SHERATON MUSTIKA DAN EARTH HOUR JOGJA DI JANGKARAN

Sheraton Mustika Yogyakarta & Earth Hour Jogja Tanam 1000 Bibit Bakau Di Pasir Mendit Kulonprogo

Sheraton Mustika Yogyakarta & Earth Hour Jogja Tanam 1000 Bibit Bakau Di Pasir Mendit Kulonprogo
Sheraton Mustika Yogyakarta & Earth Hour Jogja Tanam 1000 Bibit Bakau Di Pasir Mendit Kulonprogo
Sheraton Mustika Yogyakarta & Earth Hour Jogja Tanam 1000 Bibit Bakau Di Pasir Mendit Kulonprogo
Sheraton Mustika Yogyakarta & Earth Hour Jogja Tanam 1000 Bibit Bakau Di Pasir Mendit Kulonprogo
Penulis : Khairul Anwar Public Relations Coordinator Sheraton Mustika YogyakartaJogjanews.com – Kegiatan penanaman mangrove dalam rangka Hari Bumi yang diprakarsai oleh Sheraton Mustika Yogyakarta dan didukung oleh @EHJogja (Earth Hour Yogyakarta), merupakan salah satu tindakan nyata dalam rangka penyelamatan bumi pesisir selatan dari ancaman degradasi fisik dan perubahan iklim.Kegiatan ini telah dilaksanakan pada Kamis, 21 Maret 2013 di kawasan mangrove Pasir Mendit Desa Jangkaran Kecamatan Temon Kabupaten Kulonprogo. Sebanyak 1000 bibit Mangrove yang terdiri dari Rhizophora sp, Avicennia sp dan Bruguiera gymnorrhiza ditanam di sepanjang kali Pasir di sekitar muara Sungai Bogowonto.Untuk menyukseskan kegiatan ini, Sheraton Mustika Yogyakarta dan Earth Hour Yogyakarta menggandeng Yayasan Kanopi Indonesia dan Kelompok Pelestari Mangrove “Wanatirta”.

Pantai Selatan Yogyakarta dikenal memiliki ombak dan gelombang laut yang besar ditambah dengan arus yang kuat. Anggapan tesebut tidak serta merta menghalangi mangrove untuk dapat hidup dan berkembang.

Mangrove di sekitar muara Sungai Bogowonto memiliki karakteristik yang menarik. Selain dapat tumbuh di areal yang berpasir dengan arus ombak dan angin yang besar. Setiap individu yang tumbuh telah teradaptasi baik oleh kondisi salinitas yang rendah (4-5 ppm) dan dapat tergenang cukup lama saat mulut muara Sungai Bogowonto tertutup pada musim kemarau.

Bogem (Sonneratia sp) dan Nipah (Nypa fruticans) merupakan jenis mangrove asli yang ditemukan di sekitar muara Sungai Bogowonto. Pada era tahun 90-an beberapa jenis mangrove hasil introduksi (Rhizophora mucronata, Avicennia marina dan Bruguiera gymnorrhiza) dapat tumbuh baik di sekitar muara Sungai Bogowonto, tepatnya di Dusun Pasir Mendit dan Pasir Kadilangu.

Sejak ditetapkan oleh pemerintah daerah Kab. Kulonprogo sebagai Daerah Perlindungan Mangrove, kurang lebih 6 hektar sudah tertanami mangrove.

Pesisir selatan Kabupaten Kulonprogo memiliki cukup banyak muara sungai yang berpotensi menjadi habitat mangrove, salah satunya adalah muara Sungai Bogowonto. Muara Sungai Bogowonto terletak di Desa Jangkaran Temon Kulonprogo.

Secara geografis, Desa Jangkaran terletak diantara 7º 53,15’ – 7º 53,49’ Lintang Selatan dan 110º 00,24’ – 110,02,05’ Bujur Timur. Perpaduan antara tanah berlumpur dengan gosong (gumuk) pasir atau bura (spit) menutupi muara sungai dan membentuk laguna. Laguna ini merupakan kawasan potensial sebagai habitat mangrove.

Aksi nyata ini diikuti 130-an orang dari pihak Sheraton, EH Jogja, KKN UGM dan warga Desa Jangkaran yang bersama-sama menanam ke-1000 bibit tersebut mulai dari pukul 15.00 – 16.00 WIB.

Ramah tamah bersama warga juga dilakukan pihak Sheraton Mustika Yogyakarta dengan memberikan beberapa oleh-oleh khas Jogja yaitu Bakpia Djava dan beberapa paket susu cair siap minum dari Frisian Flag.

Menariknya, seluruh dana untuk menggapai 1000 bibit yang ditanam pada Kamis, 21 Maret 2013 lalu ini adalah hasil kesadaran dan sumbangsih dari seluruh karyawan Sheraton Mustika Yogyakarta yang berjumlah sekitar 250-an.

– See more at: http://jogjanews.com/sheraton-mustika-yogyakarta–earth-hour-jogja-tanam-1000-bibit-bakau-di-pasir-mendit-kulonprogo#sthash.9w7iVDhO.dpuf Diakses tgl 13.06.2013 jam 21.10

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s