SIKAP RIDLA DAPAT MENCEGAH STRES

Secara umum manusia akan menderita stres jika ditimpa kesulitan atau derita petaka.Al-Qur’an memberitahukan bahwa derita merupakan bagian dari hidup manusia (al-balad :5).Setiap kesulitan merupakan ketentuan dari Alloh SWT.Terhadap ketentuan ini, Alloh memerintahkan untuk sabar, ridla, dan tawakkal.Sabar terhadap musibah, ridla terhadap keadaan dan berserah diri hanya kepada Alloh.Secara empirik, ridla terhadap keadaan, dapat mencegah stres.

Dokter Amoroso katamsi, psikiater mengatakan, bahwa stres adalah keadaan yang menghambat, meniadakan atau mengancam terpenuhinya kebutuhan, sehingga melenyapkan keseimbangan jiwa.

Kebutuhan itu bertolak dari prinsip tercapainya rasa senang dan puas (pleasure).Pada garis besarnya ada dua macam kebutuhan:

1.Kebutuhan biologis/Primer, misalnya kebutuhan makan, air, udara, perlindungan dari panas dan dingin serta kebutuhan seks.

2.Kebutuhan psikis/skunder, misalnya kebutuhan akan rasa aman, harga diri dan sebagainya.

Terkadang s atu kebutuhan bisa beranjak dari kebutuhan biologis menjadi kebutuhan yang membaur antara biologis dan psikis, misalnya kebutuhan seks bagi manusia yang berbudaya dan saling mencintai.

Dari pengertian stress seperti itu, dapatlah diambil kesimpulan bahwa makin beragam dan banyak kebutuhan seseorang, makin besar kemungkinan timbulnya stress.Makin besar tantangan untuk memenuhi kebutuhannya, makin besar pula kemungkinan terkena stress.Seorang remaja akan lebih besar kemungkinan terkena stress dibanding anak kecil.

Pedoman agama

Tidak setiap keadaan  yang menghambat terpenuhinya kebutuhan, senantiasa menimbulkan goncangan jiwa.Penelitian tentang keadaan dan kebutuhan seseorang serta sikap dia menghadapinya, ikut berpengaruh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s