AL-THUYUR FI AL QURAN AL KARIM (DIRASAH FI QISHSHAH QURANIYAH)

AL-THUYUR FI AL QURAN AL KARIM (DIRASAH FI QISHSHAH QURANIYAH)

Skripsi/Undergraduate Theses from digilib-uinsuka / 2010-01-21 12:01:35
Oleh : LIAN NUR HIDAYATI – NIM. 05110046, Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Dibuat : 2010-01-21, dengan 1 file 

Keyword : kisah, al- Qur’an, karakteristik, peran, burung

ABSTRAK
Sebagai kitab suci umat Islam, al-Qur’an telah memberi tuntunan seluruh umat manusia untuk mencapai kebahagiaan di dunia dan akherat. Dalam al-Qur’an terdapat beberapa kisah teladan yang mampu memberi jalan petunjuk dan keteladanan hidup manusia. Dari segi kesusastraannya, kisah dalam al Qur’an mempunyai banyak manfaat, yaitu kisah-kisah tersebut bisa merangsang pembacanya untuk terus mengikuti peristiwa dan pelakunya sehingga pembaca akan bisa menilai karakter tokoh dan peristiwa dalam kisah tersebut. Kisah juga mempunyai pengaruh yang cukup luas dari kalangan masyarakat, tua muda, terpelajar, dan orang biasa. 

Menurut para sastrawan kisah merupakan, alat terbaik untuk berkomunikasi dan menyampaikan pesan dari pada cabang-cabang kesusastraan lainnya. Salah satunya adalah kisah burung pada kisah para nabi dalam al-Qur’an. Para burung tersebut sangat berperan dalam keutuhan kisah. Selain mempunyai peran, para burung tersebut juga membawa pesan moral yang mengandung beragam makna penting atas kekuasaan dan rahmat Allah swt. Mereka juga mempunyai karakteristik yang berbeda-beda dalam kisah al-Qur’an. Seperti kisah burung hud-hud nabi Sulaiman yang menjadi pembawa berita tentang kerajaan Saba’ dan burung gagak dalam kisah Nabi Adam yang telah memberi tahu tata cara menguburkan orang yang sudah mati. Itu semua tidaklah suatu kebetulan, namun dibalik peristiwa itu ada suatu tanda yang memberi pesan moral dan manfaat bagi kehidupan manusia. Adapun tentang bahasa yang mereka gunakan, hal itu telah dibuktikan secara ilmiah dan pasti bahwasanya bahasa mereka tidak serupa dengan bahasa manusia dalam berinteraksi dan berkomunikasi di antara mereka. Oleh karena itu, pembahas berupaya mengungkap karakteristik, peran mereka dan pesan moral dari kisah para burung pada kisah nabi dalam al-Qur’an dengan menggunakan kajian kisah al-Qur’an.

Copyrights : Copyright (c) 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

http://u1nsuk4.uin-suka.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=digilib-uinsuka–liannurhid-3228 diakses tgl 5-12-2010 jam 09.00

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s