PANTAI CONGOT JANGKARAN TEMON KULON PROGO

Tuesday, July 24th 2012. Posted in Jawa by pantai

Congot? apakah nama ini terlalu asing untuk telinga anda? Pantai congot terletak di Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo,  jika anda berkunjung ke pantai ini, jangan lupa untuk bertandang juga ke pantai glagah karena sama-sama terletak di kulon progro. Pantai Congot menjadi pusat kegiatan warga sekitar yang menggantungkan hidup dengan mencari ikan.  Sepanjang perjalanan menuju pantai ini pengunjung bisa melihat sawah hijau dan deretan pohon kelapa seolah-olah menyambut kedatangan wisatawan dari luar kota.

Pantai congot memiliki pemandangan yang tidak kalah menariknya dengan pantai lain di kulon progo. Anda bisa menemukan wisatawan lokal yang menyalurkan hobi memancingnya di pantai ini, ada juga para nelayan yang sedang menjaring ikan di tepi pantai, membersihkan perahu seusai melaut dan menghancurkan cangkang rajungan yang melekat di jala.Pantai ini memiliki kontur yang landai, pantai ini memiliki pasir lemburt berwarna hitam. Banyak aktifitas yang bisa anda lakukan di pantai ini, seperti :

Memancing, bagi anda yang hobi memancing, pantai congot adalah salah satu tujuan para pemancing karena merupakan spot pemancingan laut. Ikan yang bisa di pancing adalah lele laut, kembung, ikan bawal putih, jambang roti dan jenis ikan lainnya.

Berkemah, anda ingin pengalaman yang mengasyikan di pantai ini? cobalah untuk camping di pantai congot. Anda bisa menimati suasana malam yang indah di pantai sembari menikmati ikan bakar. Carilah waktu yang tepat ketika anda merencanakan untuk camping di pantai ini, biasanya ketika musim panas dan bulan purnama.

Berlayar, terdapat perahu nelayan yang disewakan, siap mengantarkan pengunjung untuk berkeliling, menikmati pemandangan laut samudra hindia. Tips agar anda mendapatkan harga murah, sewalah perahu secara berombongan.

Jalan-jalan,berjalan ke barat untuk menikmati pemandangan muara Sungai Bogowonto. Anda bisa berdiri di bangunan jetty (semacam tanggul) yang berada di tepian hilir sungai atau batu-batuan di tepian muaranya. Pertemuan air tawar sungai dan air asin laut inilah yang membuat wilayah tepi Pantai Congot kaya beragam jenis ikan. Di muara sungai itulah, beragam jenis ikan terdapat dalam jumlah yang cukup banyak.

Pantai Congot Kulon progo yogyakarta-311

Pantai Congot Kulon progo yogyakarta-311

Congot Beach-202

Congot Beach-202

peta pantai congot-992

peta pantai congot-992

Pantai Congot - Kulon Progo, DI Yogyakarta-309

Pantai Congot – Kulon Progo, DI Yogyakarta-309

http://www.pantai.org/jawa/pesona-ritual-labuhan-di-pantai-congot-yogyakarta Diakses tgl 20/02/2013 jam 16.41

Pantai Congot: Surga Nelayan di Sisi Barat Yogyakarta

Desa Jangkaran, kecamatan Temon, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, INDONESIA

 

Congot, beberapa pelancong mungkin mengernyitkan dahi saat mendengar nama pantai yang terletak disisi paling barat Kabupaten Kulon Progo ini. Pantai ini berada di kawasan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Purworejo. Selain memiliki hamparan padang pasir, pantai ini dikenal juga sebagai pantai nelayan.

Secara geografis, Pantai Congot berada di Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo. Pantai ini menawarkan keindahan alam desa yang mampu membuat pengunjung seperti disegarkan kembali. Buktikan sendiri! Hamparan pemandangan sawah yang hijau dan masyarakat yang sedang bercocok tanam menjadi “pelarian” sesaat dari himpitan pekerjaan.

Sesampainya disana, Anda bisa menyaksikan deburan ombak keras yang menjadi ciri khas pantai-pantai di Laut Selatan. Perahu yang bersandar di bibir pantai bisa juga Anda gunakan sebagai latar belakang saat berfoto bersama teman atau keluarga. Atau Anda ingin jalan kaki ke kota Purworejo? Mudah saja. Pada bagian barat pantai ini terdapat sebuah sungai yang dinamakan Bogowonto. Sungai itu merupakan perbatasan antara Kabupaten Kulon Progo dan daerah Bagelen, Purworejo. Anda juga bisa menyaksikan nelayan yang masih menggunakan kail sederhana untuk mendapatkan ikan diluasnya Samudra Hindia.

Selesai menikmati alam dan Pantai Congot, berkunjunglah sejenak di beberapa warung yang menawarkan aneka masakan laut dan es kelapa muda. Selain itu, Anda bisa menikmati melon, semangka dan buah naga yang ditanam di atas lahan berpasir.

 

GALERI FOTO
  • Kesegaran es kelapa muda di Pantai Congot, Yogyakarta
  • Jalan menuju Pantai Congot, Yogyakarta
  • Warung makan di Pantai Congot Yogyakarta
  • Kapal nelayan di Pantai Congot, Yogyakarta
  • Pantai Congot yang teduh
  • Kapal yang menepi di Pantai Congot, Yogyakarta
  • Kapal nelayan di Pantai Congot, Yogyakarta
  • Sampah biota laut di Pantai Congot
  • Kapal nelayan di Pantai Congot, Yogyakarta

http://gudeg.net/id/directory/11/1239/Pantai-Congot-Surga-Nelayan-di-Sisi-Barat-Yogya.html#.USSwyzdBmZQ Diakses tgl 20/02/2013 jam 18: 26

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s