Kirab 1 Suro, Keraton Solo Andalkan Sumbangan

TRIBUNJOGJA.COM, SOLO –  Besok  malam Rabu (14/11/2012), , Keraton Kasunanan Surakarta kembali menggelar upacara adat menyambut datangnya Malam 1 Suro. Namun pihak keraton mengeluhkan tak adanya dana dari Pemkot Solo untuk mendukung upacara adat tahunan tersebut.

Padahal dana yang dibutuhkan untuk sekali penyelanggaran upacara jumlahnya cukup banyak. Namun berapa jumlah angka pasti kebutuhan dana, ia tak mau mengungkapkan. Keraton pun membiayai sendiri upacara adat tersebut melalui dana seadanya.

“Kita tak mau tergantung, semua dibiayai semampu keraton. Beruntung ada banyak sumbangan. Kemarin masuk sumbangan 4 ribu butir tekur, kelapa, dan beras dari masyarakat,” keluh KRMH Satrio Hadinagoro Koordinator Kirab Malam 1 Suro, Selasa (13/11).

Sumbangan-sumbag itu mulai masuk ke Keraton jelang hari H pelaksanaan Malam 1 Suro. Meski minim dana, ia menjamin upacara adat Malam 1 Suro akan tetap meriah. Upacara dimulai sekitar pukul 20.30 dan tepat pukul 00.00, pusaka dikirab.

Kepala Bidang (Kabid) Sarana Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Pemkot Solo Ipung Saryoko, mengatakan sebenarnya ada dana stimulan untuk event Festival 1 Suro. Besarnya dana adalah Rp 120 juta yang diambilkan dari APBD Pemkot.

Namun dana itu diperuntukan bagi sejumlah kelurahan untuk perayaan 1 Suro. “Termasuk untuk Festival 1 Suro yang juga digelar di Keraton,” katanya. (*)

SUMBER :

http://id.berita.yahoo.com/kirab-1-suro-keraton-solo-andalkan-sumbangan-033612661.html Diakses tgl 15-11-2012 jam 7.47

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s