KETERTARIKAN ANTAR PRIBADI

KETERTARIKAN ANTAR PRIBADI

Proses apakah sebenarnya yang terlihat didalam situasi dimana suatu ketika kita menjadi menarik atau mencintai orang lain, dan sebaliknya proses apakah yang terlibat bila kita merasa ditolak atau dibenci.

  • Ketertarikan melalui hal-hal yang namapak (Appearance)

Pendapat umum mengatakan bahwa dasar utama yang menjadikan seseorang untuk tertarik dengan orang lain yang belum saling mengenal adalah hal-hal yang Nampak.

  • Ketertarikan melalui Perasaan

Hasil penelitian tentang ketertarikan melalui hal-hal yang Nampak kurang menyakinkan dalam menjelaskan ketertarikan social .Kiranya dapat dikatakan bahwa kelompok kebudayaan dimana seseorang menjadi anggotanya memiliki nilai normative yang jelas .Anggapan ini menggunakan norma sebagai dasar pendapat, sedangkan penampilan fisik merupakan satu dasar bagi ketertarikan social .Dalam penelitian menunjukkan bahwa ada saling persamaan merupakan factor yang penting.Dengan demikian keduanya (ketertarikan fisik dan saling persamaan )merupakan dua hal yang menentukan ketertarikan social.

  • Kesamaan Di dalam sikap sebagai dasar untuk saling tertarik

Dalam hal ini New comb mengadakan penelitian tentang proses pengenalan para pelajar pria yang berusia 17 TH yang tinggal bersama-sama didalam satu rumah selama satu periode (16 Minggu) .Para pelajar sebelumnya belum saling mengenal .Pola pengenalan diteliti dengan memberikan daftar pertanyaan untuk setipa minggunya, yang mengungkap pilihan persahabatan dan sikapnya .New Comb menemukan bahwa dua orang yang tinggal sekamar dari permulaan, cenderung menjadi tertarik satu sama lain tanpa mengindahkan persamaan dalkam sikap dan nilai, tetapi kemudian saling menyukai tumbuh lebih kuat diantara individu yang memiliki kesamaan sikap dan kepercayaan.

  • Teori tentang Ketertarikan

1.       Teori Cognitive

Menekankan proses berfikir sebagai dasar yang menentukan semua tingkah laku.Manusia dipandang sebagai suatu akal pikiran yang mencoba memecahkan masalah yang kompleks di sekitar kita dengan cara yang rasional.Tingkah laku social dipandang sebagai suatu hasil / akibat dari proses akal.

Pendekatan Cognitiv e oleh NEW COMB disebut sebagai “teori balanced” yaitu suatu kecenderungan untuk mengorganisasi konsepsi tentang orang lain, dirinya sendiri, dan barang-barang lain disekitarnya dengan cara yang harmonis, balanced atau sintetris.

Jika seseorang menyukai lainnya dan jika keduanya saling menyukai dapatlah dikatakan bahwa hubungan itu mencerminkan adanya hubungan yang balanced.

2.       Teori Reinforcement (Penguatan)

Ialah teori yang berakar pada teori belajar yang menginterpretasikan ketertarikan sebagai  suatu respon yang dipelajari.Teori ini berusaha menemukan bagaimana ketertarikan dating untuk pertama kalinya.Dasar pandangan teori ini adalah orang ditarik oleh hadiah dan ditolak oleh hukuman.

3.       Teori Interaction

Ide tentang teori ini bukan dikembangkan dari  penelitian ketertarikan laboratorium dimana subyek merespon orang yang belum mereka kenal , tetapi dalam situasi alamiah dimana suatu keputusan selalu dihubungkan kepada situasi social dimana seseorang menemukan dirinya.

Teori ini lebih menitikberatkan pada ketertarikan antar pribadi sebagai suatu konsep.

  • Persahabatan

Dua orang yang semula  berhubungan sebagai teman biasa berkembang menjadi persahabatan karena adanya persamaan diantara keduanya.

  • Persahabatan dan hubungan Ketemanan

Ahli Psikologi social SUZZANNE KURTH membedakannya sebagai berikut :

Persahabatan : Suatu hubungan antar pribadi yang akrab/ intim yang melibatkan setiap individu sebagai sutau kesatuan.

Hubungan ketemanan : Merupakan hasil dari suatu hubungan formal dan suatu tingkat permulaan didalam perkembangan suatu persahabatan.

Persahabatan dan hubungan ketemanan memiliki beberapa cirri umum , walaupun setiap cirri umum memperlihatkan perbedaan kualitatif yang penting, misalnya :

1.       Persahabatan dan hubungan keteman-an memerlukan beberapa ukuran dimana interaksi disini bersifat “Suka rela” tetapi hal ini lebih penting pada persahabatan daripada di dalam hubungan keteman-an.

2.       Hubungan ketemanan tidak memiliki cita rasa keunikan dan individualitas yang merupakan cirri persahabatannya.

3.       Persahatan dan hubungan ketemanan berbeda dalam hal keakraban / keintiman diantara anggotanya.

4.       Persahabatan harus dipelihara agar tetap baik.

  • Ciri-ciri Persahabatan

1.       Mereka menghargai satu sama lain lebih sebagai orang itu sendiri daripada keuntungan-keuntungan yang diperoleh dari persahatan itu.

2.       Persahabatan sebagai suatu hubungan antar pribadi lebih menekankan pada kualitas yang obyektif satu sama lain.

3.       Saling bertukar barang-barang diantara teman, tidak didasarkan pada nilai ekonomik tetapi pada kesukaan , harapan, keinginan diantara mereka.

4.       Mereka saling bersahabat karena keunikannya, dan ini sukar digantikan orang lain karena keunikannya.

  • Menyukai dan Mencintai

Seseorang yang berhubungan secara langsung satu sama lain merupakan kemudahan untuk saling tertarik.

Hubungan langsung dapat berupa :

1.       Berhadapan secara fisik, missal teman sekolah dll.

2.       Tidak berhadapan secara fisik, tetapi hubungan langsung itu tetap terjadi. Missal melalui telepon, surat dll.

  • Cinta

Pada dasarnya cinta terdiri atas 4 elemen utama :

1.       Pengertian

Orang dikatakan saling mencintai bila keduanya bersedia memberikan saling pengertian.

2.       Kepercayaan

Saling percaya merupakan salah satu elemen perwujudan cinta, kedua belah pihak haruslah selalu menjaga agar apa-apa yang dilakukan maupun dikatakan menimbulkan kepercayaan pada pasangannya.

3.       Kerjasama

Mengandung arti bahwa hasil kerja itu akan menjadi lebih baik jika keduanya saling kerjasama bila dibandingkan jika mereka kerja sendiri-sendiri.

Bentuk kerjasama yang ditunjukkan istri dapat berupa :

a.       Membantu secara langsung pekerjaan istri.

b.      Menyediakan kopi agar tidak ngantuk

c.       Menemani bekerja.

Iklan

Tentang Eyang Surur

Peduli semua
Pos ini dipublikasikan di TEORI. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s