HIKMAH MUSIBAH SAKIT

HIKMAH MUSIBAH SAKIT

1.Melatih kesabaran menerima ujian dari Alloh dan akan mendapat limpahan rahmat dari Alloh SWT, sabda nabi saw :

Artinya : “Barangsiapa yang memperoleh limpahan  kebaikan dari Alloh lebih dulu akan diberinya cobaan” .(HR.Bukhori, Muslim dari abu Hurairoh)

Sabda nabi Saw : “ Aku heran terhadap orang mukmin atas keluhannya ketika ia sakit, (padahal) seandainya ia mengetahui pahala yang diperolehnya sewaktu ia sakit niscaya ia lebih senang sakit hingga ia bertemu Alloh ‘Azza wajalla ( meninggal dunia)”. (HR Tobroni dari Ibnu Mas’ud).

II. Menyebabkan diampuni dosa-dosanya.

Sabda nabi Saw yang bersumber dari Abu Huroiroh r.a :

“Barang siapa yang sakit disuatu malam, lalu ia bersabar dan rela menanggung sakitnya karena Alloh, niscaya ia dibebaskan dari dosa-dosanya seperti ketika ia dilahirkan oleh Ibunya” . (HR.Hakim)

III. Nabi juga bersabda bahwa semua bentuk musibah, seperti kepayahan, kesedihan, penderitaan, sakit, kalau dihadapi dengan kesabaran dan ridho atas takdir Alloh swt dapat menyebabkan diampuni dosa-dosanya.

Sabda nabi :

Artunya : “Tiada suatu musibahpun yang menimpa  seorang musli,, tiada suatu kelelahan pun, tiada suatu kesusahan pun, tiada suatu kesedihan pun, tiada suatu penyakitpun dan tiada suatu penderitaanpun yang disebabkan tertusuk duri (umpannya) kecuali alloh menghapuskan dari dosa-dosanya” (HR.Bukhori Muslim dari Abu Sa’id al Khudry dan abu Huroiroh)

IV. Bahkan ada dosa-dosa yang tidak bisa dibersihkan atau diampuni oleh Alloh kecuali dengan musibah ataupun penderitaan.Sabda nabi :

Artinya :Sesungguhnya ada dari bagian dosa-dosa yang tidak bisa diampuni oleh Alloh dengan sholat tidak pula dengan puasa tidak pula dengan haji tidak pula dengan umroh, tetapi hanya bisa diampuni dengan kesulitan dan kepayahan seperti dalam mencari Maisyah (dan berbagai musibah seperti sakit dan lain-lain –pernterjemah)). (HR Ibnu Asakir )

V.Doanya dikabulkan oleh Alloh

Doa orang sakit seperti doanya para malaikat (dikabulkan).Sabda nabi saw :

Artinmya :” Ketika engkau meninjau (besuk ) orang sakit maka mohonlah kepadamnya untuk mendoakan kepadamu (HR Ibnu Majah dari Umar ra)

VI.Sewaktu sakit mendapatkan pahala amal-amal baik  yang biasa dilakukan di waktu sehat.Hadis nabi saw yang diriwayatkan oleh Bukhori dari Abu Musa al-Asy’ari :

Artinya :   Apabila seorang hamba ditimpa sakit atau mengadakan perjalan maka dicatatlah untuknya amalan yang biasa dilakukan sewaktu dia sehat.

VII.Mengingatkan akan datangnya maut, sebab umat-umat terdahulu kebanyakan datangnya maut tanpa didahului sakit.Maka sakit bagi umat Muhammad merupakan lampu kuning sebagai persiapan akan datangnya kematian.

Umat Islam yang sehat bisa melakukan ”iyadah (besuk) yang disyariatkan dalam islam dan sangat besar pahalanya.Sabda nabi saw yang bersumber dari sayyidina Ali k.w. :

Artinya : ”Setiap muslim yang menjenguk saudaranya muslim, di waktu pagi akan didoakan oleh tujuh puluh ribu malaikat sampai sore.Dan jika ia menjenguknya di waktu sore akan didoakan oleh 70 ribu malaikat hingga waktu pagi.Sedang dalam surga sudah tersedia buah-buahan yang siap dipetik.(BR.Turmudzi yang menyatakan hadits hasan)

Sabda nabi SAW :

Artinya : Orang yang menjenguk orang sakit sepertinya ia berada dalam taman-taman surga sampai ia kembali .(HR.Muslim dari Tsauban).

Sabda nabi saw. Riwayat Ibnu Majah dari abu Hurairah ra.

Artinya : Siapa yang menjenguk orang sakit maka akan terdengarlah semua dari lamngit-langit.Baik sekali perbuatan anda, baik sekali kunjungan anda dan anda telah menyediakan suatu tempat tinggal di dalam surga.(HR.Ibnu Majah dari Abu Hurairah)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s