keberdayaan.

Priyono S.Onny dalam Agnes Ibid hal.4 mengartikan pemberdayaan merupakan tindakan usaha perbaikan di segala aspek termasuk yang berkaitan dengan social , budaya, politik, psikologi baik secara individual maupun kolektif yang berbeda menurut kelompok etnik dan kelompok social.

Lowe 1995 : 26 dalam I nyoman Sumaryadi, perencanaan pembangunan Daerah utama dan pemberdayaan masyarakat hal 99 memberikan batasan pemberdayaan sebagai berikut :

The Process as result of which individual employees have the autonomi, motivation and skill necessary to perform their jobs in a way which provides then with a these of ownership and fulfillment while achieving shared organizational goals (proses sebagai akibat darimana individu memiliki otonomi, motivasi dan ketrampilan yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan mereka dalam suatucara yang memberikan mereka rasa kepemilikan dan kemenuhan bilamana mencapai tujuan organisasi).

I Nyoman Sumaryadi berpendapat bahwa membudayakan orang pada hakikatnya merupakan perubahan budaya.Pemberdayaan tidak akan jalan jika seluruh budaya organisasi tidak berubah secara mendasar, sedikit saja budaya yang mampu mendukung beberapa jenis pembahasan.

Dari uraian tersebut diatas penulis berpendapat bahwa pemberdayaan adalah proses merubah potensi menjadi kekuatan melalui berbagai kegiatan.Pemberdayaan masyarakat adalah proses merubah potensi yang ada dalam masyarakat untuk dijadikan kekuatan.

2.Prinsip Dasar Pemberdayaan Masyarakat

a.Untuk mempertahankan eksistensinya pemberdayaan masyarakat memerlukan break even dalam setiap kegiatan yang dikelolanya.

b.Selalu melibatkan partisipasi baik dalam perencanaan maupun pelaksanaan.

c.Dalam program pemberdayaan masyarakat antara kegiatan pelatihan dan pembangunan fisik merupakan suatu kesatuan.

d.Memaksimalkan sumber daya

e.Pemberdayaan masyarakat harus bersifat katalis yang menghubungkan kepentingan pemerintah yang bersifat makro dan masyarakat yang bersifat mikro.

3. Tujuan Pemberdayaan Masyarakat

a.Membantu pengembangan manusiawi yang otentik dan integral dari masyarakat lemah, rentan, miskin, manajerial dan kaum kecil

b.Memberdayakan kelompok-kelompok masyarakat secara sosioekonomi sehingga mereka dapat lebih mandiri dan dapat memenuhi kebutuhan dasar hidup mereka dan sanggup berperan serta dalam pembangunan masyarakat.

4.Sasaran Pemberdayaan Masyarakat

a.Terbukanya kesadaran dan timbulnya keterlibatan masyarakat akar rumput dalam mengorganisisr diri untuk kemajuan dan kemandirian bersama.

b.Diperbaikinya kondisi sekitar kehidupan kaum rentan, buruh, tak berdaya, miskin dengan kegiatan-kegiatan peningkatan pendapatan dan usaha-usaha kecil di berbagai bidang kearah swadaya.

5.Kebijakan Pemberdayaan Masyarakat

Kebijaksanaan pemberdayaan masyarakat secara umum dapat dipilih dalam 3 (tiga) kelompok :

a.Kebijakan yang secara langsung mengarah pada sasaran tetapi memberikan dasar tercapainya suasana yang mendukung kegiatan social ekonomi rakyat.

b.Kebijakan yang secara langsung mengarah kepada peningkatan kegiatan ekonomi kelompok sasaran.

c.Kebijakan khusus yang menjangkau masyarakat miskin melalui upaya khusus.

Berkenaan dengan tugas-tugas pemberdayaan masyarakat tersebut diatas merupakan tugas yang cukup berat maka kapasitas aparatur perlu ditingkatkan kualitas dan kemampuannya sehingga program pemberdayaan masyarakat dapat tercapai secara optimal.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s