Transparansi Anggaran Ahok Patut Dicontoh Negara

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Sekretaris Jenderal FITRA, Yuna Farhan mengatakan, transparansi anggaran yang dilakukan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) patut dicontoh oleh Pemerintah, baik Eksekutif maupun Legislatif.

“Itu jadi pretensi yang baik untuk role model di daerah lain, termasuk di pemerintahan,” ujar Yuna usai dialog Polemik yang digelar di Warung Daun Cikini, Jakarta, Sabtu (17/11/2012).

Menurut Yuna, dengan diterapkannya transparansi anggaran yang dilakukan Ahok, maka pembahasan anggaran itu tidak hanya Eksekutif dan Legislatif saja yang mengetahui.

Dengan keterbukaan itu, Yuna mengatakan bahwa rakyat bisa mengetahui apakah pengubahan anggaran itu demi kepentingan rakyat atau tidak.

“Kalau dewan mau usulkan ada perubahan dan naikan anggaran, itu terekam, ada historinya apa sih alasan mau naikin atau turunin atau mengubah anggaran dan rakyat bisa menilai karena politik anggarannya terbuka,” kata Yuna.

Menurut Yuna, selama ini publik tidak mengetahui pembahasan anggaran karena tertutup, meskipun dilakukan secara formal dan terbuka, tetapi deal-deal itu bukan pada saat pembahasan anggaran di ruang formal itu.

“Justru kongkalikong itu dilakukan dibalik itu (pembahasan anggaran),” tutur Yuna.

Dengan keterbukaan tersebut, Yuna menilai hal ini bisa mengurangi praktik kongkalikong antara DPR, Pemerintah dan pihak ketiga yang selama ini terjadi.

http://id.berita.yahoo.com/transparansi-anggaran-ahok-patut-dicontoh-negara-diakses tgl 17-11-2012 jam 16.39

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s