MANFAAT ALPUKAT

MANFAAT ALPUKAT

Apa yang terbayang kalau mendengar kata alpukat ? tentu akan terbayang jus alpukat yang gurih, lezat, dan kental, juga es campur atau es teller yang segar.Apalagi kalu membayangkannya saat cuaca sedang terik-terinya.Kerongkongan pasti langsung clegak-cleguk.

Namun sayang kalau alpukat hanya dihargai sebatas rasa, sebagai pemuas indera pengecap saja.Karena dibalik rasanya yang menggiurkan itu , tersimpan banyak manfaat yang bisa digali dan dimanfaatkan.Bukan hanya untuk kecantikan tapi juga kesehatan.

Konon, khasiat buah yang tak kenal musim ini, sudah dimanfaatkan beratus-ratus tahun lalu oleh suku-suku kuno bangsa Indian, seperti Aztec, Maya, Inca.Mereka percaya kalau buah alpukat berpengaruh positif terhadap kulit, baik bila dilahap langsung atau digunakan pada kulit.Meskipun tentu saja, pada zaman tersebut belum ada penjelasan ilmiah mengapa alpukat memiliki banyak kegunaan.hanya berdasarkan pengalaman dan bukti nyata terhadap apa yang mereka rasakan.

Lebih “kaya” dari buah lain

Kini setelah dunia ilmu pengetahuan sudah semakin maju.Ditambah rasa ingin tahu manusia yang tidak pernah selesai, sebab musabab mengapa alpukat sejak dulu begitu ‘dipuja’ sedikit demi sedikit mulai terkuak.Tanaman asal amerika Tengah ini ternyata kaya akan berbagai bahan nutrisi, mineral, dan minyak alami.

Dalam 100 gram alpukat terkandung 604 mg kalium, 4 mg natrium. Ini berarti perbandingan kalium dan natrium adalah 151 berbanding 1.Padahal bila perbandingannya 5: 1 saja, itu sudah memberikan dampak positif bagi kesehatan, terutama jantung dan pembuluh darah. Jadi silakan perkirakan sendiri manfaat yang bisa anda dapatkan dari alpukat.

Bukan itu saja, dalam buah alpukat terkandung banyak vitamin A,C, dan E.Seperti diketahui, vitamin-vitamin tersebut bertindak sebagai antioksidan, melindungi sel dari kerusakan oksidari akibat prose normal atau lingkungan.Tak heran bila buah bernama latin Persea Americana mill ini banyak pula digunakan sebagai bahan dasar produk kosmetik.Nilai plus lain, alpukat mengandung zat besi, potassium, niasin, asam pantotenik, serta , folacin, vitamin B6, sertaprotein yang tidak biasanya terdapat dalam buah lain.Tak heran alpukat kerap dijadikan makanan bagi penderita yang mengalami kekurangan gizi.

Kandungan Glutation yang cukup tinggi pada buah alpukat juga membuat alpukat ampuh untuk mencegah kangker. Glutationdapat membuat 30 zat penyebab kangker menjadi non aktif.Selain itu glutation pun dapat menghambat kerusakan tubuh akibat senyawa-senyawa beracun, seperti pestisida.Itulah sebanya ada kebiasaan pada para petani tradisional di Jepang   untuik memakan alpukat sehabis menyemprot hama.

Satu lagi keunggulan alpukat, yang justru menyebabkan buah ini sering dihindari, adalah kadar lemaknya yang tinggi.Dalam 100 gram daging alpukat, terdapat 16 gram lemak, atau setara dengan 167 kalori.Ini berarti kadar lemak dalam alpukat sekitar 16 persen.Takut ? tunggu dulu, ternyata 63 % dari kandungan lemak tersebut adalah asam lemak tak jenuh.Ini sebanding dengan minyak zaitun. Artinya makan alpukat aman-aman saja bagi orang yang sedang menjaga kadar kolesterol.Bahkan sebuah penelitian yang dilakukan di Queensland, Australia, menemukan kalau makan setengah hingga satu setengah bauh alpukat setiap hari dapat mengalahkan diet rendah lemak yang bertujuan untuk menurunkan kolesterol tubuh.

Jadi  sudah tak heran kan , kalau orang-orang zaman dahulu mempercayakan kesehatan dan kecantikan mereka pada alpukat.

Cara meramu alpukat :

  1. Mengatasi bengkak : Alpukat dilumatkan, kemudian beri sedikit air sehingga menyerupai bubur.Balurkanpada bagian yang bengkak atau sakit.
  2. Menyejukkan mata : kupas alpukat yang masih keras, kemudian potong tipis-tipis.Gunakan untuk menutupi mata lelah atau sembab. Diamkan selama sepuluh menit.Setelah itu bersihkan dengan air dingin.
  3. Sariawan : adukalpukat matang dengan dua sendok madu.Makan tiga kali sehari.
  4. Menghaluskan kulit : Haluskan buah alpukat, kemudian balurkan merata selama 30 menit pada wajah dan tangan yang sudah dibersihkan dengan air hangat terlebih dahulu.
  5. Membuat conditioner untuk menyuburkan rambut dan memperlambat tumbuhnya uban : kerok dan lumatkan satu buah alpukat matang, campurkan dengan santan kelapa yang berasal dari satu butir kelapa, dalam baskom kecil.Aduk sampai mengental seperti sampo.Balurkan di kepala setelah keramas, muali dari kulit kepala hingga ujung rambut.Bila perlu gunakan sisir.Diamkan selama 10 menit, kemudian cuci dengan air dingin.
  6. Membuat susu pembersih muka: Haluskan setengah buah alpukat matang, lalu campurkan dengan sebutir kuning telur dan setengah cangkir susu .Aduk rata, gunakan seperti menggunakan susu pembersih, kemudian gunakan toner sesuai jenis kulit.
  7. Mengatasi kulit kering : lumatkan satu buah alpukat sampai halus , kemudian balurkan merata pada wajah.Diamkan setelah kering, cuci dengan air hangat lalu olesi wajah dengan es batu.
  8. Melembabkan kulit : Gosokkan dengan lembut bagian dalam kulit alpukat ke seputar wajah.Biarkan 15 menit, kemudian basuh wajah menggunakan air dingin .Lakukan malam hari sebelum tidur.
  9. Melembutkan tangan : Campur alpukat dengan putih telur dari satu butir telur , satu sendok makan perasan lemon, dan dua sendok makan Oatmeal.Aduk semua bahan tersebut, kemudianoleskan pada telapak tangan.Diamkan selama 20 menit, setelah itu bilas dengan air hangat.Oatmeal bekerja sebagai scrub atau pengelupas kulit.

Memilih alpukat yang baik

Memilih alpukat perlu strategi khusus agar tidak salah pilih, terlalu mentah atau sebaliknya busuk.Alpukat yang pas matangnya mengandung zat gizi yang maksimal.

Pastikan dahulu kalau warna kulit belum kecoklatan .Kemudian lihatlah apakah kulitnya mulus .kemudian kocok-kocok atau goyangkan alpukat.Bila terdengar bunyi biji yang bertumbukan dengan dagingnya, maka alpukat tersebut berate sudah cukup tua dan matang .Fit, majalah perkawinan & keluarga No 415/2007 hal 59-61

3 thoughts on “MANFAAT ALPUKAT

  1. Terimakasih atas informasi yang menarik dan sangat bermanfaat. Artikel ini pasti sangat bermanfaat sekali bagi kaum awam yang belum terlalu mengerti akan manfaat yang terkandung dalam buah Alpukat. Memang sangat penting untuk mengkonsumsi buah-buahan setiap hari, tentunya diimbangi dengan sayuran karena tubuh kita membutuhkan asupan nutrisi untuk kesehatan🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s