PENGARUH GARAM TERHADAP KESEHATAN

Jika kita banyak mengkonsumsi makanan berkadar garam natrium tinggi, maka volume cairan di dalam tubuh kita akan bertambah yang akan mempengaruhi kerja alat pompa natrium, keadaan demikian menyebabkan terjadinya penyakit darah tinggi. Banyak ahli nutrisi menghimbau supaya kita mengurangi penggunaan garam natrium pada makanan, himbauan ini ditujukan terutama bagi mereka yang tengah menderita penyakit tekanan darah tinggi.

Garam Natrium identik dengan garam yang biasa digunakan untuk memasak atau membuat kue-kue (biasa dikenal sebutan baking powder atau soda), Natrium juga terdapat pada obat-obat tapi jumlahnya kecil sekali.
Di dalam tubuh manusia, garam natrium tersebut sudah ada dalam bentuk cairan.Cairan natrium dan air mengelilingi jaringan sel tubuh.Di dalam sel-sel tersebut terdapat sedikit cairan natrium dan sejumlah besar mineral potasium. Kedua cairan ini secara bergantian akan melewati bagian luar dari sel-sel yang ada dalam tubuh kita.Jika di bagian luar sel konsentrasi natrium sangat tinggi, maka natrium ini akan mengalir menuju bagian dalam sel.Sementara itu , cairan potasium yang ada di dalam sel akan bergerak menuju bagian luar sel. Untuk menjaga keseimbangan antara cairan natrium di luar sel dan cairan potasium di dalam sel, maka tubuh kita dilengkapi oleh sejenis alat pompa natrium.Alat pompa ini sangat penting dalam mengatur tekanan darah yang ada dalam tubuh kita.

Pengaruh garam natrium terhadap organ tubuh
Bila kita mengkonsumsi makanan berkadar garam natrium yang relatif tinggi maka volume cairan di dalam tubuh kita akan bertambah.Hal demikian akan mengakibatkan pembuluh-pembuluh darah arteri dan pembuluh yang ada disekitarnya ( yang berfungsi untuk mensuplai udara dan nutrisi bagi jaringan sel tubuh) akan menciut dan menyempit sehingga akan mempengaruhi kerja alat pompa natrium.Keadaan demikian akan menyebabkan terjadinya tekanan darah tinggi pada tubuh kita .Seseorang yang menderita penyakit darah tinggi biasanya akan mudah terserang penyakit stroke, serangan jantung, pembengkakan hati dan kelainan fungsi alat ginjal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s