Terowongan Clapar ditemukan

TEROWONGAN CLAPAR II DITEMUKAN

Sebuah terowongan baru ditemukan di dusun Clapar II desa Hargowilis, Terowongan tersebut ditemukan oleh Pak Selam penggarap tanah kas desa Hargowilis, berlokasi di belakang SDN Clapar , pada hari kamis 31 maret 2011, berukuran  panjang mencapai 50 meter berdiameter 2 meter

Menurut cerita-cerita para tetua disitu,dahulu  Lokasi tersebut, Konon pada zaman belanda terowongan tersebut digunakan sebagai tempat mencari batu hitam (Mangaan),  dan setelah itu lokasi sekitar sering digunakan untuk menggembala ternak; seperti sapi, kambing.Dan  lubang yang ada disitu sering dicari warga untuk menangkap kelelawar , dan dilokasi tersebut selalu melimpah air baik pada musim penghujan maupun  musim kemarau , sehingga sering juga digunakan untuk berenang.

Beberapa  sumber yang tidak mau disebut namanya, menjelaskan lokasi itu diperkirakan merupakan tempat penambangan emas yang dilakukan kolonialis belanda saat itu, namun untuk mengelabui warga dikatakan sebagai tempat penambangan Mangaan.Ini bisa ditelusur dari wilayah sekitarnya yang punya potensi tambang emas.

Unit Karang taruna Pandu dukuh Clapar II Hargowilis Kokap pada hari  selasa (05/4-2011) mengawali membuat pagar pengaman agar pengunjung tidak melewati lokasi terowongan, yang bisa membahayakan jika tidak hati-hati, karena lapisan tanah diatas terowongan menipis, karena memang awalnya untuk lahan pertanian sehingga dicangkuli, dan ditemukannya terowongan juga unsur ketidaksengajaan.Mengingat sejak ditemukannya terowongan tersebut kamis (31/3-2011) pengunjung berdatangan tiada henti, dari berbagai tempat seperti warga sekitar, maupun dari luar daerah seperti Yogyakarta, Jakarta, bahkan Papua,yang merupakan  para pengunjung wisata di sekitar lokasi terowongan seperti wisata Kalibiru, dan Waduk sermo.

Kerjabakti berikutnya dilakukan oleh wargaRT 11 dan 12 dan seluruh anggota kelompok Karang taruna Pandu dusun Clapar pada hari minggu (10/04-2011)melakukan upaya pembenahan lokasi membuat jalan yang awalnya melewati atas terowongan dibikin jalan baru melewati arah bawah pintu terowongan, termasuk menguras air terowongan .

Warga berangan-angan , temuan baru tersebut menjadi wisata terowongan sebagaimana wisata Kalibiru dan waduk sermo, dan menjadi asset wisata Kulon progo.

(sumber : ari wandaya)

Iklan

12 Comments

  1. wisss….mantep, dikampungku ditemukan trowongan/goa moga bisa menjadi daya tarik wisatawan luar desa…luar kampung…atau….asing mungkin…..

    1. mantap lah,,,nek akeh banyune paling g nek aku bali ra adoh2 lehku adoss….renang neng kno wae,,,pas banget lokasine ngisor sermo munggah tekan wisata alam kalibiru,trus munggah neh tkan clapar ndelokke trowongan ,karo mbededean nek wes dadi..trus ke mneh le mlaku munggah tkan seplawan karo kiskendo,,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s