Peneguhan Konsepsi Pengelolaan Pesantren

Peneguhan  Konsepsi Pengelolaan Pesantren

LANDASAN KONSEP IDEOLOGIS
PENGELOLAAN PESANTREN

Diharapkan visi pondok pesantren paling tidak harus bermuara pada dua hal

  1. Menjadi lembaga pendidikan Islam yang bermutu yang diminati serta terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. Tentunya pada visi ini terkait dengan komitmen proses di pondok pesantren. Komitmen ini berwujud pada tingkat keprofesionalan pengurusnya dalam mengelola lembaga dengan paradigma bisnis (tapi pesantren tidak dibisniskan) yang baik dan berujung pada tingkat kepuasan konsumen yang tinggi.
  2. Menjadi lembaga terdepan yang melahirkan kader-kader da’wah. Tentunya visi ini terkait dengan komitmen produk yang ingin dihasilkan oleh pondok pesantren. Sebagai kontributor terdepan dalam mencetak kader-kader da’wah dan menyiapkan para Ulama berkualitas, pondok pesantren wajib mempunyai komitmen produk yang akan terlihat pada tingkat keproduktifannya melahirkan lulusan-lulusan berkualitas. Ini artinya mewajibkan segenap civitas pondok pesantren mempunyai paradigma orientasi produk.


PROSES PENYELENGGARAAN PONDOK PESANTREN

PESANTREN DAN PERENCANAAN PENDIDIKAN:

Beberapa tahapan dalam membikin perencanaan pendidikan:

1-  Memotret keadaan masa depan berdasarkan asumsi dan prediksi yang kita hitung berdasarkan variabel faktor perubahan yang sedang berlaku pada saat sekarang dan masa datang.

2-         Mengidentifikasi masalah dan kebutuhan pada masa datang, kemudian mengklasifikasikannya.

3-         Merumuskan beberapa point tentang identifikasi jawaban akan permasalahan masa datang dan pemenuhan akan kebutuhannya.

4-         Perumusan visi dan misi pesantren, fokus, spesialisasi dan segmentasinya.

5-         Identifikasi kriteria produk lembaga pendidikan (SDM lulusan pesantren) yang diyakini akan mampu survive, kompetisi bahkan leading pada masanya, sebagai acuan pendidikan sekaligus menjadi jawaban bagi kebutuhan akan kebangkitan umat.

6-         Perumusan kurikulum sebagai upaya pemenuhan akan program pendidikan dengan mengacu pada order SDM yang sudah kita tentukan.

7-         Penentuan kriteria tenaga pendidik yang diyakini bisa memenuhi tuntuan kerja yang sudah kita tentukan.

8-         Penyediaan sarana dan pra sarana pendidikan pesantren.

9-         Penyelenggaraan pendidikan.

10-       Kegiatan kontrol, evaluasi berkala, penelitian dan pengembangan yang terus menerus.

ANASIR SUKSES PENYELENGGARAAN PONDOKPESANTREN

  1. SDM pengelola yang mempunyai 4 kompetensi: akhlaqiyah, ilmiyah, amaliyah dan qiyadiyah.
  2. Kurikulum yang solid. Secara legal formal dengan adanya undang-undang Pendidikan Nasional perlu terantisipasi.
  3. Uslub dan methode yang mantap, modern dan variatif inovatif.
  4. Sarana yang memadai, memenuhi standar kelayakan.
  5. Menejmen yang cocok dengan pondok pesantren.
  6. Lingkungan yang mendukung.

PENGELOLAAN TENAGA PENDIDIK DAN KARYAWAN

PERAN MUDIR/Pengasuh :

  • Fungsi / peran sosial, di mana mudir /pimpinan pondok pesantren memperluas penerimaan dan pengakuan publik terhadap pesantren.
  • Fungsi / peran kultural, yang selalu menjaga orisinalitas kultur pondok pesantren.
  • Fungsi / peran struktural, yakni membangun dinamika dan efektifitas kerja pesantren.
  • Walid [orang tua] dalam hubungan emosional.
  • Syaikh [bapak sepiritual] dalam tarbiyah ruhiah
  • Ustadz [guru] dalam mengajarkan ilmu
  • Qoid [pemimpin] dalam kebijakan umum da’wah.

URGENSI MANAJEMEN SDM

  • SDM merupakan elemen utama Organisasi dibanding elemen yang lain seperti : Modal, Teknologi dan Uang, sebab manusia itu sendiri yang keunggulan yang langgeng.
  • Pengelolaan pada dasarnya ditunjukan untuk mengelola human asset, bakan financial asset semata.
  • Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang mengendalikan yang lain.
  • SDM salah satu sumber keunggulan bersaing dan sumber ada pada diri mereka sendiri. (QS. 13:11)

KOMPETENSI INTI PEGAWAI

  • INISIATIF, MAMPU BEKERJASAMA
  • BEKERJA DALAM KELOMPOK
  • EVALUASI KERJA
  • BERKOMUNIKASI DAN MENDENGARKAN
  • MENGANALISA MASALAH
  • MENGAMBIL KEPUTUSAN
  • MENDAPATKAN DAN MEMAHAMI INFORMASI
  • MELAKUKAN PERENCANAAN
  • MULTIKULTURAL
Iklan

Tentang Eyang Surur

Peduli semua
Pos ini dipublikasikan di Pesantren. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s