Daun Salam

DAUN SALAM

TURUNKAN KADAR GULA DALAM DARAH

Diabetes Mellitus (DM) yang sering juga disebut kencing manis, adalah gangguan kesehatan dengan ciri utama tingginya kadar gula dalam darah.Diabetes berarti mengalir terus karena penderita minum air dan kencing dalam jumlah banyak.Mellitus berarti manis , sebab urine mengandung glukosa atau gula darah yang berasa manis.

Pada dasarnya diabetes mellitus disebabkan oleh hormone insulin penderita yang tak mencukupi atau tidak efektif, sehingga tak dapat bekerja normal.Padahal pada orang normal , insulin mempunyai peran utama mengatur kadar gula dalam darah, sekitar 60-120 mg/dl dalam keadaan puasa, dan dibawah 140 mg/dl pada dua jam sesudah makan.

Ada dua kategori DM, yakni diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2.Diabetes Tipe I. DM yang diidap 5-10% penderita, biasanya terjadi pada anak-anak atau orang dewasa muda.Sementara diabetes Tipe 2, DM yang diidap oleh 90% dari semua penderita Diabetes, meningkat dalam jumlah, khususnya pada populasi minoritas.

Jika anda mengalami gangguan kesehatan DM, tentu tidak mengenakkan.Karena itu salah satu solusinya menjaga kesehatan dengan pola hidup bersih sehat.Jika anda terkena gejala-gejala sakit DM, segera periksa ke dokter.Untuk mengendalikan dan menurunkan kadar gula dalam darah bisa pula menggunakan ramuan herbal dari daun salam.

Peneliti kimia farmasi dari universitas Negeri Yogyakarta Prof Dr Nurfina Aznam SU Apt mengungkapkan, daun salam mengandung minyak atsiri, tanin dan Flavonoida yang bermanfaat bagi kesehatan.Kandungan bahan kimia daun salam diyakini bisa membantu mengendalikan dan menurunkan kadar gula dalam darah.

Pemanfaatan untuk pengobatan penderita kadar gula tinggi, caranya sediakan daun salam sebanyak 75-100 gram lalu dicuci bersih dan direbus dalam tiga gelas air hingga tersisa setengahnya.Air rebusan didinginkan dan disaring.Lalu diminum tiga kali sehari masing-masing setengah gelas.Lakukan secara rutin.Bisa pula digunakan sebagai penyedap masakan.  (Agus Suwarto)/Rubrik Husada, KR minggu kliwon 21-02-2010)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s