Problematika Rekonstruksi Ushul Fiqh

Problematika Rekonstruksi Ushul Fiqh

Ketika Fiqh menghadapi perkembangan zaman dan lingkungan yang berbeda mampu berganti dan berkembang sesuai dengan perbedaan itu, apakah Ushul Fiqh pun dapat berubah dengan alasan yang sama ? dan ketika ijtihad merupakan solusi terhadap hal-hal yang baru, maka hal yang baru ini dapatkah terjadi pada Ushul Fiqh yang kebanyakan ulama beranggapan bahwa Ushul Fiqh merupakan asas dasar yang tsabit/tetap ?
Dan malah dibutuhkan perbaikan kriteria kaidah Ushul Fiqh serta pengembangannya ?

Dialog mengenai hal tersebut menarik untuk kita cermati dalam buku ini. Ramadhan al-Buthy dan Abu Ya’rab Almrzuky memaparkan pendapatnya dalam tiap makalah yang mereka samapaikan.

Abu Ya’rab Almarzuky mengawali makalahnya dengan usaha pemahaman terhadap Ushul Fiqh setelah sampainya konstruksi tujuan awal. Diantaranya beliau beranggapan bahwa Ibnu Khladun dan Ibnu Taymiyah dalam berbagai karangannya mengulas pembentukan metode baru terhadap metode lama yang diperguanakan oleh semua mazhab fiqh sebelumnya. Juga pengingkaran beliau terhadap maqashid Syariah (maqhasid Rabbany). Beliau menganggap bahwa semua fiqh empat mazhab didominasi oleh kebodohan terhadap kemunduran dan ide-ide luar. Dan beberapa hal lain yang juga menarik untuk dibaca.

Sementara dilain pihak, Syekh Ramadhan al-Buthy memaparkan mengenai tetek bengek rekonstruksi Ushul Fiqh itu sendiri. Beliau selanjutnya menyimpulkan Ushul Fiqh sebuah kunci untuk membuka gembok rapat Nash Syar’iy guna memahami makna yang diinginkan.

Maka jika dimaksudkan tajdid adalah perubahan, maka kaidah Ushul Fiqh ini tidak akan berubah. jika itu terjadi maka sering kali terjadi perubahan pada setiap zaman sejak dulu. Tapi tidak, ulama tidak perna melakukan perubahan kaidah Ushul Fiqh kecuali pada beberapa hal…….

Oleh karena itu, Tajdid adalah sebuah solusi untuk memperbaiki kriteria yang ada bukan untuk mengubah sepenuhnya.

Copy : http://fk-baiquni.goodforum.net/ushul-fiqh-f4/problematika-pembaruan-ushul-fiqh-t68.htm, tgl 4-11-2010 Jam 22.00

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s