Ogoh-ogoh Menarik Perhatian Turis

Ogoh-ogoh Menarik Perhatian Turis

Liputan 6

Liputan 6 – 1 jam 58 menit lalu

http://id.news.yahoo.com/lptn/20110304/tpl-ogoh-ogoh-menarik-perhatian-turis-9c562ac.html DICOPI TGL 5-3-2011 JAM 06.00 WIB

Liputan6.com, Jakarta: Menjelang Hari Raya Nyepi, umat Hindu di berbagai daerah menyelenggarakan upacara pembersihan hati dan pengusiran roh jahat, baru-baru ini. Setiap upacara melibatkan ogoh-ogoh yang biasanya melambangkan kekuatan jahat.

Salah satu lokasi membersihkan diri dan mengusir roh jahat adalah di Lapangan Monas, Jakarta Pusat. Di sana, ribuan umat Hindu mengikuti ritual tersebut.

Menurut Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik, upacara diselenggarakan di Monas agar masyarakat luas bisa ikut dalam kemeriahannya. Tentu saja termasuk turis yang tengah berwisata di Monas.

Ribuan umat Hindu di Bekasi juga mengarak ogoh-ogoh. Mereka menyusuri sejumlah jalan, yang dimulai dari pura di Kali Malang. Dalam ritual tersebut, umat Hindu juga menggelar upacara Tawur Kesangur atau memberi sedekah ke bumi.

Sementara itu, ogoh-ogoh menjadi bagian upacara Tawur Agung Kasanga yang digelar di pelataran Candi Prambanan Yogyakarta. Dalam kesempatan itu dipertunjukkan sebuah tarian yang menyimbolkan pertarungan antara kebaikan dan keburukan.

Sebelumnya, para pemuka umat Hindu mengelilingi tiga candi utama di Kompleks Candi Prambanan, yakni Candi Brahma, Wisnu, dan Siwa. Gubernur Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X hadir dalam acara tersebut. Pesan perayaan Nyepi tahun ini adalah perbedaan haruslah dihormati.

Di Pasuruan, Jawa Timur, perayaan buta Nyadnya diawali doa bersama ratusan warga yang dipimpin seorang pandita. Warga membawa sesaji makanan dan hasil kebun. Ritual itu digelar untuk mengusir roh-roh dan niat jahat. Kemudian dilanjutkan dengan menabur air suci ke sejumlah ogoh-ogoh yang melambangkan kekuatan alam semesta.(ULF)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s